Harapan Besar Fernando Alonso untuk Adrian Newey

Salah satunya ingin raih juara dunia ketiga kalinya

Intinya Sih...

  • Aston Martin merekrut Adrian Newey, insinyur legendaris F1, untuk meningkatkan daya saing tim dan mendekatkan Alonso pada gelar juara dunia.
  • Newey memilih Aston Martin atas tawaran komitmen sumber daya dan finansial yang menggiurkan, dengan gaji hingga 30 juta pound sterling per tahun.
  • Alonso antusias dengan kedatangan Newey namun khawatir usianya tak lagi muda untuk menikmati hasil kerja keras bersama Newey dan Aston Martin.

Formula 1 2024 kembali menyajikan kejutan menarik pada paruh musim kedua. Aston Martin berhasil merekrut sosok insinyur legendaris F1, Adrian Newey. Setelah 18 tahun berkontribusi pada kesuksesan Red Bull, Adrian Newey memutuskan bergabung dengan tim yang diperkuat oleh Fernando Alonso

Keputusan ini tentu saja disambut antusias oleh pembalap asal Spanyol tersebut. Ia berharap kehadiran Newey akan membawa angin segar dan meningkatkan daya saing Aston Martin. Namun, di balik optimisme itu, muncul juga kekhawatiran akan masa depannya di F1 mengingat usia Alonso yang tak lagi muda.

1. Dukungan penuh dari tim menjadi alasan Adrian Newey merapat ke Aston Martin

Harapan Besar Fernando Alonso untuk Adrian NeweyAdrian Newey saat diperkenalkan sebagai Managing Technical Director Aston Martin pada Selasa (10/9/2024) waktu setempat. (astonmartinf1.com)

Desas-desus mengenai masa depan Adrian Newey telah menjadi perbincangan hangat sejak awal musim 2024. Setelah mengumumkan kepergiannya dari Red Bull pada Mei 2024 lalu, banyak spekulasi bermunculan mengenai langkah selanjutnya yang akan diambil oleh sang desainer jenius. Newey juga sempat dikaitkan dengan beberapa tim, seperti Ferrari, Mercedes, McLaren, Williams, dan Alpine.

Meski banyak tawaran menarik, Newey memutuskan untuk bergabung dengan Aston Martin dan akan mulai bekerja pada Maret 2025. Salah satu faktor utama yang memengaruhi keputusannya adalah komitmen tim untuk menyediakan sumber daya yang dibutuhkannya, termasuk fasilitas wind tunnel yang baru. Ketiadaan wind tunnel sendiri selama ini menjadi kendala bagi Aston Martin karena mereka masih harus berbagi fasilitas dengan Mercedes.

Selain itu, tawaran finansial Aston Martin tak kalah menggiurkan. Dilansir Crash, ia akan menerima gaji hingga 30 juta pound sterling atau setara Rp607 miliar per tahun. Nominal tersebut hanya kalah dari dua pembalap dengan bayaran tertinggi saat ini, Max Verstappen dan Lewis Hamilton. Di tim barunya, Newey juga menjadi salah satu pemegang saham.

Baca Juga: 6 Sirkuit yang Pernah Menggelar Formula 1 GP Eropa, Termasuk Baku

2. Fernando Alonso berambisi raih juara dunia untuk ketiga kalinya

Harapan Besar Fernando Alonso untuk Adrian NeweyAdrian Newey (kiri tengah) bersama Fernando Alonso (kiri), Lance Stroll (kanan), dan Lawrence Stroll (kanan tengah). (formula1.com)

Fernando Alonso menyambut antusias kedatangan Adrian Newey ke Aston Martin. Ia melihat potensi besar dalam kolaborasi ini untuk meningkatkan performa mobil dan mendekatkannya pada impiannya meraih gelar juara dunia Formula 1 untuk ketiga kalinya. Kehadiran sosok legendaris seperti Newey diharapkan dapat memberikan sentuhan magis pada mobil Aston Martin.

Alonso sendiri telah mencicipi manis pahitnya persaingan perebutan gelar juara dunia. Beberapa kali ia hampir meraih gelar juara, tetapi nasib tak berpihak kepadanya. Pada 2010 dan 2012 ketika membalap bersama Ferrari, mimpinya untuk meraih juara dunia kandas di tangan Sebastian Vettel.

Saat ditanya mengenai peluangnya untuk meraih kemenangan kembali, Alonso mengaku sulit memprediksinya. Fokusnya saat ini adalah bekerja sama dengan tim untuk terus meningkatkan performa mobil. Meski kontraknya baru habis pada 2026, Alonso tetap menyadari bahwa usia adalah faktor yang tidak bisa diabaikan untuk tetap kompetitif. Ia khawatir tidak memiliki banyak waktu lagi untuk menikmati hasil kerja keras bersama Newey dan Aston Martin.

3. Sosok Adrian Newey masih belum cukup untuk memperbaiki masalah Aston Martin

Harapan Besar Fernando Alonso untuk Adrian Neweypotret Fernando Alonso ((twitter.com/AstonMartinF1)

Fernando Alonso yang memiliki pengalaman panjang di Formula 1 sangat antusias dengan kehadiran sosok legendaris seperti Adrian Newey. Akan tetapi, ia juga mengingatkan bahwa kesuksesan tim tidak hanya bergantung pada kemampuan satu orang, melainkan juga pada kerja sama yang solid antara seluruh anggota tim. Alonso mengajak rekan-rekannya untuk bersabar dan fokus pada tujuan jangka panjang, yakni menyambut regulasi baru Formula 1 pada 2026 dengan persiapan yang matang.

"Aku pikir ini bukan hanya tugas satu orang untuk memperbaiki keadaan. Lebih penting bagi kami adalah apa yang kami miliki saat ini dan apa yang kami sedang hasilkan. Kami berusaha memahami apa yang berjalan ke arah yang benar dan apa yang tidak, serta menyiapkan diri untuk menghadapi 2025 dengan lebih baik,” ungkapnya dikutip Motorsport Week pada wawancara usai GP Monza pada, Minggu (1/9/2024) lalu.

“Kami harus memahami bahwa target utama kami adalah 2026. Namun, pada saat yang sama, aku pikir sebagai tim kami bisa menerima jika tidak berada dalam persaingan empat besar. Mereka adalah tim-tim top dan jauh di depan kami. Tetapi sekarang, berada di belakang Williams, Haas, dan Toro Rosso (yang kini menjadi Visa Cash App RB), saya pikir kami perlu meningkatkan standar sedikit. Kami perlu menjadi lebih baik,” tambahnya.

Kehadiran Adrian Newey di Aston Martin tentu menjadi berita gembira bagi tim. Namun, perlu diingat bahwa kesuksesan sebuah tim tidak hanya tergantung dengan satu orang saja. Kolaborasi yang solid antara Newey, Alonso, dan seluruh tim akan menjadi kunci keberhasilan Aston Martin dalam meraih prestasi yang lebih baik.

Baca Juga: Gabriel Bortoleto Jadi Kandidat Kuat Pembalap Sauber di F1 2025

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya