Timnas MMA Indonesia Raih Perunggu Kejuaraan Dunia di Yunani

Timnas MMA Indonesia raih prestasi di Eropa

Jakarta, IDN Times - Kabar gembira datang dari Timnas Mixed Martial Art (MMA) Indonesia U-18 naungan Pertacami (Persatuan Tarung Campuran Indonesia). Mereka menyabet perunggu di Kejuaraan Dunia MMA U-18 di Yunani, 29-30 September 2023.

Medali perunggu dipersembahkan Surya Sihotang (17 tahun) pada kategori 56kg /17th. Dia mengalahkan petarung asal Spanyol, Ruiz Eidan, dengan kemenangan tap out lewat kuncian armbar.

1. Wakil Indonesia sempat kalah di semifinal

Timnas MMA Indonesia Raih Perunggu Kejuaraan Dunia di YunaniAtlet MMA U-18 Indonesia Surya Sihotang meraih medali perunggu kejuaraan dunia MMA di Yunani. (Dok Pertacami)

Keberhasilan Indonesia meraih perunggu ini membayar kegagalan di semifinal. Di babak tersebut, Surya menyerah dari wakil Amerika Serikat, Riggs Dalton, yang mengandaskan petarung asal Ukraina.

Petarung Pertacami lainnya, Lintang Satya Putra (14 tahun) harus mengakui lawannya Yashchuk Yehor dari Ukraina dengan kemenangan angka tipis di ronde ketiga (1-2), pada kategori 63kg.

Sementara itu, Rizky (15 tahun) yang turun di kelas 49kg, harus menyerah di babak awal dari petarung Kazakhstan, Okas Zhan, dengan kekalahan tap out lewat triangle choke.

Atlet paling muda, Jibril Al Dhirgam (12 tahun), juga menyerah dari petarung Amerika Serikat, Jaski Landon, lewat kuncian armbar pada kategori 43kg.

Baca Juga: Kisah Ham Seo Hee, Dari Wajib Militer Hingga jadi Legenda MMA Korea

2. Ketua Pertacami beri apresiasi

Timnas MMA Indonesia Raih Perunggu Kejuaraan Dunia di YunaniAtlet MMA U-18 Indonesia Surya Sihotang meraih medali perunggu kejuaraan dunia MMA di Yunani. (Dok Pertacami)

Ketua Pertacami, Tommy Paulus Hermawan, memberi apresiasi terhadap daya juang para anak-anak asuhnya di ajang tersebut. Dia juga salut melihat anak-anak remaja sudah memiliki pemikiran untuk mengharumkan nama Indonesia.

"Saya bangga, anak kecil belasan tahun tapi sudah tahu bagaimana ingin berjuang mengharumkan Indonesia. Terima kasih untuk semuanya yang sudah berjuang, selamat bagi Surya Sihotang yang mempersembahkan medali perunggu," ujar Tommy dalam keterangan resminya.

3. Indonesia akan lebih sering berpartisipasi di ajang dunia

Timnas MMA Indonesia Raih Perunggu Kejuaraan Dunia di YunaniTimnas MMA Indonesia di Kejuaraan Asia 2023. (Dok. Pertacami)

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pertacami, Peter Taslim, merasa bangga dengan perjuangan para atlet muda MMA Indonesia kali ini. Dia berjanji, ke depannya Timnas MMA, termasuk U-18, akan lebih sering ikut di kejuaraan dunia.

"Ke depannya, Timnas MMA U-18 akan lebih sering berpartisipasi di Kejuaraan Dunia U-18 ini demi memupuk generasi atlet-atlet muda sejak awal, agar fondasi atlet junior kita lebih kuat dan berpengalaman," ujar Peter.

Baca Juga: Timnas MMA Indonesia Sabet Perak dan Perunggu di Kejuaraan Asia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya