Jersey Indonesia Karya Didit Prabowo dalam Balutan Lagu Ibu Sud

Jersey Indonesia terinspirasi dari lagu

Jakarta, IDN Times - Desainer Indonesia, Didit Hediprasetyo, buka-bukaan soal inspirasinya saat mengerjakan proyek untuk Tim Indonesia di Olimpiade 2024 Paris. Salah satu lagu kenegaraan, ternyata memantik kreativitas Didit ketika sedang mengerjakannya.

Ketika sedang mencari ide, Didit mengaku terinspirasi dengan lagu Berkibarlah Benderaku karangan Ibu Sud atau Sarijah. Lagu yang diciptakan pada 1947 jelang Agresi Militer Belanda I tersebut, telah memancing kreativitas Didit.

1. Sempat riset

Jersey Indonesia Karya Didit Prabowo dalam Balutan Lagu Ibu SudJersey Tim Indonesia di Olimpiade 2024 (IDN Times/Satria Permana)

Lewat lagu tersebut, Didit mulai mendapatkan ide untuk merancang jersey Indonesia. Dia akhirnya menuangkan kreativitasnya di atas bahan jersey.

"Saya melakukan riset, akhirnya memutuskan untuk mendengarkan lagu, Berkibarlah Benderaku," ujar Didit dalam Reveal Jersey Merah Putih di bilangan Jakarta Selatan, Kamis (4/7/2024).

Baca Juga: Indonesia Apik di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia, Marselino: Why Not?

https://www.youtube.com/embed/Mt3CFXv8W6w

2. Dari dekat, kelihatan banget

Jersey Indonesia Karya Didit Prabowo dalam Balutan Lagu Ibu SudJersey Tim Indonesia di Olimpiade 2024 (IDN Times/Satria Permana)

Desain jersey Tim Indonesia yang dirilis memang di luar dugaan dan terbilang begitu impresif. Masih memakai apparel China, Li Ning, desain jersey ini begitu berkelas.

Motif merah-putih dengan gradasi jelas dan tegas, membuat dimensi jersey ini begitu indah. Gradasi merah ke level lebih tua inilah yang menjadi gambaran inspirasi bendera Merah Putih sedang berkibar. Terlihat, dari gradasi itu, ada lekukan seperti bendera yang sedang berkibar.

Tak cuma corak merah-putih, ada juga jersey dengan dominan warna hitam. Untuk versi yang satu ini, terbilang gagah.

Sementara, track suit untuk Tim Indonesia juga didesain oleh Didit. Tetap, hitam menjadi warna dominan dan secara bahan, track suit untuk Tim Indonesia begitu stretch dan terlihat nyaman dipakai.

3. Didit jadi sponsornya

Jersey Indonesia Karya Didit Prabowo dalam Balutan Lagu Ibu SudJersey Tim Indonesia di Olimpiade 2024 Paris (Dokumentasi Komite Olimpiade Indonesia)

Jersey Tim Indonesia didesain oleh Didit secara cuma-cuma. Dia juga menggelontorkan dana dalam prosesi reveal yang tak biasa.

Reveal yang dilakukan bukan berupa fashion show konsepnya, melainkan pameran. Tak cuma jersey yang dipigura, namun juga ada foto-foto atlet beserta figur publik yang menggunakannya. Selain itu, ada juga ornamen bernuansa etnik dengan nuansa Merah-Putih, yang dipajang.

"Inilah cara yang bisa saya lakukan, untuk berkontribusi terhadap olahraga Indonesia," kata Didit.

Baca Juga: Desain Keren Jersey Indonesia Buat Olimpiade 2024

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya