7 Alat Gym untuk Mengecilkan Perut dan Cara Pakainya

Latihan dengan rutin, ya

Latihan fisik di gym kini menjadi pilihan banyak orang yang ingin memiliki tubuh sehat dan bugar. Salah satunya bagi orang-orang yang ingin mengecilkan perut supaya memiliki berat badan lebih ideal dan penampilan fisik yang lebih baik.

Ada beberapa cara mengecilkan perut yang efektif seperti mengatur pola makan, memperbaiki gaya hidup, hingga berlatih menggunakan alat-alat gym tertentu secara rutin. Alat gym yang digunakan biasanya memang dirancang untuk melatih beberapa otot tubuh, termasuk otot perut.

Berikut beberapa alat gym untuk mengecilkan perut yang paling efektif serta contoh gambar dan cara pakainya. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Treadmill

7 Alat Gym untuk Mengecilkan Perut dan Cara Pakainyailustrasi olahraga (freepik.com/ pressahotkey)

Treadmill merupakan alat olahraga untuk berjalan atau lari di tempat dengan lintasan berjalan yang bergerak di bawah. Umumnya, treadmill bisa diatur kecepatan dan kemiringannya sesuai kebutuhan atau keinginan.

Ada beberapa fungsi treadmill, antara lain melatih kardiovaskular, meningkatkan kekuatan otot kaki, dan membakar kalori pada bagian tertentu, termasuk perut. Cara pakai treadmill juga cukup mudah, yaitu berdiri di atas lintasan dan mengeklik tombol start. Penggunanya bisa menyesuaikan kecepatannya yang tersedia pada layar.

2. Cross trainer

7 Alat Gym untuk Mengecilkan Perut dan Cara PakainyaCross trainer atau elliptical, nama alat gym untuk mengecilkan perut (pexels.com/ShotPot)

Cross trainer atau elliptical adalah alat olahraga statis yang memungkinkan penggunanya melakukan gerakan berjalan dan menaiki tangga dengan menggerakkan kedua tangan dan kakinya secara beriringan. Alat ini mirip dengan sepeda statis, tapi bedanya memiliki gagang yang bisa bergerak sesuai gerakan kaki.

Cross trainer berfungsi untuk melatih otot-otot kaki dan tangan serta otot perut dengan baik. Cara menggunakan cross trainer juga mudah,  yaitu dengan menginjakkan kedua kaki di area bawah dan kedua tangan memegang gagang. Lalu, kedua kaki bergerak seperti mengayuh sepeda dan diikuti gerakan tangan.

Baca Juga: 12 Contoh Gerakan Kelenturan Tubuh dan Cara Melakukannya

3. Sepeda statis

7 Alat Gym untuk Mengecilkan Perut dan Cara Pakainyailustrasi perempuan berlatih dengan sepeda statis (pexels.com/Abdulrhman Alkady)

Sepeda statis juga menjadi salah satu alat gym untuk mengecilkan perut yang efektif. Sesuai namanya, sepeda statis merupakan alat gym berbentuk sepeda yang dilengkapi pedal dan stang, tapi tidak memiliki roda yang bisa bergerak.

Sepeda statis biasanya digunakan untuk mengontrol dan mengurangi berat badan. Gerakan mengayuh bisa melatih otot kaki hingga perut, sehingga sekaligus dapat membakar kalori pada bagian tersebut.

4. Ab roller machine

7 Alat Gym untuk Mengecilkan Perut dan Cara PakainyaAb roller machine, nama alat gym untuk mengecilkan perut (relifesports.com)

Ab roller machine adalah alat gym sederhana yang dirancang khusus untuk melatih otot perut hingga keseimbangan tubuh. Alat ini berbentuk rol dengan roda di bagian bawah serta tumpuan tangan di bagian atasnya.

Cara menggunakan ab roller machine adalah dengan memosisikan diri seperti hendak melakukan push up, tapi kedua tangan bertumpu pada alat ini. Lalu, mulai gerakkan tubuh untuk maju ke depan dan mundur ke belakang secara bergantian.

Baca Juga: 10 Cara Menurunkan Berat Badan 60 Kg Menjadi 50 Kg, Patut Dicoba!

5. Tummy trimmer

7 Alat Gym untuk Mengecilkan Perut dan Cara PakainyaTummy trimmer, nama alat gym untuk mengecilkan perut (speedsindo.com)

Tummy trimmer adalah alat gym simpel yang berbentuk dua pegangan yang terhubung oleh pegas atau kabel elastis. Fungsi utama tummy trimmer adalah meningkatkan kekuatan otot perut.

Cara pakai tummy trimmer adalah dengan meletakkan satu pegangan di tangan dan sisi satunya di kaki. Lalu, lakukan gerakan tarik dan lepas secara bergantian. Meski sederhana, tapi latihan ini bisa memberikan tekanan pada otot perut, sehingga bisa membantu mengecilkan area perut hingga meningkatkan postur tubuh.

6. Rowing machine

7 Alat Gym untuk Mengecilkan Perut dan Cara Pakainyailustrasi rowing machine (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Rowing machine merupakan alat gym berbentuk bangku dan tali pegangan yang bisa ditarik untuk menghasilkan gerakan seperti mendayung perahu. Fungsi alat rowing machine adalah untuk melatih beberapa otot tubuh seperti lengan, punggung, hingga perut.

Cara memakai rowing machine adalah duduk di bangku yang tersedia dengan posisi kaki menapak pada tumpuan di bagian depan. Lalu, kedua tangan menarik gagang sambil kedua kaki berubah posisi dari menekuk menjadi lurus.

7. Lat pulldown machine

7 Alat Gym untuk Mengecilkan Perut dan Cara PakainyaLat pulldown machine, nama alat gym (pexels.com/Marcus)

Lat pulldown machine adalah alat gym yang memungkinkan penggunanya melakukan gerakan pull down untuk melatih beberapa otot tubuh seperti tangan dan perut. Lat pulldown machine memiliki bagian gagang menggantung yang terhubung pada pemberat dan bisa ditarik ke bawah.

Cara pakai lat pulldown machine adalah dengan duduk di bangku yang menghadap ke alat ini. Lalu, tarik pegangan ke bawah menggunakan otot lengan dan punggung atas. Jika sudah ditarik sampai dada, tahan posisinya selama beberapa saat untuk merasakan tarikan ototnya. Lalu, lepaskan secara perlahan dan ulangi gerakannya.

Nah, itulah tadi beberapa alat gym untuk mengecilkan perut yang efektif bagi pemilik perut buncit. Selamat mencoba!

Baca Juga: 15 Nama Alat Gym serta Gambar, Fungsi, dan Cara Pakainya

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya