Aturan Ketat Olimpiade 2024: Atlet Dilarang Konsumsi McDonald's

Usung visi pangan sehat

Intinya Sih...

  • Olimpiade Paris 2024 mengusung visi pangan sehat
  • Para atlet mendapat asupan makanan berkualitas, 30% bahan dasar tanaman, larangan makanan cepat saji
  • Makanan khas Prancis akan menjadi menu utama, kampanye makanan berkelanjutan, harga terjangkau

Jakarta, IDN Times - Olimpiade Paris 2024  ternyata juga mengusung visi pangan sehat. Dengan visi tersebut, pihak penyelenggara pun menerapkan aturan ketat terkait makanan yang boleh masuk ke athlete village dan dikonsumsi peserta.

Penyelenggara menyatakan para atlet bakal mendapat asupan makanan dari bahan berkualitas, yang 30 persennya berbahan dasar tanaman selama bermukim di athlete village. Kemudian, dilansir The Guardian, atlet peserta Olimpiade 2024 dilarang menyantap makanan cepat saji, bahkan tidak mendapat akses untuk pergi ke sejumlah restoran yang menyediakannya, seperti McDonald's.

1. Dilarang makan McD

Aturan Ketat Olimpiade 2024: Atlet Dilarang Konsumsi McDonald'sParc Olympique Lyonnais (olympics.com)

Larangan McD muncul, meski makanan itu menjadi satu-satunya menu yang disajikan saat Usain Bolt memenangkan tiga medali emas di Olimpiade Beijing 2008. Maklum, pada edisi tersebut, McD hadir sebagai sponsor dalam turnamen.

Kala itu, Bolt mengklaim memakan ribuan nugget ayam sepanjang Olimpiade 2008. Namun, saat di Paris nanti, nugget ayam akan digantikan dengan bahan dasar kedelai.

Baca Juga: Jelang Olimpiade 2024, Pekerja Bandara Paris Mengancam Mogok

2. Sajikan makanan khas Prancis

Aturan Ketat Olimpiade 2024: Atlet Dilarang Konsumsi McDonald'silustrasi Olimpiade 2024 Paris (olympics.com)

Menilik laman resmi Olimpiade, makanan khas Prancis akan menjadi menu yang bakal disantap para atlet. Beberapa gerai dengan banyak pilihan menu juga tersedia di athlete village.

Olimpiade 2024 juga ingin mengampanyekan misi makanan berkelanjutan. Bahan dasarnya menggunakan produk asli lokal, yang meliputi daging, telur, susu hingga ikan. Buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan sereal utuh, juga disediakan dengan stok melimpah.

3. Atlet bisa belajar bikin baguette

Aturan Ketat Olimpiade 2024: Atlet Dilarang Konsumsi McDonald'sMenu Almond Cream Cheese di Paris Baguette (IDN Times/Fasrinisyah Suryaningtyas)

Salah satu makanan khas Prancis adalah baguette. Namun, tak cuma menyantap, atlet juga bisa belajar membuatnya di gerai yang terletak di kampung atlet.

Pihak penyelenggara juga memastikan harga makanan selama Olimpiade Paris 2024 terjangkau. Ini diklaim menjadi daya tarik wisatawan datang.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya