4 Sabuk Tinju Paling Bergengsi di Dunia, Sudah Tahu?

Berasal dari organisasi tinju berbeda

Intinya Sih...

  • Empat organisasi tinju terbesar, WBC, WBA, IBF, dan WBO, memiliki sabuk juara sendiri
  • WBA memberikan penghargaan interim atau sementara kepada petinju dan telah memainkan peran penting dalam pengembangan tinju profesional
  • WBC fokus pada keselamatan petinju dan ketegasan dalam menegakkan aturan anti-doping yang ketat

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa dalam dunia tinju terdapat begitu banyak sabuk juara berbeda? Jawabannya terletak pada empat organisasi tinju terkemuka yang masing-masing memiliki sabuk juara sendiri. Empat organisasi tinju terbesar, WBC, WBA, IBF, dan WBO, telah menciptakan sistem yang membuat sabuk juara menjadi begitu didambakan.

Dunia tinju berbeda dengan olahraga lain seperti sepak bola atau basket yang memiliki satu gelar juara dunia yang diakui secara universal. Penasaran mengenai keempat sabuk bergengsi di dunia tinju lebih lanjut? Simak informasi berikut untuk menambah wawasan kamu!

1.World Boxing Association (WBA), sabuk dari organisasi tertua di dunia tinju

4 Sabuk Tinju Paling Bergengsi di Dunia, Sudah Tahu?sabuk WBA (wbaboxing.com)

World Boxing Association (WBA) didirikan pertama kali pada 1921 di Amerika Serikat dengan nama awal National Boxing Association (NBA). Pada 1962, nama NBA resmi diubah menjadi WBA seiring dengan semakin meluasnya popularitas tinju di seluruh dunia. WBA telah memainkan peran penting dalam pengembangan dan regulasi tinju profesional. Mereka termasuk organisasi yang menetapkan standar ketat untuk pertandingan dan petinju.

Berbeda dengan beberapa badan pengatur lainnya, WBA sering kali memberikan penghargaan interim atau sementara yang memberikan kesempatan lebih besar bagi petinju untuk berlaga dalam perebutan gelar juara. Beberapa juara dunia terkenal yang pernah memegang sabuk WBA, antara lain Muhammad Ali,  Anthony Joshua, dan bahkan petinju Indonesia, Chris John. Sabuk WBA memiliki warna hitam dengan medali emas besar di bagian tengahnya dengan hiasan mahkota di atasnya.

Baca Juga: Profil Carlos Yulo, Pesenam Filipina yang Raih Emas Olimpiade

2.World Boxing Council (WBC) dengan sabuk khas berwarna hijau dan emas

4 Sabuk Tinju Paling Bergengsi di Dunia, Sudah Tahu?sabuk WBC (wbcme.co.uk)

World Boxing Council (WBC) didirikan pada 1963 oleh 11 negara dengan tujuan menciptakan badan pengatur global yang lebih terorganisir dan adil dalam dunia tinju profesional. Organisasi ini memiliki fokus kuat pada keselamatan petinju sekaligus menjadi pionir dalam mengurangi jumlah ronde dalam pertandingan kejuaraan dari 15 menjadi 12 ronde pada 1983, sebuah perubahan besar yang kemudian diikuti oleh badan pengatur lainnya. Selain itu, WBC juga telah memerkenalkan berbagai aturan keselamatan tambahan, seperti penggunaan sarung tangan yang lebih aman dan pemeriksaan medis yang lebih ketat.

Selain inovasi dalam keselamatan, WBC juga dikenal dengan ketegasannya dalam menegakkan aturan dan kebijakan antidoping yang ketat. Sabuk WBC berwarna hijau dengan medali emas besar yang menampilkan gambar dunia dan bendera negara-negara anggota di sekelilingnya. Banyak petinju legendaris yang telah memegang sabuk WBC, termasuk Muhammad Ali, Floyd Mayweather Jr. dan Canelo Alvarez.

3. International Boxing Federation (IBF), sabuk dari organisasi yang sangat ketat

4 Sabuk Tinju Paling Bergengsi di Dunia, Sudah Tahu?sabuk IBF (boxbiba.com)

International Boxing Federation (IBF) didirikan pada 1983 oleh Bob Lee yang sebelumnya menjabat sebagai pejabat tinggi di United States Boxing Association (USBA). Organisasi ini terbentuk sebagai hasil ketidakpuasan dengan organisasi tinju yang sudah ada karena dianggap kurang transparan dan adil. Sejak awal, IBF menekankan pentingnya integritas dan keadilan dalam semua aspek tinju dengan tujuan untuk memberikan kesempatan yang sama bagi semua petinju di seluruh dunia.

Salah satu perbedaan utama IBF dari badan pengatur lainnya adalah komitmennya terhadap peringkat yang transparan dan pengaturan pertandingan eliminasi untuk menentukan penantang gelar. Sabuk IBF memiliki warna merah dengan medali emas besar di bagian tengah yang menampilkan logo IBF serta peta Amerika Serikat dan Meksiko di sisinya. Beberapa juara dunia terkenal yang pernah memegang sabuk IBF termasuk Mike Tyson, Wladimir Klitschko, dan masih banyak petinju lainnya.

4. World Boxing Organization (WBO), sabuk yang menjadi incaran bagi petinju di era modern

4 Sabuk Tinju Paling Bergengsi di Dunia, Sudah Tahu?sabuk WBO (wboboxing.com)

Dibandingkan dengan tiga organisasi tinju besar lainnya, WBO adalah yang paling muda. WBO didirikan pada 1988 sebagai hasil dari perselisihan internal di dalam World Boxing Association (WBA). Beberapa dewan yang tidak puas dengan WBA memutuskan untuk keluar dan mendirikan organisasi baru, yaitu WBO.

WBO sering kali dianggap sebagai organisasi yang lebih terbuka terhadap inovasi dan perubahan. Sabuk WBO berwarna merah dengan medali emas besar di tengahnya yang menampilkan logo WBO serta peta dunia di sekelilingnya. Beberapa juara dunia terkenal yang telah memegang sabuk WBO adalah Oscar De La Hoya, Manny Pacquiao, Vasyl Lomachenko, dan masih banyak lagi.

Keempat sabuk juara di atas menjadi puncak pencapaian yang didambakan tiap petinju profesional. Masing-masing organisasi memiliki standar dan kriteria yang berbeda untuk menjadi juara dunia. Persaingan ini membuat nilai dari setiap sabuk juara menjadi semakin tinggi dan menarik perhatian penggemar di seluruh dunia.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Chess Boxing, Perpaduan Olahraga Tinju dan Catur

Theodore Siagian Photo Verified Writer Theodore Siagian

ig : the_namora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya