Rizki Juniansyah Susun Siasat Demi Emas Olimpiade 2024

Misi raih emas dalam debutnya di Olimpiade

Jakarta, IDN Times - Lifter putra Indonesia, Rizki Juniansyah, terus menyiapkan diri jelang Olimpiade Paris 2024. Rizki berharap persiapannya kian matang karena bertekad untuk bisa membawa pulang medali emas dalam debutnya di Olimpiade.

Meski begitu, lifter 20 tahun tersebut tak mau terlalu ngotot. Dia sadar, persaingan di kelas 73 kg akan sulit, mengingat banyak lawan tangguh yang harus ditaklukkan. Maka dari itu, Rizki sedang menyiapkan strategi untuk memuluskan misi meraih medali emas.

"Demi Indonesia, saya ingin memberikan medali emas, Insya Allah," kata Rizki ketika ditemui di Pelatnas PB Pabsi, Jumat (14/6/2024).

1. Shi Zhiyong jadi lawan paling berat

Rizki Juniansyah Susun Siasat Demi Emas Olimpiade 2024Rizki Juniansyah, atlet angkat besi Indonesia yang berhasil lolos ke Olimpiade 2024 (instagram.com/rjuniansyah_)

Bagi Rizki, lifter China, Shi Zhiyong, menjadi lawan yang paling sulit dibungkam. Shi Zhiyong punya angkatan yang bagus dan lebih berpengalaman tampil di Olimpiade, ketimbang Rizki selaku debutan.

Apalagi, Shi Zhiyong sudah merebut dua medali emas, kala tampil di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 dan Tokyo 2020.

"Yang paling berat bagi saya itu dari China, Shi Zhiyong. Dia kuat banget di snatch," ujar Rizki.

Baca Juga: Indonesia Mau Bawa AC Sendiri ke Olimpiade 2024

2. Rizki siapkan strategi

Rizki Juniansyah Susun Siasat Demi Emas Olimpiade 2024Latihan PB Pabsi jelang Olimpiade Paris 2024, Jumat (14/6/2024). (IDN Times/Tino)

Karena Shi Zhiyong kuat dalam snatch, Rizki ingin meningkatkan angkatannya di clean and jerk. Sebenarnya pula, Rizki juga punya modal kuat karena pernah mengalahkan Shi Zhiyong di Piala Dunia IWF, 4 April 2024 lalu. Saat itu, Rizki sukses menyabet medali emas dalam ajang tersebut, dengan keunggukan sembilan kilogram atas Shi Zhiyong. Keberhasilan itu yang mengantarkannya ke Olimpiade.

"Saya harus melebihi dia di total clean and jerk, karena saya benar-benar dispesialkan dalam angkatan tersebut. Kalau snatch, mungkin saya hanya bisa menyamainya," ucap atlet 20 tahun tersebut.

3. Kondisi Shi Zhiyong lagi kurang oke

Rizki Juniansyah Susun Siasat Demi Emas Olimpiade 2024Rizki Juniansyah, atlet angkat besi Indonesia yang berhasil lolos ke Olimpiade 2024 (instagram.com/rjuniansyah_)

Rizki mendapat keuntungan karena kondisi Shi Zhiyong belum fit 100 persen. Sebab, di Piala Dunia IWF 2024, Shi Zhiyong mengalami cedera yang memengaruhi angkatannya.

"Dia punya masalah di bagian pinggang atau kakinya. Agak sakit, tidak tahu kenapa," ujar Rizki.

Baca Juga: 2 Atlet Jadi Teman Uji Coba Jojo dan Ginting di Olimpiade

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya