UFC Bakal Digelar di Indonesia Tahun Depan

UFC Fight Night harusnya dihelat 2024

Intinya Sih...

  • UFC akan menggelar Fight Night Series di Indonesia Arena, Senayan pada 2025.
  • Penyelenggaraan UFC Fight Night yang seharusnya pada 2024 tertunda karena Pemilihan Kepala Daerah serentak di Indonesia.
  • Direktur LPDUK optimistis akan adanya petarung Indonesia yang berpartisipasi dalam UFC Fight Night 2025.

Jakarta, IDN Times - Ultimate Fighting Championship akhirnya bisa digelar di Indonesia. Rencananya, pada 2025, UFC akan menggelar Fight Night Series di Indonesia Arena, Senayan.

Sebenarnya, UFC sudah direncanakan untuk digelar pada tahun ini. Namun, penyelenggaraannya harus tertunda.

"Insya Allah tahun depan dan rencananya akan dilakukan di Indonesia Arena. Kita punya indoor stadium terbesar. Jadi, kita harus menunjukkan mampu membuat event besar di tempat itu," kata Direktur LPDUK, Ferry Kono di Jakarta, Rabu (21/8/2024).

1. Sempat berencana digelar akhir 2024

UFC Bakal Digelar di Indonesia Tahun DepanLPDUK Kemenpora siap hidupkan industri olahraga nasional. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Sebenarnya, UFC Fight Night rencananya digelar pada 2024, bersamaan dengan tur UFC ke kawasan Asia di waktu yang sama. Namun, karena Indonesia akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, duel MMA terbesar dunia ini harus ditunda.

"UFC itu, sebenarnya kami maunya tuh, akhir tahun ini ya. Tapi, kita tahu agenda politik akhir tahun ini cukup besar. Sehingga, mungkin ada penundaan secara waktu karena UFC punya kalender tetap," kata Ferry.

Baca Juga: Rehat Sejenak, Jeka Saragih Curhat Soal Persaingan di UFC

2. Rencananya ada petarung Indonesia yang berpartisipasi

UFC Bakal Digelar di Indonesia Tahun DepanAtlet UFC, Jeka Saragih (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Ferry optimistis, dalam UFC Fight Night 2025 nanti akan ada petarung Indonesia yang berpartisipasi. Apalagi, Indonesia juga memiliki petarung MMA yang sekarang sudah mentas di UFC, Jeka Saragih.

"Insya Allah lah kalau itu kan kami harapannya hari ini sudah ada petarung Indonesia yang main di UFC. Apakah nanti dia eligible untuk main di Fight Night itu nanti kita lihat," kata Ferry.

3. Sebenarnya sudah direncanakan sejak 2023

UFC Bakal Digelar di Indonesia Tahun DepanBelal Muhammad, petarung Palestina pertama yang juara UFC (UFC.com)

UFC Fight Night di Indonesia Arena sebenarnya sudah direncanakan oleh Menpora Dito Ariotedjo sejak akhir 2023. Di sela Piala Dunia Basket 2023, Dito berjumpa dengan Senior Vice President UFC, Kevin Chang.

"Ini pertama kali dari UFC Global itu datang ke Indonesia dan mempertimbangkan Indonesia sebagai negara tempat mereka menyelenggarakan eventnya. Dan ini rencana di 2024," ungkap Dito kala itu.

Baca Juga: Ada Peran Indonesia Bantu Petarung Palestina Juara UFC

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya