Balap Perahu Tradisional Pesta Rakyat Toba Perebutkan Rp250 Juta

Demi ramaikan Aquabike Jetski World Championship

Jakarta, IDN Times - Balap perahu tradisional Solu Bolon bakal digelar jelang Aquabike World Championship 2023 pada Jumat (24/11/2023) di Samosir Waterfront Pangururan. Dalam ajang bertajuk Pesta Rakyat Toba, 22 hingga 26 November 2023, balapan tersebut bakal memperebutkan total hadiah sebesar Rp250 juta.

Tim-tim dari delapan kabupaten di sekitar Toba bakal bersaing. Selain memperebutkan hadiah ratusan juta, pemenang nantinya juga berkesempatan beradu cepat dengan tim selebritis. 

"Solu Bolon yang merupakan tradisi masyarakat Sumatera Utara dihadirkan sebagai daya tarik pengunjung Pesta Rakyat Danau Toba. Kami berharap warga dapat menikmati pertunjukan musik dan juga kemeriahan kompetisi Solu Bolon. Dengan demikian, Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba menjadi lebih istimewa karena adanya side event yang menampilkan berbagai pertunjukan seni dan budaya yang mengusung kearifan lokal," kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono.

Baca Juga: Jelang Perhelatan Aquabike, Hotel di Tongging Penuh Hari Ini

1. Balapan dijamin lancar

Balap Perahu Tradisional Pesta Rakyat Toba Perebutkan Rp250 JutaGelaran Aquabike di Lithuania. (Photo: Arek Rejs)

Balapan Aquabike Jetski World Championship dijamin berjalan lancar. Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, memastikan lintasan lomba Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba aman dari tanaman eceng gondok. Diprediksi, acara akan terlaksana dengan baik.

"Sejauh ini, kondisinya bersih dan aman, tidak akan mengganggu jalannya lomba," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) Kabupaten Samosir Edison Pasaribu, Selasa (21/11/2023).

2. Ada 10 rider Indonesia yang tampil

Balap Perahu Tradisional Pesta Rakyat Toba Perebutkan Rp250 JutaGelaran Aquabike di Lithuania. (Photo: Arek Rejs)

Aquabike Jetski World Championship 2023 digelar di empat kabupaten di Sumatera Utara, yaitu Toba, Karo, Dairi, dan Samosir. Acara itu merupakan kejuaraan olahraga air internasional kedua yang digelar di Danau Toba pada tahun ini.

Sebanyak 128 pembalap dari 22 negara yang berpartisipasi dalam ajang ini. Kemudian,  ada 10 rider dari Indonesia nantinya juga akan tampil lewat jalur wild card.

Baca Juga: Trek Aquabike Jetski World Championship Bebas Eceng Gondok

3. Danau Toba pusat watersport Indonesia

Balap Perahu Tradisional Pesta Rakyat Toba Perebutkan Rp250 JutaAquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba pada 22-26 November 2023 akan dimeriahkan dengan Pesta Rakyat. (Dok. InJourney)

Sebagai danau vulkanik terbesar di dunia, Danau Toba memang diproyeksikan sebagai salah satu pusat olahraga air Indonesia. F1 Powerboat (F1H2O) sudah digelar di sini, dan menyusul Aquabike Jetski World Championship.

Kesuksesan F1H2O diharapkan bisa diikuti penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship. Terlebih, ini merupakan balapan motor air kelas dunia pertama yang digelar di Indonesia.

"Kami berharap Pesta Rakyat dan juga event Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba bisa terselenggara dengan baik, sehingga bisa mengangkat citra Danau Toba sebagai destinasi pariwisata water sport," kata Maya.

 

 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya