7 Cara Membedakan Raket Yonex Asli dan Palsu, Cek Sekarang

Periksa sebelum membeli

Yonex termasuk salah satu merek olahraga yang terkenal yang menyediakan peralatan badminton, seperti jersey, sepatu, tas, hingga raket. Banyak atlet dunia yang menggunakan raket Yonex saat bertanding seperti Viktor Axelsen, Kunlavut Vitidsarn, hingga Carolina Marin.

Raket Yonex juga memiliki banyak seri dengan spesifikasi, teknologi, dan harga yang berbeda-beda. Raket Yonex bisa dibeli di berbagai toko olahraga hingga marketplace.

Namun, kamu perlu berhati-hati karena banyak produk raket Yonex palsu yang dijual di pasaran. Ada beberapa cara membedakan raket Yonex asli dan palsu yang wajib diketahui. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Kode produksi

7 Cara Membedakan Raket Yonex Asli dan Palsu, Cek SekarangYonex Astrox 88S Play, raket badminton untuk pemula (Shopee Mall/Prochampion)

Cara pertama membedakan raket Yonex asli dan palsu adalah melihat kode produksi. Raket Yonex asli memiliki kode produksi unik dan berbeda-beda. Biasanya kode produksi ini bisa ditemukan di bagian stik atau handle.

Kode produksi ini bisa digunakan untuk mengecek keaslian raket Yonex. Caranya dengan membuka situs web Sunrise Track and Trace, yaitu distirbutor resmi Yonex di beberapa negara Asia.

Jika kamu memasukkan kode produksi, maka akan muncul informasi tentang produk tersebut seperti tanggal produksi, seri, model, dan warna.

Sedangkan raket Yonex palsu biasanya tidak memiliki kode produksi atau memiliki kode yang tidak sesuai dengan raket tersebut saat dicek di situs web.

2. Hologram

7 Cara Membedakan Raket Yonex Asli dan Palsu, Cek Sekarangilustrasi cara menegang backhand grip (unsplash.com/Siora Photography)

Cara membedakan raket Yonex asli dan palsu yang kedua adalah dengan melihat hologram dalam bentuk stiker yang ditempel di label produk. Hologram raket Yonex umumnya terbuat dari bahan premium dan susah dilepas.

Pada hologram tersebut, terdapat nomor seri yang berbeda-beda setiap produk. Jika kamu menggosok bagian "Scratch Here" pada hologram, maka akan terlihat kode sekali pakai yang bisa digunakan untuk mengecek keaslian raket di situs web Sunrise Track and Trace.

Sedangkan raket Yonex palsu biasanya hanya menempelkan hologram asal-asalan dengan bahan yang tidak berkualitas dan tidak rapi. Hologram raket Yonex palsu juga biasanya tidak memiliki kode rahasia sekali pakai.

3. Logo dan warna grip

7 Cara Membedakan Raket Yonex Asli dan Palsu, Cek SekarangYonex Astrox 99 Play, raket badminton untuk pemula (Shopee Mall/Yonex)

Raket Yonex asli juga bisa diketahui lewat logo dan warna grip-nya. Logo raket Yonex bisa dilihat di beberapa bagian seperti stik, pegangan, dan senar.

Logo Yonex biasanya berbentuk "YY" atau tulisan Yonex. Huruf "O" pada tulisan "Yonex" biasanya berbentuk oval dengan spasii yang kecil. Sedangkan logo raket Yonex palsu biasanya terlihat buram, tipis, dan tidak rapi.

Lalu, keaslian raket Yonex juga bisa dilihat dari warna pada grip. Bagian penutup grip raket Yonex asli biasanya berwarna hijau tua dengan logo Yonex yang tebal, rapi, dan agak timbul.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Grip Raket Badminton Terbaik, Microfiber hingga Karet

4. Harga raket

7 Cara Membedakan Raket Yonex Asli dan Palsu, Cek Sekarangilustrasi senar raket badminton (Unsplash.com/Cristina Anne Costello)

Cara membedakan raket Yonex asli dan palsu yang paling mudah adalah dari harganya. Raket Yonex asli biasanya dijual dengan harga sekitar Rp1 juta hingga Rp3 juta tergantung serinya.

Sedangkan raket Yonex palsu biasanya dijual dengan harga yang lebih murah. Ada yang mulai dari Rp100 ribu hingga Rp200 ribuan. Banyak penjual online yang menawarkan raket Yonex palsu dengan harga sangat terjangkau. Jadi, kamu perlu berhati-hati, ya!

5. Bobot raket

7 Cara Membedakan Raket Yonex Asli dan Palsu, Cek SekarangRaket Yonex (yonex.com)

Cara membedakan raket Yonex asli dan palsu berikutnya adalah dengan merasakan bobot atau berat raket. Bobot raket Yonex asli pasti sesuai dengan spesifikasi yang tertera pada label produk. Biasanya raket Yonex asli memiliki berat sekitar 80-90 gram tergantung serinya.

Sedangkan raket Yonex palsu tidak jarang memiliki bobot yang berbeda dengan label produk. Ada raket badminton palsu yang lebih ringan maupun lebih berat dari bobot normalnya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Raket Badminton untuk Pemula, Terbaik!

6. Poros raket

7 Cara Membedakan Raket Yonex Asli dan Palsu, Cek SekarangYonex Astrox Lite 27i, raket badminton untuk pemula (Shopee Mall/Yonex)

Poros raket adalah bagian yang menghubungkan kepala dan pegangan raket. Poros raket Yonex asli biasanya memiliki teknologi yang fleksibel, ringan, dan kuat. Desain dan model poros raket juga terlihat rapi dan simetris, sehingga tampak premium tanpa cacat.

Sedangkan poros raket Yonex palsu biasanya terbuat dari bahan yang kurang berkualitas. Alhasil, tak jarang raket Yonex palsu memiliki bagian poros yang tidak simetris dan ada bagian yang mudah penyok.

7. Kepala raket

7 Cara Membedakan Raket Yonex Asli dan Palsu, Cek SekarangYonex Nanoray 70 Light, raket badminton untuk pemula (Shopee Mall/Prochampion)

Cara yang terakhir adalah melihat bagian kepala raket. Kepala raket Yonex asli memiliki bahan berkualitas dan presisi dengan bentuk yang sempurna. Warna cat pada bagian kepala raket juga tampak cerah, tajam, dan mengilap.

Sementara kepala raket Yonex palsu biasanya terbuat dari material yang kurang berkualitas. Terkadang raket palsu ini juga memiliki material kepala yang kurang kokoh dan tidak presisi.

Demikianlah beberapa cara membedakan raket Yonex asli dan palsu yang penting diketahui sebelum membeli. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 10 Raket Yonex Terbaik 2024 yang Kuat dan Awet, Cek Harganya!

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya