7 Fakta Lianne Tan, Atlet Belgia Keturunan Indonesia yang Viral

Dapat arahan dalam bahasa Indonesia dari pelatihnya

Lianne Tan, atlet bulu tangkis tunggal putri Belgia di Olimpiade Paris 2024 viral di media sosial. Saat jeda set pertama melawan tunggal putri Thailand, Ratchanok Intanon, Tan terlihat mendapatkan arahan dari pelatihnya, Indra Bagus Ade Chandra dalam bahasa Indonesia.

Meski akhirnya Tan kalah dari Intanon dalam dua set langsung, tapi namanya telanjur ramai dibahas di media sosial. Banyak warganet yang penasaran dengan profil Lianne Tan sebagai atlet Belgia yang berbahasa Indonesia. Berikut beberapa fakta tentang Lianne Tan yang menarik diketahui.

1. Lianne Tan lahir di Bilzen, Belgia pada 20 November 1990. Ayahnya orang Bandung, sedangkan ibunya dari Belgia. Tan punya kakak, Yuhan Tan yang juga atlet badminton, lho!

7 Fakta Lianne Tan, Atlet Belgia Keturunan Indonesia yang ViralYuhan Tan dan Lianne Tan, dua atlet bulu tangkis Belgia keturunan Indonesia (djarumbadminton.com)

2. Tan menekuni badminton sejak usia 8 tahun. Waktu kecil, dia sering ke Indonesia untuk mengunjungi keluarga dan berlatih badminton dengan kakaknya

7 Fakta Lianne Tan, Atlet Belgia Keturunan Indonesia yang ViralYuhan Tan dan Lianne Tan, dua atlet bulu tangkis Belgia keturunan Indonesia (olympics.com)

3. Lianne Tan mengidolai legenda tunggal putri Indonesia, Mia Audina. Dia tertarik dan terinspirasi dengan gaya permainannya di lapangan

7 Fakta Lianne Tan, Atlet Belgia Keturunan Indonesia yang ViralPotret Lianne Tan (instagram.com/liannetan20)

Baca Juga: Profil Ester Nurumi Tri Wardoyo, Atlet Badminton Indonesia

4. Tan mulai tampil profesional sejak 2008. Kariernya melejit pada 2010 ketika menjuarai BWF International Challenge di Eropa, Amerika, dan Afrika

7 Fakta Lianne Tan, Atlet Belgia Keturunan Indonesia yang ViralLianne Tan, atlet bulu tangkis Belgia keturunan Indonesia (bwfbadminton.com)

5. Tan sudah ikut empat edisi Olimpiade sejak 2012, 2016, 2020, dan 2024. Sayangnya, atlet peringkat ke-55 dunia ini selalu tersingkir di babak penyisihan grup

7 Fakta Lianne Tan, Atlet Belgia Keturunan Indonesia yang ViralLianne Tan, atlet bulu tangkis Belgia keturunan Indonesia (bwfworldchampionships.bwfbadminton.com/)

Baca Juga: 8 Fakta Park Hye Min, Pemain Red Sparks yang Curi Perhatian Fans

6. Selain menjadi atlet, Tan juga pernah mengambil pendidikan Kedokteran Gigi di Universitas Radboud, Belanda

7 Fakta Lianne Tan, Atlet Belgia Keturunan Indonesia yang ViralLianne Tan, atlet bulu tangkis Belgia keturunan Indonesia di Olimpiade Paris 2024 (twitter.com/bwfmedia)

7. Tan kabarnya memiliki hubungan dengan pelatihnya sendiri, Indra Bagus yang pernah jadi atlet Indonesia pada 2005-2009 sebelum menjadi warga negara Italia

7 Fakta Lianne Tan, Atlet Belgia Keturunan Indonesia yang ViralPebulu tangkis Belgia, Lianne Tan (kanan), dan pelatihnya asal Indonesia, Indra Ade Bagus Chandra / Instagram @liannetan20

Nah, itulah beberapa fakta tentang Lianne Tan, atlet bulu tangkis Belgia yang viral karena berkomunikasi dengan pelatihnya, Indra Bagus Ade Chandra menggunakan bahasa Indonesia pada Olimpiade Paris 2024.

Baca Juga: 10 Atlet Korea dengan Visual Bak Idol KPop, Siapa Saja?

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya