Seru-seruan Jajal Motor MotoGP di Sirkuit Mandalika

Jangan kelewatan nih side event di MotoGP Mandalika 2023

Mandalika, IDN Times - MotoGP Mandalika 2023 menyajikan pengalaman yang begitu mengesankan. Dalam balapan yang digelar di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, 13 hingga 15 Oktober 2023, penonton tak cuma disajikan dengan aksi adu cepat dari para riders kenamaan.

Ada sejumlah aktivitas lain yang bisa diikuti para penggemar di sekitar sirkuit. Salah satunya adalah mencoba simulator motor yang begitu mirip dengan atmosfer di lintasan. Wah menarik nih, bagaimana caranya? Ada di mana ya?

1. Datang ke booth Pertamina

Seru-seruan Jajal Motor MotoGP di Sirkuit MandalikaPengunjung menjajal simulator motor MotoGP di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika (IDN Times / Satria Permana)

Buat mencoba simulator, kamu cukup datang ke booth Pertamina di Merdeka Zone, tepat di depan panggung Harmoni Mandalika by Pertamina. Di sana, kamu akan menemukan booth Ultimate Experience dan bisa menjajal simulator MotoGP.

Motor yang disediakan merupakan Ducati Panigale V4 R, bukan Desmosedici. Memang, tak sesuai karena Panigale dipakai di World Superbike. Tapi tenang, rasanya sama kok karena pada dasarnya bobot Panigale V4 R lebih berat.

Baca Juga: VR46 Racing Team Resmi Disponsori Pertamina Lubricants

2. Susah banget loh!

Seru-seruan Jajal Motor MotoGP di Sirkuit MandalikaIDN Times saat menjajal simulator motor MotoGP di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika (IDN Times / Satria Permana)

IDN Times sempat loh menjajal simulator yang ada di Ultimate Experience. Memang benar, sensasi yang diberikan begitu mirip dengan balapan.

Pun, sistem kerja dari motor simulator ini sangat mirip. Pengeremannya begitu sensitif, beserta tuas gasnya.

Kamu juga harus waspada karena setiap melewati tikungan akan sangat menipu. Kesan yang dirasakan penulis, saat mencobanya begitu melelahkan. Wajar, karena kamu harus bermanuver dan merasakan beratnya motor yang mencapai 300 kilogram.

Jujur, penulis sering crash di lintasan simulator. Tapi, tak jarang pula penulis berhasil melewati tikungan dengan trik yang benar.

Oh iya, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman yang sangat mirip di lintasan, karena penyelenggara juga menyediakan race kit lengkap seperti wearpack, helm, hingga sepatunya.

3. Ada syaratnya, ikuti ya buat coba

Demi mencoba simulator ini, kamu harus sabar. Sebab, banyak loh yang antre. Bahkan, beberapa penonton dari luar negeri juga tertarik mencobanya.

Kamu juga harus memperhatikan syarat dan ketentuannya untuk mencoba simulator ini. Cukup download MyPertamina. Kemudian, kamu juga harus follow akun Instagram @mypertamina, @pertamina, @Pertamaxseries.id, dan @pertaminalub.

4. Ada event lain yang seru

Seru-seruan Jajal Motor MotoGP di Sirkuit MandalikaPotret fans hampiri Fabio Quartararo. (IDN Times/Tino).

Selain keseruan menjajal simulator, masih ada lagi sejumlah hiburan yang bisa dinikmati dari empat zona side event. Masih berada di lokasi yang sama dengan simulator, yakni Merdeka Zone, ada panggung hiburan Harmoni Mandalika by Pertamina yang menyajikan pertunjukan dengan diisi oleh sejumlah musisi Indonesia seperti NTRL, Dipha Barus, Amtenar, Hydro Koplo, dan Melanie & PPK. Ada juga Pusa Zone yang diisi oleh UMKM Lombok tengah dan NTB beserta tenant lainnya.

Zona berikutnya adalah Bhinneka Zone yang diisi oleh Biker’s Lot, ajang test ride, hingga area makanan dan minuman, bernama Fuel Up. Zona terakhir adalah Tropika Zone yang diisi oleh official merchandise store hingga para UMKM.

"Jadi, para penonton dengan kategori tiket apapun silakan datang ke side event dan menikmati berbagai hiburan dan sajian yang tersedia," ujar Presiden Direktur Dyandra&Co. Daswar Marpaung.

Baca Juga: Tawa Marc Marquez Ditanya soal Insiden di Sprint Race MotoGP Mandalika

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya