Nadal Tersingkir dari Olimpiade 2024, Isyaratkan Pensiun

Rafael Nadal sadar diri sudah habis

Jakarta, IDN Times - Kembali, salah satu nama besar tersingkir di Olimpiade 2024 Paris. Petenis papan atas asal Spanyol, Rafael Nadal, dipastikan gugur usai kalah dari rivalnya atas Serbia, Novak Djokovic, dalam duel babak kedua pada Senin (29/7/2024) atau Selasa dini hari WIB.

Nadal kalah straight set dari Djokovic dengan skor yang cukup mencolok, 1-6 dan 4-6. Akhir yang buruk bagi Nadal dalam duel ke-60 kontra The Joker. Padahal, pria 38 tahun itu ingin melaju jauh di Paris dan membuktikan diri belum habis.

1. Sinyal kuat pensiun usai Olimpiade 2024

Nadal Tersingkir dari Olimpiade 2024, Isyaratkan PensiunZinedine Zidane dan Rafael Nadal berpartisipasi dalam torch relay upacara pembukaan Olimpiade 2024 Paris (X.com/Olympics)

Dengan kekalahan itu, Nadal kini memikirkan masa depannya di tenis profesional. Pria 38 tahun tersebut mengeluarkan sinyal untuk pensiun usai Olimpiade 2024.

"Ketika turnamen selesai, saya akan mengambil keputusan yang diperlukan berdasarkan perasaan dan ambisi. Sulit untuk memulihkan diri, wajar berpikir tentang pensiun. Buat banyak orang, masuk akal. Saya tersiksa selama dua tahun," ujar Nadal dilansir New York Post.

Baca Juga: Sungai Seine yang Kotor Bikin Triathlon Olimpiade 2024 Kacau

2. Sudah gak kuat secara fisik

Secara fisik, Nadal mengaku memang sudah tak mampu bersaing. Badai cedera hingga kebugaran yang menurun, membuat Nadal harus berjuang keras untuk mengejar ketertinggalannya dengan petenis lain.

"Saya merasa tak lagi kompetitif. Saya akan mengambil keputusan untuk berhenti. Saya cuma mencoba menjadi yang terbaik setiap harinya, mau menikmati hal favorit dalam hidup," kata peraih emas Olimpiade 2008 tersebut.

3. Padahal, The Joker juga tua

Nadal Tersingkir dari Olimpiade 2024, Isyaratkan PensiunPetenis dunia asal Serbia, Novak Djokovic. (twitter.com/DjokerNole)

Ketika melawan Djokovic, Nadal bahkan kesulitan mengejarnya. Padahal, usia Djokovic tak beda jauh dengannya, 37 tahun. Namun, konsistensi Djokovic membuat Nadal kesulitan.

"Saya tahu punya peluang mengimbanginya. Saya tak bisa sampai ke level yang dibutuhkan untuk menyulitkannya," kata Nadal.

Baca Juga: Rafael Nadal Soal Lawan Djokovic: Senang Lawan Rival Besar Saya

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya