Rumor BMW Tampil di MotoGP Makin Nyata

Pembicaraan terus dilakukan antara MotoGP dan BMW

Jakarta, IDN Times - CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, buka-bukaan soal peluang adanya satu pabrikan baru yang meramaikan MotoGP. Ezpeleta menyatakan pabrikan tersebut mendekati manajemen MotoGP setelah aturan baru yang berlaku di 2027 mendatang diumumkan.

Secara gamblang, Ezpeleta tak menjelaskan pabrikan mana yang mencoba mendekati MotoGP. Namun, kuat dugaan BMW sudah menggelar negosiasi demi bisa mengisi satu slot pabrikan tersisa usai Suzuki cabut.

"Kami sudah didekati oleh sejumlah pabrikan. Tapi, tentu saja semua orang menunggu aturan teknis di masa mendatang," ujar Ezpeleta dilansir Crash.

1. MotoGP bisa makin kompetitif

Rumor BMW Tampil di MotoGP Makin NyataBMW S1000RR (autocarindia.com)

Ezpeleta mengaku senang dengan kehadiran lima pabrikan di MotoGP sekarang. Namun, dia merasa MotoGP akan semakin kompetitif dengan keterlibatan lebih banyak pabrikan.

"Kami senang dengan lima manufaktur yang terlibat sekarang. Kolaborasi luar biasa. Cara kami berbicara dengan mereka, membantu menyusun aturan baru. Soal siapa yang mendekati kami, rahasia," kata Ezpeleta.

Baca Juga: 3 Regulasi Baru MotoGP 2027, Lebih Ramah Lingkungan

2. MotoGP baru susun aturan baru

Rumor BMW Tampil di MotoGP Makin NyataFrancesco Bagnaia menang di Sirkuit Jerez musim 2024. (motogp.com)

MotoGP memang baru saja menyusun aturan baru dengan melakukan sejumlah penyesuaian, termasuk menurunkan kapasitas mesin dari 1.000cc ke 850cc. Kemudian, mereka juga melakukan penyesuaian tentang pengurangan aero, pelarangan penggunaan alat ride-height, dan membagi data GPS.

Dengan perubahan tersebut, diharapkan makin banyak pabrikan yang mau berkompetisi dalam MotoGP pada 2027 mendatang.

"Kami mencoba perubahan yang terbaik dengan pabrikan sekarang. Kami juga bertujuan untuk menarik minat pabrikan baru. Atau, mungkin mereka tertarik di masa mendatang. Sebab, jadi masuk akal dan karena mereka bisa bikin MotoGP lebih baik," ujar Ezpeleta.

Baca Juga: 7 Hal Serba Pertama dari MotoGP Spanyol 2024, Epik!

3. Regulasi soal slot motor di grid tetap

Rumor BMW Tampil di MotoGP Makin NyataFabio Quartararo berada di depan Joan Mir saat main race GP Qatar 2024. (motogp.hondaracingcorporation.com)

Terkait penambahan pabrikan, tentunya slot motor yang berada di grid akan menjadi salah satu sorotan. Sampai sekarang, Ezpeleta menyatakan sistemnya masih sama dengan dua motor satu tim di atas grid. Sebab, regulasi macam ini telah menciptakan keseimbangan dalam persaingan di lintasan.

Sementara, terkait jumlah tim satelit, Ezpeleta malah membuka hal tersebut seluas-luasnya. Sebab, keberadaan tim satelit bisa memperbesar akses komersial.

"Idenya tetap mempertahankan situasi dengan kebebasan komersial. Saya rasa tak penting di masa depan untuk melarang orang-orang lewat aturan, untuk punya empat motor, atau lainnya," kata Ezpeleta.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya