Olimpiade 2024: Au Revoir Paris, Welcome Los Angeles!

Paris 2024, terima kasih!

Intinya Sih...

  • Olimpiade 2024 Paris resmi ditutup dengan upacara meriah dan megah.
  • Tom Cruise menjadi aktor utama dalam upacara penutupan, membawa bendera Olimpiade ke Los Angeles.
  • Pertunjukkan paralel di Los Angeles menandakan kesiapan Amerika Serikat sebagai tuan rumah Olimpiade 2028.

Jakarta, IDN Times - Olimpiade 2024 Paris resmi ditutup. Pada Senin dini hari WIB (12/8/2024), pesta olahraga terbesar dunia itu sudah selesai perhelatannya.

Upacara penutupan berlangsung meriah dan megah. Sejumlah atraksi yang bikin bulu kuduk merinding, disajikan dari Stade de France. Menariknya, upacara penutupan menggabungkan unsur seni Prancis dengan kemewahan Hollywood, menandakan transisi tuan rumah dari Paris ke Los Angeles di 2028 nanti.

Baca Juga: Rizki Bawa Bendera Indonesia di Penutupan Olimpiade 2024

1. Tom Cruise tiru adegan berbahaya Mission Impossible

Tom Cruise menjadi aktor utama dalam upacara penutupan di Paris. Dia melompat dari atap Stade de France, melakoni aksi berbahaya seperti yang biasa dilakukannya dalam film ikonik, Mission Impossible.

Kemudian, Tom Cruise langsung mengambil bendera berlambang five rings, dan membawanya dengan motor. Aksinya disambut oleh sejumlah kontingen hingga penonton yang menyaksikan secara langsung di stadion.

"Misi Anda, sebaiknya Anda menerimanya. Itu adalah membawa bendera Olimpiade ke Los Angeles," tulis akun X Olimpiade, @Olympics.

2. Billie Eilish, Snoop Dogg, dan RHCP, bernyanyi dari Venice

Pertunjukkan semakin menarik, karena secara paralel pula digelar di Los Angeles. Billie Eilish, Red Hot Chili Peppers, dan Snoop Dogg, bernyanyi di depan fansnya dari Venice Beach.

Aksi mereka ditayangkan secara langsung di Stade de France pula, menjadi penanda Amerika Serikat siap menggelar Olimpiade.

3. Sejarah dua perempuan tercipta

Olimpiade 2024: Au Revoir Paris, Welcome Los Angeles!Proses penyerahan bendera dari Paris 2024 ke Los Angeles 2028 (x @Olympics)

Sejarah juga tercipta dalam penutupan Olimpiade 2024. Momen tersebut muncul ketika Wali Kota Paris, Anne Hidalgo, memberikan bendera Olimpiade ke Wali Kota Los Angeles, Karen Bass.

Ini menjadi kali pertama ketika ada dua Wali Kota wanita berada di atas satu panggung dalam upacara penutupan Olimpiade untuk memberikan bendera tuan rumah.

"Olimpiade 2024 di Paris, merayakan pesta untuk atlet dan olahraga dalam level terbaiknya," kata Presiden IOC, Thomas Bach, dalam penutupan.

Baca Juga: Amerika Serikat Juara Umum Olimpiade 2024, Indonesia di Mana?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya