Balap Perahu Tradisional Ramaikan Aquabike Jetski World Championship

Balap Solu Bolon merupakan tradisi warga sekitar Danau Toba

Jakarta, IDN Times - Balapan dayung perahu tradisional, Solu Bolon, bakal meramaikan Aquabike Jetski World Championship Danau Toba, 22 hingga 26 November 2023. Balapan ini diklaim menjadi yang terbesar dan diselenggarakan di kawasan Waterfront City, Pangururan, Samosir pada 24 November 2023.

Nantinya, balapan ini diramaikan tim dari delapan kabupaten yang ada di Danau Toba. Mereka nantinya memperebutkan piala bergilir Danau Toba dan hadiah dengan total Rp250 juta. Tak cuma itu, suporter terbaik juga akan mendapat hadiah sebesar Rp10 juta.

"Balap Solu Bolon akan menjadi warna tersendiri dalam memeriahkan ajang Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba," ujar Direktur Pemasaran dan Program Pariwisaya InJourney, Maya Watono, dalam keterangannya, Jumat (17/11/2023).

Baca Juga: Aquabike Jetski World Championship, Bukti Indonesia Kian Dipercaya

1. Aquabike Jetski World Championship jadi pesta rakyat

Balap Perahu Tradisional Ramaikan Aquabike Jetski World Championship(Ilustrasi) Peserta Solu Bolon beradu cepat di Danau Toba, Selasa (10/12). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Digelarnya balap dayung Solu Bolon menjadi tanda, Aquabike Jetski World Championship memang menjadi pesta rakyat. Sebab, Solu Bolon merupakan perahu tradisional yang sudah lama beroperasi di sekitar Danau Toba dan lekat dengan rakyat.

"Balapan ini akan menjadi bagian dari Pesta Rakyat yang meriah dan bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat yang hadir di Danau Toba," kata Maya.

2. Berharap tradisi Danau Toba makin dikenal

Balap Perahu Tradisional Ramaikan Aquabike Jetski World ChampionshipPeserta Solu Bolon beradu cepat di Danau Toba, Selasa (10/12). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Dengan digelarnya balap dayung Solu Bolon, Pj Gubernur Sumatra Utara, Hassanudin, berharap Aquabike Jetski World Championship bisa menarik lebih banyak pengunjung. Sebab, Solu Bolon merupakan bagian dari tradisi masyarakat di sekitar Danau Toba.

"Kami optimis Pesta Rakyat yang diselenggarakan dalam rangka Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba benar-benar bisa menjadi pesta yang dinikmati oleh para pengunjung dan juga masyarakat sekitarnya serta memberikan multiplier effect yang luas bagi Provinsi Sumatera Utara," ujar Hassanudin.

3. Momen lestarikan dan promosi budaya

Balap Perahu Tradisional Ramaikan Aquabike Jetski World ChampionshipPeserta Solu Bolon beradu cepat di Danau Toba, Selasa (10/12). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Solu Bolon merupakan perahu tradisional penghubung antar-kampung di sekitar Danau Toba dan menjadi salah satu tradisi Sumatera Utara. Solu Bolon merupakan kapal besar yang dulunya hanya dimiliki oleh orang-orang berstatus sebagai raja dan memiliki pengaruh besar terhadap masyarakat di sebuah desa kawasan Danau Toba.

"Balapan ini juga jadi upaya melestarikan tradisi masyarakat sekitar Danau Toba dan mengenalkannya ke dunia internasional. Dengan begitu, akan semakin banyak wisatawan yang tertarik untuk datang ke kawasan Danau Toba," kata Maya.

Baca Juga: Aquabike Jetski World Championship: Pesta 5 Hari Beruntun

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya