Daud Yordan Naik Ring Lagi, Perebutkan Gelar Dunia Tak Bertuan

Yordan mau ambil gelar juara dunia lagi!

Jakarta, IDN Times - Legenda tinju tanah air, Daud 'Cino' Yordan akan kembali naik ring setelah cukup lama vakum bertarung. Daud dijadwalkan bentrok kontra petinju asal Argentina, Juan Hernan Leal pada 7 September 2024 mendatang.

Pertarungan antara Daud versus Leal itu akan terlaksana di kampung halamannya, GOR Terpadu Ayani, Pontianak, Kalimantan Barat. Duel ini diprediksi berlangsung brutal, karena memperebutkan sabuk juara dunia!

1. Perebutkan gelar tak bertuan

Daud Yordan Naik Ring Lagi, Perebutkan Gelar Dunia Tak BertuanDaud Yordan. (IDN Times/Tino).

Daud dan Leal akan memperebutkan gelar International Boxing Association (IBA) World Super Lightweight Championship. Gelar tersebut kini tak bertuan.

Takhta tersebut kosong karena sebelumnya dipegang Daud Yordan setelah menaklukkan petinju Afrika Selatan, Michael Mokoena dengan TKO, pada November 2019 lalu. Namun, gelar tersebut lepas setelah Daud memilih vakum untuk fokus terjun ke dunia politik hingga akhirnya terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, periode 2024-2029.

"Tadinya gelar itu kan milik saya. Tetapi karena faktor terjun ke dunia politik dan tidak sempat bertanding juga sehingga gelar itu dicopot," kata Daud Yordan ketika ditemui di sela-sela Olympic Day, Senayan, Sabtu (22/6/2024).

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Chess Boxing, Perpaduan Olahraga Tinju dan Catur

2. Daud siap menggila di atas ring

Daud Yordan Naik Ring Lagi, Perebutkan Gelar Dunia Tak BertuanDaud Yordan. (Instagram/@realdaudyordan).

Sadar sempat vakum cukup lama, pria 37 tahun itu memiliki PR yang harus dibenahi. Olympic Day yang digelar Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menjadi agenda terakhirnya sebelum berlatih keras di kampung halamannya.

"Ini mungkin kali terakhir saya berkegiatan sebelum camp untuk merebut gelar juara dunia saya yang sempat hilang. Kami akan menyiapkan semuanya, baik program latihan dan latih tanding," ujar Daud.

"Latihannya ditangani oleh beberapa pelatih yang saya pikir jauh lebih dewasa sekarang. Mohon doanya biar semuanya lancar," timpal Daud.

3. Leal lebih muda, Daud tak gentar

Daud Yordan Naik Ring Lagi, Perebutkan Gelar Dunia Tak BertuanDaud Yordan saat melawan Panya Uthok. (Instagram/@realdaudyordan).

Lawan Daud, Leal, memiliki usia yang lebih muda, yakni 31 tahun. Petinju Argentina itu terakhir kali bertanding pada Maret 2024 lalu. Sementara, Daud terakhir kali beraksi di atas ring kala mengalahkan Panya Uthok, Juli 2022 silam.

Usia yang lebih muda serta memiliki intensitas bertanding tentunya Leal lebih diunggulkan. Namun, Daud menyatakan tak ciut nyali terkait kondisi tersebut. Terlebih, Daud selalu menjaga kondisi fisiknya meski vakum bertarung.

"Pukulan? Mau coba? Fisik saya terjaga, karena selalu berlatih di sela-sela kesibukan. Jadi, tidak mengurangi apa pun. Ini tinggal fokus untuk mengembalikan semuanya," ucap Daud Yordan.

Baca Juga: Daud Yordan dan Upaya Hidupkan Lagi Tinju di Indonesia

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya