Menpora Dito Belum Berani Ungkap Target Olimpiade Paris 2024

Target di Olimpiade 2024 masih jadi teka-teki

Jakarta, IDN Times - Target medali kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024 masih menjadi teka-teki. Itu karena Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo urung mengungkap jumlah target yang ditetapkan secara gamblang.

Dito hanya meneruskan pernyataan Presiden Joko "Jokowi" Widodo saat melepas kontingen Indonesia pada Rabu, 10 Juli 2024, yakni berharap lagu Indonesia Raya berkumandang di multievent paling bergengsi tersebut.

"Kalau target medali, bisa dilihat bagaimana clear dari statement Pak Presiden di pelepasan. Beliau sangat memahami Olimpiade ini kompetisi tertinggi di dunia olahraga. Dan beliau berharap Indonesia Raya dikumandangkan, dan bendera merah putih dkibarkan di Olimpiade. Artinya, kita harus bisa meraih medali emas," kata Dito ketika ditemui di Kantor Kemenpora, Kamis (11/7/2024).

1. Beda sikap sikap dengan Asian Games 2023

Menpora Dito Belum Berani Ungkap Target Olimpiade Paris 2024Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Kali ini, sikap pemerintah berbeda seperti Asian Games 2023 Hangzhou lalu. Kala itu, pemerintah berani mengungkap target medali secara gamblang ke publik.

Di Asian Games 2023, Dito menyebut target kontingen Indonesia adalah finis di peringkat 12 besar, dengan 12 medali emas. Namun, pada akhirnya, target tersebut meleset dari yang ditetapkan sebelumnya, karena hanya tujuh medali emas yang berhasil dibawa pulang.

Baca Juga: Soal Target Medali Olimpiade, CdM: Semoga Lebih Baik dari Sebelumnya

2. Indonesia andalkan tiga cabor ini

Menpora Dito Belum Berani Ungkap Target Olimpiade Paris 2024Anthony Sinisuka Ginting saat berlaga di Thomas Cup 2018 (bwfthomasubercups.bwfbadminton.com)

Namun, ada tiga cabang olahraga (cabor) yang diharapkan bisa meraih medali emas. Potensi medali emas itu bisa didapat di bulu tangkis, panjat tebing dan angkat besi.

"Pastinya, untuk emas kami banyak berharap dari bulu tangkis. Dilihat dari kualifikasi, kami harus jaga di panjat tebing dan angat besi. Ketiga cabor itu secara hitungan memiliki potensi besar medali," ujar Dito.

3. Kontingen Indonesia segera bertolak ke Paris

Menpora Dito Belum Berani Ungkap Target Olimpiade Paris 2024Pengukuhan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024, Rabu (10/7/2024). (IDN Times/Tino).

Kontingen Indonesia berkekuatan 29 atlet dari 12 cabor. Namun, secara keseluruhan, kontingen Indonesia yang akan bertolak ke Prancis ada 86 orang termasuk ofisial tim.

Mereka akan dibagi menjadi dua gelombang untuk bertolak ke Paris. Sebagian besar akan berangkat pada 13 Juli 2024 mendatang, dan ada yang menyusul pada 22 Juli 2024.

"Hari ini telah dilakukan pengukuhan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024. Kontingen besar akan berangkat 13 Juli dan terakhir yang berangkat dua atlet renang tanggal 22 Juli," kata Dito.

Baca Juga: Berharap Kejutan dari Indonesia di Olimpiade 2024

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya