5 Pencapaian Cemerlang Damian Lillard bersama Portland Trail Blazers

Jadi tulang punggung Portland Trail Blazers

Bertahan kurang lebih selama 11 musim berseragam Portland Trail Blazers, Damian Lillard membuat keputusan yang mengejutkan setelah meminta untuk ditukar pada musim panas 2023. Ini membuatnya jadi komoditas panas sehingga diperebutan beberapa tim. Miami Heat dikabarkan menjadi yang paling terdepan mendapatkan jasa point guard kelahiran Oakland tersebut.

Namun, Portland Trail Blazers justru melepas Damian Lillard ke Milwaukee Bucks. Selain Blazers dan Bucks, Phoenix Suns juga ikut andil dalam mewujudkan pertukaran tersebut. Pebasket berjuluk Dame Time ini berpotensi membangun kekuatan yang mengerikan setelah bertandem dengan Giannis Antetokounmpo bersama tim asal Wisconsin ini di NBA 2023/2024.

Kepergian Damian Lillard ternyata meninggalkan kesan yang luar biasa untuk Portland Trail Blaizers. Point guard 33 tahun ini sudah menorehkan beberapa pencapaian cemerlang bersama tim asal Oregon tersebut di NBA. Apa saja yang sudah diraih? Simak tulisan di bawah ini!

1. Damian Lillard menjadi Rookie of the Year 2013

https://www.youtube.com/embed/ddf96GKhyn4

Damian Lillard mampu menunjukkan performa yang gemilang sejak membela Weber State University. Ini membuatnya percaya diri untuk melanjutkan karier ke jenjang yang lebih profesional dengan mengikuti NBA Draft 2012. Benar saja, dirinya berhasil dipilih pada urutan keenam oleh Portland Trail Blazers.

Meski masih berstatus debutan, Damian Lillard sukses mendapat menit bermain yang sangat banyak bersama Portland Trail Blazers. Tak hanya itu, point guard asal Oakland ini mencatatkan rata-rata yang solid dengan 19 poin, 6,5 assist, dan 3,1 rebound dalam 82 pertandingan reguler NBA 2012/2013. Performa tersebut mengantarkannya meraih gelar NBA Rookie of the Year dan masuk dalam NBA All-Rookie First Team 2013.

2. Membawa Portland Trail Blazers masuk playoff sebanyak delapan kali di NBA

5 Pencapaian Cemerlang Damian Lillard bersama Portland Trail BlazersDamian Lillard (nba.com)

Damian Lillard menjelma jadi sosok penting untuk permainan Portland Trail Blazers. Ini terbukti karena dirinya ikut berkontribusi mengantarkan tim asal Oregon tersebut lolos ke babak playoff sebanyak delapan kali di NBA. Namun, Lillard belum sempat mempersembahkan gelar juara.

Meski begitu, prestasi terbaiknya di playoff ketika membawa Portland Trail Blazers masuk Western Conference Finals 2019. Blazers harus bertemu dengan Golden State Warriors yang dihuni oleh big three berbahaya, yaitu Stephen Curry, Draymond Green, dan Klay Thompson. Benar saja, harapan tersebut pupus setelah tim asal Oregon ini kalah telak dengan agregat 0-4 dari Warriors.

Baca Juga: Profil Damian Lillard, Shooter Andalan Portland Trail Blazers

3. Masuk daftar 75 pemain terbaik dalam sejarah NBA

https://www.youtube.com/embed/pUPdoxVEIp4

Sejak mengawali karier profesional pada 2012, Damian Lillard sukses menunjukkan performa yang luar biasa ketika masih berseragam Portland Trail Blazers. Dirinya bertransformasi menjadi tulang punggung permainan Blazers. Ini membuat tim asal Oregon tersebut jadi kuda hitam yang diperhitungkan di NBA.

Selain itu, Damian Lillard menjadi sosok yang kerap memperoleh berbagai gelar individu. Hal ini sukses mengantarkannya untuk masuk daftar 75 pemain terbaik dalam sejarah NBA pada 2021. Tercatat, hanya ada beberapa pebasket aktif yang telah mendapat penghargaan tersebut. Pencapaian gemilang ini makin membuat namanya diperhitungkan di NBA.

4. Sukses membuat 71 poin dalam 1 pertandingan di NBA

5 Pencapaian Cemerlang Damian Lillard bersama Portland Trail BlazersDamian Lillard (instagram.com/damianlillard)

Pada 2022/2023, Damian Lillard mampu membuat pencapaian luar biasa di NBA. Pebasket asal Oaklad ini tampil menggila ketika Portland Trail Blazers berhadapan dengan Houston Rockets. Dirinya sukses mencetak 71 poin dalam 1 pertandingan.

Pebasket 33 tahun ini berhasil mencetak 41 poin pada babak pertama dan 30 poin pada babak kedua. Sumbangsih tersebut mengantarkan Portland Trail Blazer memenangkan pertandingan atas Houston Rocket dengan hasil akhir 131-114 pada lanjutan NBA. Ini membuat namanya jadi pemain dengan jumlah poin terbanyak dalam satu pertandingan sepanjang sejarah Blazers.

5. Menjadi pencetak poin terbanyak dalam sejarah Portland Trail Blazers

https://www.youtube.com/embed/4B99jhdjbOg

Damian Lillard memiliki peran yang sulit tergantikan ketika masih membela Portland Trail Blazers. Dirinya mempunyai visi permainan dan pandai mengatur tempo pertandingan. Selain itu, pebasket berjuluk Dame Time ini terkenal dengan akurasi tembakan tiga angka yang luar biasa.

Point guard ini juga sukses bertransformasi menjadi mesin pencetak angka untuk Portland Trail Blazers. Dirinya tercatat sudah mengukir sebanyak 19.376 poin selama 11 musim berkarier di NBA. Pencapaian ini mengantarkannya jadi yang tersubur dalam sejarah tim asal Oregon tersebut.

Damian Lillard telah memberikan kemampuan terbaiknya selama membela Portland Trail Blazers. Dirinya membuat Blazers menjadi kuda hitam yang diperhitungkan di NBA. Pencapaian cemerlangnya juga sukses merebut hati para penggemar tim asal Oregon tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Terpendek yang Terpilih di NBA All-Star 2023, Ada Lillard!

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya