UFC Berminat Gelar Duel di Indonesia Arena

Pembicaraan sudah dilakukan dengan UFC

Jakarta, IDN Times - Franchise mixed martial arts terbesar dunia, Ultimate Fighting Championship, digadang-gadang bakal menggelar duel di Indonesia. Wacana ini mengemuka setelah Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, berhasil menggelar Piala Dunia Basket 2023.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, menyatakan sempat jumpa dengan Senior Vice President UFC, Kevin Chang, dan Vice President Operations UFC, Leanne Chu. Mereka menonton langsung Piala Dunia Basket 2023.

"Ini pertama kali, dari UFC Global datang dan mempertimbangkan Indonesia sebagai negara tempat untuk menyelenggarakan eventnya. Rencananya digelar di 2024," ujar Dito di Kemenpora.

1. Indonesia sudah koordinasi dengan UFC

UFC Berminat Gelar Duel di Indonesia ArenaJuara kelas ringan UFC, Islam Makhachev, usai mengalahkan Charles Oliveira di UFC 280 Dubai (Dokumentasi UFC)

Dito mengaku, pihaknya mewakili Indonesia sudah melakukan koordinasi agar UFC bisa dihelat di Tanah Air. Dia mengupayakan agar ajang tersebut bisa digelar pada Januari 2024. Namun, UFC keberatan dengan jadwal itu.

"Kalau kemarin sih, saya minta sebelum Pemilu. Tapi, menurut mereka biasanya satu tahun persiapan. Jadi, sebenarnya di September (2024). Saya minta ke mereka, kalau bisa lebih cepat, lebih baik," ujar Dito.

Baca Juga: Indonesia Arena, Rumah bagi Latvia di Piala Dunia Basket 2023

2. Indonesia Arena sudah kebanjiran tawaran ajang olahraga

UFC Berminat Gelar Duel di Indonesia ArenaSuasana Indoor Multifunction Stadium GBK. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Dito menyatakan Indonesia Arena sudah kebanjiran banyak tawaran ajang olahraga. Ada futsal dan bulu tangkis yang sudah menanti, ditambah Piala Dunia Voli Wanita pada 2025 mendatang.

"Iya (Indonesia Arena banyak tawaran ajang olahraga). Ada futsal dan bulu tangkis juga. Banyak lah, pokoknya," ujar Dito.

3. Indonesia Arena lebih bagus untuk acara olahraga

UFC Berminat Gelar Duel di Indonesia ArenaSuasana Indoor Multifunction Stadium GBK. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Presiden Joko 'Jokowi' Widodo menyatakan Indonesia Arena nantinya bisa digunakan untuk ajang olahraga dan konser. Namun, secara pribadi, dia lebih senang venue Piala Dunia Basket 2023 ini digunakan untuk acara olahraga.

"Jadi Indonesia Arena ini bisa dipakai untuk berbagai acara olahraga dan konser. Tapi saya lebih senang dipakai untuk acara olahraga, tapi konser penting karena saya juga senang," ujar Jokowi dalam acara peresmian pada 7 Agustus 2023 lalu.

Baca Juga: Legenda UFC Bikin Lawan Pingsan saat Berkelahi di Jalan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya