Kehadiran Keluarga Bantu Rizki Juniansyah Raih Emas di Paris

Kehadiran keluarga bikin Rizki perkasa

Jakarta, IDN Times - Rizki Juniansyah sukses menggandakan perolehan medali emas Indonesia di Olimpiade Paris 2024, Jumat (9/8/2024) dini hari WIB. Rizki naik podium tertinggi lewat penampilan gemilang di angkatan snatch, serta clean and jerk.

Rizki meraih medali emas setelah mencatat total angkatan 354kg. Rizki tampil begitu mencolok karena mampu unggul delapan kilogram atas Weeraphon Wichuma (Thailand) di peringkat kedua.

Ternyata, ada faktor penting yang membantu Kijun (sapaan Rizki) tampil perkasa di South Paris Arena. Itu karena keluarga tercintanya hadir untuk menonton langsung.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Emas Veddriq dan Rizki di Olimpiade 2024

1. Jurus CdM berhasil

Kehadiran Keluarga Bantu Rizki Juniansyah Raih Emas di ParisRizki Juniansyah, atlet angkat besi Indonesia (olympics.com)

Jurus Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk Olimpiade 2024, Anindya Bakrie, menerbangkan ibu Rizki, Yeni Rohaeni Durachim, dan kakaknya, Riska Anjani Yasin, terbukti jitu.

Kehadiran mereka yang membantu Rizki tampil perkasa untuk mencatat total angkatan 354kg. Sempat tegang, Rizki merasa terbantu dengan keberadaan ibu dan kakaknya. Beban di pundak terangkat ketika ingat ibu dan kakaknya menonton langsung.

"Kehadiran keluarga dan itu dukungan nomor satu. Saya ada dalam rahim mama. Mama yang terbaik," kata Rizki dalam keterangan resminya, Jumat (9/8/2024).

2. Ritual Rizki Juniansyah

Kehadiran Keluarga Bantu Rizki Juniansyah Raih Emas di ParisAtlet angkat besi Indonesia, Rizki Juniansyah meraih medali emas dari Olimpiade 2024 Paris (dok.NOC Indonesia/Naif Muhammad Al’as/Canon Indonesia)

Rizki juga punya ritual sebelum perlombaan. Biasanya, atlet asal Serang itu selalu meminta restu dan mencium kaki ibunya.

"Setiap saya cium dan cuci kaki mama serta meminumnya. Alhamdulillah, selalu berkah," ujar Rizki.

3. Bikin rekor Olimpiade

Kehadiran Keluarga Bantu Rizki Juniansyah Raih Emas di ParisAtlet angkat besi Indonesia, Rizki Juniansyah meraih medali emas dari Olimpiade 2024 Paris (dok.NOC Indonesia/Naif Muhammad Al’as/Canon Indonesia)

Terasa spesial, karena Rizki berhasil mengawinkan medali emas dengan rekor Olimpiade di nomor ini dengan menciptakan angkatan 199kg di clean and jerk

Lebih dari itu, ini medali emas pertama yang mampu disumbangkan angkat besi di Olimpiade. Rizki juga menorehkan emas dalam debutnya di Olimpiade.

Baca Juga: Jokowi Janji Beri Bonus Atlet Peraih Medali Olimpiade 2024

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya