Klasemen Medali Olimpiade 2024: Indonesia Lampaui Israel

Indonesia ada di bawah Filipina

Jakarta, IDN Times - Indonesia akhirnya berhasil mengakhiri penantian meraih emas di Olimpiade 2024 Paris. Sepanjang Kamis (8/8/2024) hingga Jumat dini hari WIB, Pasukan Merah Putih langsung menyabet dua medali emas.

Pemanjat Indonesia, Veddriq Leonardo, yang pertama kali menyumbang emas. Veddriq berhasil meraih emas lewat nomor speed climbing usai mengalahkan pemanjat asal China, Wu Peng, dalam duel final yang digelar di Le Bourget Climbing Venue, Paris pada Kamis (8/8/2024). Dalam momen itu, Veddriq berhasil unggul 0,02 detik atas Wu Peng.

Keberhasilan Veddriq disusul oleh lifter Indonesia, Rizki Juniansyah. Menjadi favorit di kelas 73 kilogram, Rizki berhasil menjawab tantangan.

Dia mencatatkan total angkatan 354kilogram, dengan rincian 155 snatch dan 199 clean & jerk. Jumlah tersebut tak bisa dikejar para pesaingnya.

Torehan dua emas, dilengkapi satu perunggu, ini membuat Indonesia naik ke peringkat 28 klasemen sementara perolehan medali Olimpiade 2024. Posisi Indonesia ada di bawah Filipina yang meraih dua emas dan dua perunggu. Tapi, Indonesia unggul atas Israel yang meraih satu emas, empat perak, dan satu perunggu.

Sementara, Amerika Serikat masih nyaman di posisi puncak klasemen sementara perolehan medali Olimpiade 2024. Kontingen Negeri Paman Sam menyabet 30 emas, 38 perak, dan 35 perunggu. China menguntit dengan catatan 29 emas, 25 perak, dan 19 perunggu.

Baca Juga: Kritik Hura-Hura Yayuk Basuki dan Kesulitan FPTI di Olimpiade 2024

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya