Balapan Time Attack Terbesar Indonesia Digelar di Mandalika

Baru pertama digelar di Mandalika

Jakarta, IDN Times - Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika menegaskan diri sebagai surganya otomotif di Indonesia. Pada 28 April hingga 1 Mei 2024 nanti, mereka akan menggelar balapan time attack terbesar di Indonesia, Japanese Domestic Market (JDM) Funday, untuk pertama kalinya. 

Mandalika menjadi lokasi kedua dari JDM Funday, setelah sukses digelar di Sirkuit Internasional Sentul, enam tahun yang lalu. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama antara JDM Run, ITDC dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA). 

Baca Juga: Porsche Masih Tertarik untuk Ambil Bagian di Formula 1 

1. Dibagi dalam kelas dan kelompok

Balapan Time Attack Terbesar Indonesia Digelar di MandalikaTime attack JDM Funday akan dihelat di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika Dok Injourney)

Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika dipilih sebagai uji coba bagi JDM Run. Pihak yang terlibat ingin melihat bagaimana atmosfer balapan selama digelar di sana.

Nantinya, ada 85 mobil Jepang ddngan performa tinggi dari seluruh Indonesia bersaing dalam format time attack. Setiap peserta juga dikelompokkan berdasarkan tingkat pengalaman dalam berkendara dan jenis kendaraan yang digunakan. 

Ada tiga kategori balapan yang didasari atas pengalaman, yaitu non-experienced, experienced, dan pro. Sedangkan, untuk kendaraan, akan dibagi menjadi tiga kelas, yaitu standard, street, dan race.

2. Balapan akan ketat

Balapan Time Attack Terbesar Indonesia Digelar di Mandalikailustrasi sirkuit mandalika (dok.ANTARA)

Pembagian kelas dan kelompok diharapkan bisa meningkatkan kualitas kompetisi. Dengan begitu pula, kemampuan setiap pembalap diharapkan bisa meningkat, termasuk mereka yang minim pengalaman saat adu cepat di sirkuit.

"Melalui pembagian kelas tersebut, setiap peserta diharapkan dapat merasakan keseruan yang sama walau kemampuan dan spesifikasi kendaraan berbeda-beda. Sebab, pada hakikatnya masing-masing peserta akan berjuang untuk menorehkan catatan waktu terbaik sendiri (personal best lap)," kata Ketua Pelaksana JDM Funday Mandalika 2024, Yahya Adi Nugroho.

3. Pertegas status Mandalika

Balapan Time Attack Terbesar Indonesia Digelar di MandalikaSirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, Maya Watono, berharap acara ini akan memperkuat posisi Mandalika sebagai sport and entertainment tourism.

"Sejauh ini, Mandalika biasanya hanya dipakai untuk ajang balap motor. Event ini sebagai langkah kami dalam mempersiapkan Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika untuk balapan roda empat, setelah Porsche juga pernah berlaga di sini melalui ajang Porsche Sprint Challenge," ujarnya.

Sementara Direktur Operasi ITDC, Troy Warokka mengungkapkan, ITDC mendukung penuh semua program aktivasi olahraga otomotif di sirkuit Pertamina Mandalika karena akan memberikan dampak positif untuk ekonomi NTB utamanya sektor pariwisata. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian BUMN, InJourney Group, MGPA, Ikatan Motor Indonesia, Pemerintah Daerah serta para stakeholders lainnya atas dukungan serta kepercayaan mereka terhadap terselenggaranya JDM Funday Mandalika pada 28 April hingga 1 Mei 2024  mendatang," kata Troy Warokka.

Baca Juga: 7 Sirkuit MotoGP Terbaik di Asia, Ada Mandalika lho!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya