Yamaha dan Ducati di Tes MotoGP Misano, tapi Usung Misi Berbeda

Yamaha dan Ducati mengembangkan hal yang berbeda

Jakarta, IDN Times - Sama seperti pabrikan-pabrikan lainnya, Ducati juga melakoni tes MotoGP di Sirkuit Misano, selepas GP San Marino. Namun, ada satu deklarasi yang diungkapkan oleh pabrikan asal Italia tersebut.

Deklarasi ini diujarkan salah satu pembalap mereka yang tengah naik daun, Francesco Bagnaia. Menurut pembalap asal Italia itu, Ducati sedang mengembangkan area yang berbeda jauh dengan Yamaha di tes MotoGP ini.

"Ya, kami bekerja di area yang benar-benar berbeda dengan Yamaha. Kami sedang mencari cara agar tetap cepat di tikungan, serta memiliki motor yang benar-benar bisa terus melaju konsisten sampai akhir balapan," ujar Bagnaia dilansir Crash.

1. Ducati mengalami perkembangan signifikan

Yamaha dan Ducati di Tes MotoGP Misano, tapi Usung Misi BerbedaSpoiler untuk mengalirkan angin ke bagian belakang ban pada Ducati Desmosedici. (motogp.com)

Bagnaia mengungkapkan, musim ini Ducati mengalami perkembangan yang signifikan. Dalam tes yang dilakukan di Misano, top speed Ducati memang memiliki berkurang. Namun, di tikungan, Ducati jadi lebih cepat.

"Kami melakukan pekerjaan yang bagus. Dibandingkan musim lalu, top speed kami memang berkurang. Namun, di tikungan, kami jadi lebih cepat. Memang, itu yang ingin kami kejar sekarang," ujar Bagnaia.

Baca Juga: Francesco Bagnaia Cetak Sejarah di MotoGP, Quattrick Bersama Ducati

2. Bagnaia jabarkan beda cara pikir Yamaha dan Ducati

Yamaha dan Ducati di Tes MotoGP Misano, tapi Usung Misi BerbedaSuzuki di antara Yamaha dan Ducati di sirkuit MotoGP. (motogp.com)

Bagnaia mengungkapkan, ada cara pikir yang berbeda antara Yamaha dan Ducati di tes MotoGP Misano ini. Ketika Ducati mengurangi top speed mereka, agar bisa lebih cepat di tikungan, Yamaha melakukan hal yang berbeda.

Di tes MotoGP Misano ini, Yamaha bekerja dengan cara berbeda. Mereka malah mencari top speed, dengan mengorbankan stabilitas dan kelincahan yang selama ini jadi andalan mereka. Menurut Bagnaia, inilah beda cara pikir Ducati dan Yamaha.

"Jadi, mereka (Yamaha) bekerja dengan cara yang berbeda dibandingkan kami. Mereka ingin meningkatkan top speed mereka, tetapi mungkin mereka harus mengorbankan stabilitas dan kelincahan mereka. Itu bedanya," ujar Bagnaia.

3. Yamaha tengah mencoba mesin baru di Misano

Yamaha dan Ducati di Tes MotoGP Misano, tapi Usung Misi BerbedaFabio Quartararo saat tes pramusim di Mandalika. (motogp.com)

Di tes MotoGP Misano ini, Yamaha sudah memperkenalkan mesin baru yang akan mereka pakai untuk musim 2023 mendatang. Fabio Quartararo mengaku puas akan hal ini, karena setidaknya ada yang sedang Yamaha lakukan.

"Saya senang, kehadiran mesin baru ini setidaknya jadi tanda kami siap untuk maju. Ini tentu sesuatu yang positif, apalagi kami juga masih punya banyak waktu untuk menyambut musim depan," ujar Quartararo.

Ducati dan Yamaha memang tengah bersaing di MotoGP 2022. Quartararo masih jadi pemuncak klasemen sementara pembalap. Namun mereka harus waspada, karena Bagnaia masih menguntit di posisi kedua.

Baca Juga: Marc Marquez Unjuk Gigi dalam Tes MotoGP di Misano

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya