10 Teknik Dasar Karate yang Perlu Kamu Ketahui

Dari gerakan dasar hingga tangkisan

Karate menjadi salah satu seni bela diri yang populer di Indonesia. Seni bela diri ini berasal dari Jepang, tapi dipengaruhi dengan seni bela diri China yang bernama Kenpo. Karate adalah seni bela diri yang menggunakan tangan kosong alias tanpa menggunakan satu pun senjata untuk menyerang.

Seluruh seni bela diri tentu mempunyai gerakan atau teknik-teknik dasar, termasuk karate. Gerakan atau teknik dasar ini perlu dikuasai dari dasar agar dapat dilakukan latihan bela diri yang lebih baik.

Selain itu, jika telah menguasai teknik dasarnya, maka dalam situasi bahaya pun teknik-teknik ini dapat dipakai tanpa harus berpikir dua kali. Berikut ini adalah 10 teknik dasar karate yang perlu kamu kuasai jika kamu hendak menekuni seni bela diri ini.

1. Kihon (Gerakan Dasar)

10 Teknik Dasar Karate yang Perlu Kamu KetahuiKihon Karate (pinterest.com)

Kihon dikenal sebagai gerakan atau teknik dasar yang paling umum pada gerakan karate. Beberapa yang diajarkan dalam kihon diantaranya adalah pertahanan diri serta kemampuan untuk bertindak secara efisien dalam situasi yang dapat membuat stres.

Bagi kamu yang ingin belajar karate dan ingin naik tingkat, kamu perlu tau juga bahwa gerakan kihon akan lebih sulit dan kompleks, sehingga kamu perlu mempelajari kihon sampai dapat mengeksekusinya tanpa berpikir. Beberapa teknik sederhana yang ternyata perlu dilakukan latihan teratur diantaranya adalah memblokir, meninju, menendang, dan menyerang.

Baca Juga: 9 Tingkat Sabuk Karate dan Penjelasannya, Pahami!

2. Kata (Jurus)

10 Teknik Dasar Karate yang Perlu Kamu KetahuiKata Karate (Facebook.com)

Selanjutnya adalah teknik kata. Kata atau bentuk merupakan kombinasi dari kihon yang dilakukan dengan berurutan. Kata bertujuan untuk mensimulasikan pertarungan melawan banyak penyerang. Kata heian dasar mempunyai 20 sampai 27 gerakan, sedangkan kata lanjutan bisa mempunyai lebih dari 60 gerakan.

Kata selalu dimulai dan diakhiri pada titik yang sama di lantai. Eksekusi kata yang benar adalah eksekusi yang mencakup penerapan kekuatan yang tepat, kecepatan yang tepat, baik cepat ataupun lambat, ekspansi dan kontraksi tubuh, serta tungkai yang sesuai.

3. Te-Waza (Teknik Tangan)

10 Teknik Dasar Karate yang Perlu Kamu Ketahuiilustrasi Te-Waza Karate (Youtube.com)

Selanjutnya adalah teknik Te-Waza atau teknik tangan. Seperti yang telah diketahui bahwa karate dikenal dengan tinjuannya yang tajam. Te-Waza memiliki beberapa teknik atau gerakan tangan, yaitu sebagai berikut:

  • Ken

Ken merupakan suatu teknik tangan dasar karate yang memposisikan tangan tertutup atau mengepal. Ken mempunyai beberapa gerakan seperti ippon-ken dan hira-ken. Ippon-ken merupakan kepalan tangan menggunakan satu buku jari.

Ippon-ken digunakan untuk menyerang lawan di bagian hidung atau tulang rusuk. Sedangkan hira-ken adalah teknik tangan pada karate dimana ruas jari tangan diletakkan di bagian depan. Caranya dengan menekuk seluruh jari hingga menyentuh bagian telapak tangan. Hira-ken biasanya dipakai untuk menyerang tulang rusuk dan bagian bawah hidung.

  • Kaisho

Kaisho adalah suatu teknik tangan dimana dilakukan gerakan tangan terbuka yang juga terdiri dari beberapa teknik, yaitu keito, seiryuto, dan kakuto. Keito adalah gerakan dimana pergelangan tangan dibuat hampir menyerupai kepalan ayam, biasanya digunakan untuk menyerang lawan di bagian lengannya atau untuk mematuk lengan bagian bawah lawan.

Seiryuto merupakan gerakan tangan yang menyerupai rahang sapi dan berguna untuk memblokir serangan dari lawan dengan cara mendorongnya ke arah depan, lalu menyerang bagian wajah atau dapat juga menyerang di tulang selangka. Selanjutnya adalah kakuto yang merupakan gerakan tangan yang membuat pergelangan tangan menjadi menekuk dimana gerakan ini digunakan untuk menyerang lawan ketika lawan sedang memukul kamu. 

  • Wan 

Wan atau lengan juga termasuk teknik dasar tangan yang bertujuan untuk menangkis lawan dengan cara menggesernya ke samping, lalu menyerang ke arah kaki atau tangan. Terdapat empat gerakan, yaitu nai-wan yang merupakan gerakan lengan sisi dalam, shu-wan yang merupakan gerakan lengan di bagian sisi bawah, hai-wan yang merupakan gerakan lengan ke arah sisi atas, dan gai-wan yang merupakan gerakan lengan ke arah sisi luar. 

4. Kumite (Pertarungan)

10 Teknik Dasar Karate yang Perlu Kamu KetahuiInternet

Kumite atau pertarungan adalah teknik dimana karateka mempelajari untuk melawan musuh. Kumite dapat digunakan untuk mengembangkan teknik atau keterampilan tertentu dan dapat juga dilakukan dalam sebuah kompetisi. 

Kumite biasanya dilakukan oleh seorang karateka tingkat lanjut dengan sabuk biru atau lebih. Kumite juga dibagi berdasarkan tingkatannya, yaitu gohon kumite, kihon ippon, jiyu ippon, dan juga jiyu kumite.

5. Dachi (Kuda-kuda)

10 Teknik Dasar Karate yang Perlu Kamu Ketahuiilustrasi Dachi dalam Karate (Youtube.com)

Dachi atau kuda-kuda merupakan gerakan paling dasar. Gerakan ini diajarkan pertama kali dan ternyata ketika kamu hendak melakukan kuda-kuda, kamu tidak bisa sembarangan karena kuda-kuda atau dachi pun memiliki aturan.

6. Ashi Waza (Teknik Dasar Kaki)

10 Teknik Dasar Karate yang Perlu Kamu Ketahuiilustrasi teknik ashi waza (Youtube.com)

Selanjutnya adalah Ashi Waza atau teknik dasar menggunakan kaki. Ashi Waza memiliki beberapa gerakan seperti koshi yang mengharuskan kamu untuk mengangkat telapak kaki agar dapat menendang lawan. Tsumasaki yang merupakan gerakan menendang lawan dengan ujung jari kaki agar dapat mengenai bagian tengah badannya, dan haisoku yang merupakan gerakan kaki dengan memanfaatkan punggung kaki agar dapat menendang pangkal paha lawan.

Baca Juga: Sejarah Karate, Awalnya Ternyata Bukan Berasal dari Jepang

7. Nage Waza (Bantingan)

10 Teknik Dasar Karate yang Perlu Kamu Ketahuiilustrasi nage waza karate (Youtube.com)

Seusai mengetahui teknik kuda-kuda ataupun teknik lainnya, maka kamu sebagai seorang karateka juga perlu mengetahui nage waza atau teknik membanting lawan. 

Gerakan ini bisa kamu gunakan jika lawan berada dalam jangkauanmu atau berada di dekatmu. Nage Waza juga memiliki beberapa teknik, diantaranya adalah unshu geri, fumi kiri, hingga tsubamegaeshi.

8. Zuki (Pukulan)

10 Teknik Dasar Karate yang Perlu Kamu Ketahuiilustrasi karate (pexels.com/RODNAE Productions)

Selanjutnya adalah zuki atau teknik pukulan. Teknik ini menjadi salah satu teknik penting untuk membantu kamu melumpuhkan lawan.

Beberapa teknik yang biasanya diajarkan adalah teknik choku zuki yang merupakan pukulan lurus, oi zuki merupakan pukulan yang dilakukan dari kuda-kuda depan dengan pukulan kaki, dan gyaku zuki yang merupakan pukulan terbalik.

9. Geri (Tendangan)

10 Teknik Dasar Karate yang Perlu Kamu KetahuiPexels.com/Alexa Popovich

Setelah mengetahui teknik yang melibatkan kaki, kini terdapat teknik geri yang merupakan teknik dasar tendangan dalam karate. Teknik ini juga penting karena karate adalah seni bela diri yang menonjolkan tendangan juga.

Dibutuhkan keseimbangan dan sikap yang stabil untuk melakukan gerakan ini. Kamu juga perlu mengatur ruang tendangan baik sebelum dan sesudah eksekusi, sehingga tendangan kamu akan jauh lebih ramping dan akurat. 

Geri memiliki beberapa gerakan seperti mae geri yang merupakan tendangan depan dan dilakukan dengan kaki depan atau belakang dalam posisi bertarung, mawashi geri yang merupakan tendangan cepat dengan posisi kaki di atas, dan yoko geri yang merupakan gerakan tendangan yang dilakukan dari kuda-kuda atau gerakan kaki yang direntangkan ke samping.

10. Uke (Tangkisan)

10 Teknik Dasar Karate yang Perlu Kamu KetahuiIlustrasi tangkisan karate (pexels.com/Paris Lopez)

Karateka juga perlu mengetahui gerakan tangkisan agar serangan dari lawan bisa kita tepis dan tidak melumpuhkan kita. Tangkisan atau blok dilakukan dengan kepalan tangan tertutup atau tangan terbuka, tapi selain tangan, kaki juga dapat digunakan untuk melakukan tangkisan.

Apabila kamu melakukan gerakan tangkisan dengan betul, gerakan ini dapat menghentikan atau bahkan menangkis lawan. Uke atau tangkisan juga memiliki beberapa gerakan seperti gedan barai yang merupakan metode efektif untuk menangkis pukulan dan tendangan yang mengarah ke kepala, juji-uke yang merupakan tangkisan dengan cara menyilangkan kedua tangan, dan agi-uke yang merupakan tangkisan dengan arah ke atas.

Demikianlah teknik-teknik dasar karate yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat untuk kamu, ya.

Baca Juga: 5 Cara Memakai Sabuk Karate, Cukup Mudah!

Topik:

  • Seo Intern IDN Times
  • Rizna Hidayah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya