Amerika Serikat Juara Umum Olimpiade 2024, Indonesia di Mana?

Indonesia ungguli Israel di klasemen akhir

Intinya Sih...

  • Amerika Serikat juara umum Olimpiade 2024 Paris dengan total 126 medali, termasuk 40 emas, 44 perak, dan 42 perunggu.
  • Atletik menjadi cabang olahraga paling banyak sumbang medali bagi Amerika dengan total 34 medali, termasuk 14 emas.
  • Indonesia finis di peringkat 39 klasemen akhir, unggul atas Israel yang finis di posisi 41 dengan koleksi satu emas, lima perak, dan satu perunggu.

Jakarta, IDN Times -  Amerika Serikat memastikan diri menjadi juara umum Olimpiade 2024 Paris. Mereka mampu menguasai klasemen akhir perolehan medali di Olimpiade edisi kali ini.

Secara total, Negeri Paman Sam mengoleksi 126 medali. Mereka berhak atas posisi puncak dengan catatan 40 keping emas, 44 perak, dan 42 perunggu.

Sebenarnya, catatan emas Amerika sama dengan China. Namun, mereka unggul dalam urusan jumlah total medali. China yang berada di posisi kedua meraih 91 medali, dengan 40 emas dilengkapi 27 perak, dan 24 perunggu.

1. Panen di atletik

Amerika Serikat Juara Umum Olimpiade 2024, Indonesia di Mana?Noah Lyles, atlet lari Amerika Serikat (instagram.com/nojo18)

Atletik menjadi cabang olahraga paling banyak sumbang medali buat Amerika. Sebanyak 14 keping medali emas Amerika lahir dari mother of sports ini.

Secara keseluruhan pula, Amerika meraih medali paling banyak lewat atletik, 34. Selain 14 emas, ada 11 perak dan sembilan perunggu yang disabet Amerika lewat cabor ini.

Baca Juga: Stephen Curry Bawa AS Raih Emas Olimpiade 2024

2. Jepang masuk tiga besar

Amerika Serikat Juara Umum Olimpiade 2024, Indonesia di Mana?medali Olimpiade 2024, Paris. (olympics.com)

Selain China yang ada di belakang Amerika, Jepang juga finis pada posisi tiga klasemen akhir medali Olimpiade 2024. Mereka mengungguli Australia, yang ada di posisi keempat, dengan koleksi 20 keping emas, 12 perak, dan 13 perunggu.

Tuan rumah, Prancis, hanya duduk di posisi lima dengan koleksi 16 emas, 26 perak, dan 22 perunggu. Total, Prancis mengoleksi 64 keping medali dalam Olimpiade edisi kali ini.

Baca Juga: Nurul Akmal Tutup Perjuangan Indonesia di Olimpiade 2024

3. Indonesia lewati Israel

Amerika Serikat Juara Umum Olimpiade 2024, Indonesia di Mana?Atlet panjat tebing putra Indonesia, Veddriq Leonardo di podium speed putra usai memenangkan medali emas di Olimpiade 2024 Paris (dok.NOC Indonesia/Naif Muhammad Al’as/Canon Indonesia)

Indonesia yang sempat ada di posisi 30 besar harus finis lebih rendah. Dalam klasemen akhir, Pasukan Merah Putih finis di peringkat 39.

Sebanyak tiga medali dibawa pulang Kontingen Indonesia. Ada dua emas yang dipersembahkan Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah. Sementara, satu lainnya merupakan perunggu milik Gregoria Mariska Tunjung.

Posisi Indonesia lebih baik ketimbang Israel. Indonesia unggul atas Israel yang finis di posisi 41 dengan koleksi satu emas, lima perak, dan satu perunggu.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya