5 Perbedaan Sepatu Tenis dan Badminton, Jangan Disamakan

Gunakan sesuai fungsinya

Setiap olahraga luar ruangan biasanya membutuhkan sepatu khusus yang memang dirancang khusus untuk menunjang permainan para pemainnya. Sepatu badminton, running, tenis, hingga sepak bola pasti punya ciri-ciri dan spesifikasinya masing-masing.

Misalnya, sepatu badminton punya sol karet yang kuat, tidak mudah terkikis, dan tidak membekas di lapangan. Lalu, sepatu sepak bola punya stud di bawahnya untuk mencengkeram rumput dengan baik.

Namun, tak sedikit orang-orang yang masih bingung tentang perbedaan sepatu tenis dan badminton karena sekilas bentuknya mirip. Untuk itu, berikut perbedaan sepatu tenis dan badminton yang perlu diketahui agar tidak salah beli.

1. Desain sepatu

5 Perbedaan Sepatu Tenis dan Badminton, Jangan DisamakanPemain tenis lapangan (unsplash.com/Thisisengineering)

Perbedaan pertama terletak pada desain sepatu tenis dan badminton yang berbeda. Perbedaannya bisa memengaruhi kenyamanan saat bermain.

Sepatu badminton biasanya ringan dengan desain multifungsi untuk permukaan lapangan dalam ruangan. Sedangkan sepatu tenis lebih berat dan menonjolkan bagian tumit. Sepatu tenis juga memiliki banyak bantalan di area tumit.

Bantalan tumit di sepatu tenis berfungsi untuk menopang sendi kaki saat berlari di lapangan. Jika sepatu tenis digunakan untuk badminton, maka pemain akan kurang nyaman saat melakukan smash.

2. Berat sepatu

5 Perbedaan Sepatu Tenis dan Badminton, Jangan DisamakanPemain badminton (unsplash.com/Irish)

Sepatu badminton dan tenis juga berbeda dari segi bobot. Sepatu badminton biasanya lebih ringan karena olahraga ini lebih memerlukan gerakan lincah. Jika sepatu yang dipakai berat, maka bisa memengaruhi kelincahan pemain.

Sedangkan sepatu tenis lebih berat. Bobot yang lebih berat pada sepatu tenis karena memiliki bantalan yang lebih banyak di bagian tumit.

3. Jenis sol

5 Perbedaan Sepatu Tenis dan Badminton, Jangan DisamakanPemain tenis lapangan (unsplash.com/flou)

Perbedaan sepatu tenis dan badminton selanjutnya adalah jenis sol yang dipakai. Sebab setiap tipe sol bisa memengaruhi kenyamanan pemain di lapangan dengan permukaan yang berbeda-beda.

Sepatu badminton memiliki sol yang lebih tipis untuk membantu pemain bergerak lebih cepat. Sol sepatu badminton juga termasuk tipe sol non-marking yang tidak membekas di lapangan.

Sedangkan sepatu tenis memiliki jenis sol yang lebih variatif. Ada yang lebih keras dan lembut tergantung lapangan yang dipakai, seperti tanah liat, rumput, dan acrylic.

Baca Juga: Jenis-Jenis Raket Badminton dan Spesifikasinya, Wajib Tahu!

4. Cengkeraman sol

5 Perbedaan Sepatu Tenis dan Badminton, Jangan DisamakanPemain badminton (pexels.com/SHVETS)

Perbedaan sepatu tenis dan badminton berikutnya terletak pada kemampuan cengkeraman pada sol. Pola cengkeraman sepatu tenis dan badminton memang dirancang berbeda karena jenis lapangannya berbeda.

Sepatu badminton memiliki pola cengkeraman radial yang kuat di seluruh permukaan sol. Sedangkan sepatu tenis memiliki pola cengkeraman herringbone yang dapat mencegah tanah liat menempel di sepatu.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Sepatu Lari di Bawah Rp1 Juta, Lokal dan Luar

5. Fleksibilitas sepatu

5 Perbedaan Sepatu Tenis dan Badminton, Jangan DisamakanPemain badminton melakukan pukulan smash (unsplash.com/Muktasim)

Terakhir, sepatu tenis dan badminton berbeda dari segi fleksibilitasnya. Sepatu badminton biasanya lebih memungkinkan pemain untuk menggerakkan pergelangan kaki dengan bebas.

Sedangkan sepatu tenis lebih bertujuan meminimalisasi gerakan pergelangan kaki pemain. Hal ini penting untuk mencegah cedera pada kaki pemain.

Nah, itulah beberapa perbedaan sepatu tenis dan badminton yang perlu diketahui sebelum membeli. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Sepatu Running Adidas Terbaik dan Terlaris

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya