15 Nama Alat Gym serta Gambar, Fungsi, dan Cara Pakainya

Pemula wajib tahu!

Saat ini, angkat beban menjadi salah satu olahraga yang banyak dilakukan orang-orang agar memiliki bobot dan massa tubuh yang ideal atau tujuan tertentu lainnya. Biasanya, orang-orang mendaftar gym untuk mulai rutin berolahraga.

Bagi pemula, mungkin akan sedikit bingung saat pertama kali masuk ke gym karena ada banyak alat yang memiliki fungsinya masing-masing. Setiap alat gym juga harus digunakan sesuai cara pakai yang benar agar aktivitas workout bisa maksimal.

Berikut daftar nama alat gym serta contoh gambar, fungsi, dan cara pakainya yang wajib diketahui pemula. Simak di bawah ini, ya!

1. Treadmill

15 Nama Alat Gym serta Gambar, Fungsi, dan Cara Pakainyailustrasi seseorang sedang berjalan kaki di atas treadmill (freepik.com/pressahotkey)

Treadmill adalah alat olahraga yang memungkinkan seseorang berjalan atau lari di tempat. Treadmill memiliki lintasan berjalan yang bergerak di bawah. Biasanya, treadmill bisa diatur kecepatan dan kemiringannya sesuai tujuan latihan.

Treadmill digunakan untuk membakar kalori, melatih kardiovaskular, dan meningkatkan otot kaki. Cara pakai alat ini cukup berdiri di atas lintasan dan mengeklik tombol mulai atau start pada bagian atasnya.

2. Cross trainer

15 Nama Alat Gym serta Gambar, Fungsi, dan Cara PakainyaCross trainer, salah satu nama alat gym (pexels.com/Tima)

Cross trainer atau mesin eliptis adalah olahraga stasioner yang memungkinkan seseorang melakukan gerakan naik tangga, berjalan, dan berlari. Sekilas alat gym ini berbentuk seperti sepeda statis, tapi dengan gagang yang bisa bergerak sesuai gerakan kaki.

Cara menggunakan cross trainer adalah dengan menginjakkan kedua kaki di area bawah dan kedua tangan memegang gagang sambil menghadap monitor. Lalu, kedua kaki bergerak memutar pedal seperti mengengkol sepeda.

3. Smith machine

15 Nama Alat Gym serta Gambar, Fungsi, dan Cara PakainyaSmith machine, salah satu nama alat gym (freepik.com)

Smith machine atau mesin smith adalah alat gym berupa rak rangka baja dengan barbel yang terpasang dan menggunakan sistem kabel atau roda rantai. Barbel pada alat ini biasanya sudah dalam posisi terkunci secara horizontal, sehingga hanya bisa digerakkan secara vertikal.

Smith machine berfungsi untuk melatih otot dada, otot bahu, dan kekuatan tubuh secara umum. Alat ini lebih ramah bagi pemula karena hanya bisa bergerak secara stabil saat barbel diangkat.

Cara menggunakan smith machine bisa dengan berdiri memunggungi alat ini dan menempatkan kedua tangan di tongkat barbel dari sisi belakang, lalu mengangkatnya secara bertahap.

Baca Juga: Cara Melakukan Back Up dengan Mudah, Latih Otot Punggung!

4. Leg press machine

15 Nama Alat Gym serta Gambar, Fungsi, dan Cara PakainyaLeg press machine, salah satu nama alat gym (pexels.com/RDNE)

Leg press machine adalah alat gym berupa bangku beban dan barbel yang dipasang pada rel miring. Alat ini berfungsi untuk melatih kekuatan otot paha dan betis.

Cara menggunakan leg press machine adalah dengan memosisikan diri setengah berbaring dan kedua kaki di bawah beban. Lalu, buka tuas di bagian bawah mesin secara perlahan. Kemudian mulai dorong beban menggunakan kaki secara bertahap.

5. Bench press

15 Nama Alat Gym serta Gambar, Fungsi, dan Cara PakainyaBench press, salah satu nama alat gym (pexels.com/Bruno)

Bench press adalah alat gym yang terdiri dari barbel, tiang, dan bangku untuk tempat berbaring. Alat ini memungkinkan seseorang mengangkat barbel ke atas dalam keadaan berbaring di atas dada. Idealnya, beban harus diangkat sampai kedua tangan tegak vertikal dan diturunkan lagi sampai siku ditekuk.

Latihan angkat beban ini berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otot lengan dan pundak. Cocok bagi kamu yang ingin memiliki bagian lengan yang ideal.

Baca Juga: 12 Contoh Gerakan Kelenturan Tubuh dan Cara Melakukannya

6. Incline bench press

15 Nama Alat Gym serta Gambar, Fungsi, dan Cara PakainyaIncline bench press, nama alat gym (freepik.com/javy indy)

Inclince bench press adalah alat gym yang mirip bench press, tapi posisinya bisa miring antara 45 sampai 60 derajat. Secara fungsi, incline bench press juga dapat meningkatkan dan membentuk kekuatan otot lengan dengan baik.

Secara umum, cara menggunakan alat gym ini juga sama dengan bench press. Seseorang harus berbaring dengan posisi miring dan mulai mengangkat beban secara vertikal ke atas.

7. Sepeda statis

15 Nama Alat Gym serta Gambar, Fungsi, dan Cara Pakainyailustrasi sepeda statis (pexels.com/Cottonbro Studio)

Sesuai namanya, sepeda statis adalah alat gym berbentuk sepeda dengan stang dan pedal yang diam di tempat. Alat ini berfungsi untuk memberikan manfaat bersepeda, tapi di dalam ruangan.

Biasanya sepeda statis digunakan untuk mengontrol dan mengurangi berat badan. Alat ini juga bermanfaat untuk menguatkan sendi-sendi pada kaki, sehingga cocok untuk sesi pemanasan atau dalam rangka pemulihan cedera kaki.

Baca Juga: Interval Training: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Tipsnya

8. Seated row

15 Nama Alat Gym serta Gambar, Fungsi, dan Cara PakainyaSeated row, nama alat gym (commons.wikimedia.org)

Seated row merupakan alat gym berbentuk bangku dan pegas yang bisa ditarik untuk melatih otot punggung dan bahu. Cara menggunakan seated row adalah duduk di bangku dengan kaki tegak dan menarik pegangan ke arah tubuh.

Alat ini juga berfungsi untuk melatih otot tangan, terutama bagian bicep dan tricep. Butuh kekuatan tertentu untuk menarik pegangan agar tetap stabil. Lakukan secara perlahan dan bertahap agar hasilnya maksimal.

9. Cable machine

15 Nama Alat Gym serta Gambar, Fungsi, dan Cara PakainyaCable machine, nama alat gym (pexels.com/Tima)

Cable machine sekilas mirip seated row, tapi lebih kompleks. Cable machine adalah alat gym yang bisa digunakan untuk berbagai macam latihan seperti pull down, cable curls, dan seated row.

Latihan di cable machine berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otot besar di dada, lengan, bahu, punggung, hingga kaki. Cara menggunakan cable machine adalah dengan duduk atau berdiri menghadap alat. Lalu, menarik tali atau kabel pegangan yang sudah dihubungkan dengan pemberat.

10. Lat pulldown machine

15 Nama Alat Gym serta Gambar, Fungsi, dan Cara PakainyaLat pulldown machine, nama alat gym (pexels.com/Marcus)

Lat pulldown machine juga mirip dengan cable machine, tapi gerakannya lebih terbatas. Lat pulldown machine adalah alat gym yang memiliki gagang menggantung yang terhubung pada pemberat dan bisa ditarik ke bawah.

Cara menggunakan lat pulldown machine adalah duduk di bangku menghadap ke alat. Lalu, tarik pegangan ke bawah menggunakan otot punggung bagian atas. Jika sudah sampai dekat dada, tahan beberapa saat untuk merasakan kontraksi otot. Lalu, lepaskan secara perlahan.

Lat pulldown machine berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otot punggung, terutama otot latissimus dorsi. Alat ini juga bisa memperbaiki postur tubuh dan kestabilan bahu.

11. Hanging leg raise

15 Nama Alat Gym serta Gambar, Fungsi, dan Cara PakainyaPull up dalam tes kebugaran (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Tidak asing dengan gerakan pull up? Hanging leg raise adalah alat gym berupa tiang horizontal dengan ketinggian tertentu yang digunakan untuk bergelantungan sambil melatih otot tangan dan kaki.

Cara memakai hanging leg raise adalah dengan memegang palang menggunakan kedua tangan. Lalu, bergelantungan dengan tubuh terentang. Tahan posisi tersebut dan gerakkan kaki ke arah depan atau angkat ke atas untuk melatihnya.

12. Dip bar

15 Nama Alat Gym serta Gambar, Fungsi, dan Cara PakainyaDip bar, nama alat gym (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Dip bar adalah alat gym berbentuk dua batang tegak lurus dan terpisah yang terbuat dari logam dengan pegangan tangan yang nyaman. Lalu, bagian bawahnya biasanya terdapat penyangga kaki agar alat ini tetap stabil saat digunakan.

Cara menggunakan dip bar cukup sederhana, yaitu dengan bergelantungan menggunakan kedua tangan yang memegang kedua batang secara tegak. Tahan posisi tersebut dan angkat kaki agar tidak menyentuh tanah.

Namun, dip bar juga bisa digunakan sebagai tumpuan saat melakukan push up. Jadi, kedua tangan berpegang pada kedua batang, sedangkan kaki rapat di belakang.

Latihan menggunakan dip bar berfungsi untuk melatih kekuatan otot lengan serta meningkatkan keseimbangan tubuh.

13. Rowing machine

15 Nama Alat Gym serta Gambar, Fungsi, dan Cara PakainyaRowing machine, nama alat gym (pexels.com/Cottonbro)

Rowing machine adalah alat gym berupa bangku dan tali pegangan yang bisa ditarik untuk membuat gerakan seperti mendayung perahu. Alat ini berfungsi untuk melatih beberapa otot seperti bahu, lengan, punggung, dan kaki.

Cara menggunakan rowing machine adalah dengan duduk di bangku dengan posisi kaki menapak pada beban di depan. Lalu, kedua tangan menarik gagang sambil kaki akan berubah dari menekuk menjadi lurus.

14. Dumbbell

15 Nama Alat Gym serta Gambar, Fungsi, dan Cara Pakainyailustrasi Dumbbell (Pixabay.com)

Dumbbell menjadi alat gym yang paling populer dan serbaguna untuk berbagai kebutuhan latihan otot. Dumbbell adalah alat angkat beban berbentuk barbel, tapi dengan ukuran lebih pendek dan bisa digenggam menggunakan satu tangan.

Umumnya, dumbbell digunakan untuk melatih otot lengan, bahu, dada, dan punggung. Penggunaan dumbbell juga bebas, sehingga seseorang bisa melakukan berbagai variasi gerakan dan berat yang bisa disesuaikan.

15. Pec deck machine

15 Nama Alat Gym serta Gambar, Fungsi, dan Cara PakainyaPec deck machine, nama alat gym (pexels.com/Andrea)

Pec deck machine adalah alat gym yang memiliki dua pegangan tangan di sebelah kanan dan kiri serta bangku untuk duduk. Alat ini berfungsi untuk membentuk otot dada dan bahu agar ideal.

Cara menggunakan pec deck machine adalah dengan duduk di bangku memunggungi alat, lalu kedua tangan memegang kedua pegangan kanan dan kiri. Lalu, kedua tangan melakukan gerakan terbuka dan tertutup.

Demikianlah daftar nama alat gym serta gambar, fungsi, dan cara menggunakannya yang wajib diketahui pemula. Selamat berlatih!

Baca Juga: 12 Peraturan Permainan Bola Basket yang Wajib Diketahui Pemula!

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya