Perjalanan Veddriq Leonardo Raih Emas di Olimpiade 2024

Veddriq peraih emas pertama Indonesia di Paris

Jakarta, IDN Times - Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo sukses meraih medali emas di Olimpiade 2024 Paris. Prestasi itu sekaligus mengakhiri paceklik Indonesia di pesta olahraga terbesar dunia edisi ke-33 tersebut.

Veddriq menyabet medali emas setelah mengalahkan wakil China di partai final nomor speed putra, Kamis (8/8/2024). Atlet 27 tahun itu finis dengan catatan waktu 4,75 detik, unggul 0,02 detik atas lawannya.

1. Veddriq sempat pecahkan rekor

Perjalanan Veddriq Leonardo Raih Emas di Olimpiade 2024Atlet panjat tebing putra Indonesia, Veddriq Leonardo turun di nomor speed putra Olimpiade 2024 Paris (dok.NOC Indonesia/Naif Muhammad Al’as/Canon Indonesia)

Perjalanan Veddriq di nomor speed putra memang begitu mengesankan. Bahkan, pemanjat kelahiran Pontianak itu sempat memecahkan rekor di fase awal.

Saat mengalahkan Rahmad Adi selaku kompatriotnya di kualifikasi seeded, Veddriq sukses memecahkan rekor Olimpiade, dengan catatan 4,92 detik. Menariknya, rekor itu sebelumnya dipegang Rahmad, dengan catatan 5,07 detik.

Masih di kualifikasi seeded, Veddriq kembali memecahkan rekor dunia saat menekuk wakil tuan rumah, Bassa Mawem dengan catatan 4,79 detik. Namun, rekor tersebut kini dipegang Sam Watson (Amerika Serikat) saat meraih perunggu, 4,74 detik.

Baca Juga: Emas dari Veddriq Leonardo Buat Indonesia di Masa Kritis

2. Kalahkan tuan rumah dengan selisih waktu yang jauh

Perjalanan Veddriq Leonardo Raih Emas di Olimpiade 2024Atlet panjat tebing putra Indonesia, Veddriq Leonardo turun di nomor speed putra Olimpiade 2024 Paris (dok.NOC Indonesia/Naif Muhammad Al’as/Canon Indonesia)

Performa Veddriq kian menggila saat tampil di perempat final, Kamis (8/8/2024). Veddriq mampu menyingkirkan Mawem dengan selisih waktu yang jauh.

Veddriq yang memanjat di papan A finis dengan catatan 4,88 detik. Sementara, Mawem hanya mampu menyelesaikan panjatannya dengan waktu 5.26 detik.

3. Nyaris pecahkan rekor di final

Perjalanan Veddriq Leonardo Raih Emas di Olimpiade 2024Bagian belakang Medali Olimpiade Paris 2024 (olympics.com)

Veddriq berhasil menjaga konsistensinya di semifinal. Bahkan, catatan waktunya meningkat setelah mengalahkan wakil Iran, Reza Alipour dengan waktu 4,78 detik.

Di final, Veddriq nyaris mengawinkan medali emas dengan rekor baru. Itu karena Veddriq mampu naik podium tertinggi dengan catatan waktu 4,75 detik, terpaut 0,01 detik dari rekor yang dipegang Watson.

Baca Juga: Profil Veddriq Leonardo, Peraih Emas Indonesia di Olimpiade 2024

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya