Kronologi Kevin Sanjaya Mundur dari Pelatnas dan Pensiun

Kevin ternyata sudah punya keputusan sejak Februari 2024

Jakarta, IDN Times - Kevin Sanjaya Sukamuljo akhirnya secara resmi mundur dari Pelatnas PBSI Cipayung. Mundurnya Kevin tentu menjadi momentum berakhirnya era Duo Minions karena Marcus Fernaldi Gideon sudah lebih dulu mundur.

PBSI secara resmi mengumumkan mundurnya Kevin pada Kamis (16/5/2024). Sebenarnya, Kevin sudah menghilang dari Pelatnas PBSI sejak awal 2024. Ketika liburan berakhir, para pebulu tangkis nasional sudah kembali. Tapi, Kevin gak kunjung muncul.

Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PBSI, Ricky Soebagja, menyatakan sebenarnya sudah ada diskusi dengan Kevin per 6 April 2024. Saat itu, keputusan sudah keluar dan Kevin menyatakan mundur dari Pelatnas Cipayung.

Namun, Kevin mengaku butuh waktu untuk keputusannya diumumkan ke media. Hal tersebut disetujui oleh PBSI.

"Kemarin sore, Kevin bilang silakan untuk disampaikan karena sudah menjadi keputusan. Kami juga fokus ke Thomas dan Uber Cup terlebih dulu, makanya baru diumumkan Kevin pamit dari Pelatnas," ujar Ricky di Pelatnas Cipayung, Kamis (16/5/2024).

Selang beberapa jam, Kevin akhirnya buka suara. Dia menyatakan tak cuma mundur dari Pelatnas. Tapi, Kevin juga memutuskan pensiun.

Cedera bahu, tumbangnya Marcus hingga akhirnya pensiun, hingga tertutupnya kesempatan untuk mendapat tujuan, menjadi alasan mengapa Kevin pensiun begitu dini. Berbeda dengan pernyataan PBSI yang menjelaskan keputusan muncul di 6 April, Kevin ternyata sudah mengambil sikap pada akhir Februari 2024.

Saat itu, diakuinya, dia sudah matang untuk memutuskan pensiun dari dunia bulu tangkis. Hal tersebut muncul setelah dia melakoni diskusi dengan berbagai pihak, termasuk keluarga.

"Karena saya bermain badminton bukan untuk menjadi penggembira, melainkan ingin memiliki tujuan yang jelas. Beberapa bulan menunggu, akhirnya saya mendapatkan jawaban di pertengahan Januari 2024. Namun, jawaban yang diberikan tidak sesuai harapan dan saya tidak mendapatkan kesempatan untuk memiliki tujuan yang jelas. Akhirnya saya, di akhir bulan Febuari, memutuskan untuk berhenti dari dunia badminton," kata Kevin.

Baca Juga: Sederet Alasan Kevin Sanjaya Pensiun dari Bulu Tangkis

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya