Sungai Seine yang Kotor Bikin Triathlon Olimpiade 2024 Kacau

Bisa downgrade ke duathlon

Intinya Sih...

  • Polusi Sungai Seine mempengaruhi Olimpiade 2024 Paris, menunda lomba triathlon individu putra hingga kondisi air membaik.
  • Kualitas air yang buruk membuat atlet berisiko penyakit, panitia tunda lomba hingga Rabu atau Jumat dengan peninjauan ulang keamanan sungai.
  • Triathlon bisa downgrade menjadi duathlon jika Sungai Seine tetap tidak bersih, seperti yang terjadi pada Test Event 2023.

Jakarta, IDN Times - Polusi yang mencemari Sungai Seine mulai berdampak pada Olimpiade 2024 Paris. Cabang olahraga triathlon kacau setelah nomor individu putra ditunda pelaksanaannya hingga Rabu (31/7/2024).

Dari hasil evaluasi, kualitas air Sungai Seine tak memenuhi syarat keamanan untuk dijadikan arena lomba. Level polutannya begitu tinggi, membuat atlet berisiko untuk terjangkit penyakit jika berlomba dalam kondisi air seperti sekarang.

Baca Juga: Prabowo Kasih Bonus 29 Atlet Indonesia di Olimpiade 2024

1. Pembersihan harus dilakukan

Sungai Seine yang Kotor Bikin Triathlon Olimpiade 2024 KacauSamsung Galaxy S24 Ultra juga akan dipasang di kompetisi cabang olahraga berlayar pada Olimpiade Paris 2024 di Sungai Seine (news.samsung.com)

Karena kondisi ini, panitia lokal memutuskan untuk melakukan proses pembersihan agar bisa digunakan lomba triathlon. Efeknya, lomba harus ditunda hingga Rabu (31/7/2024) atau Jumat (2/8/2024), di lokasi yang sama.

Dengan fakta itu, bisa jadi nomor putri dan putra dihelat di hari yang sama, namun jamnya berbeda. Hanya saja, keamanan Sungai Seine akan ditinjau ulang.

2. Cuaca juga jadi pertimbangan

Sungai Seine yang Kotor Bikin Triathlon Olimpiade 2024 Kacauilustrasi olahraga triatlon (instagram.com/worldtriathlon)

Selain kondisi di Sungai Seine, triathlon juga akan ditinjau waktu penyelenggaraannya, mempertimbangkan cuaca di Paris. Memang, ada kekhawatiran Paris dilanda gelombang panas.

"Mempertimbangkan informasi cuaca terakhir, telah ditentukan jadwal triathlon pria adalah 31 Juli pukul 10.45 waktu setempat. Nomor putri digelar di waktu yang sama, pukul 08.00," begitu pernyataan resmi panitia lokal, dikutip Tri 247.

"Prioritas Paris 2024 dan Federasi Triathlon Dunia adalah kesehatan atlet. Jadwal kontingensi tetap di 2 Agustus 2024, untuk ditinjau lebih lanjut," lanjutnya.

Baca Juga: Jadwal Wakil Indonesia di Olimpiade Paris, 30 Juli 2024

3. Bisa downgrade ke duathlon

Sungai Seine yang Kotor Bikin Triathlon Olimpiade 2024 Kacauilustrasi olahraga triatlon (instagram.com/worldtriathlon)

Bukan gak mungkin triathlon downgrade menjadi duathlon andai kondisi Sungai Seine tak kunjung bersih. Formatnya, nanti adalah lari-bersepeda-lari.

Kondisi itu sudah terjadi saat Test Event pada Agustus 2023 lalu, akibat kualitas Sungai Seine yang buruk.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya