Timnas Indonesia Terhenti di Babak 16 Besar Asian Games 2022

Gawang Indonesia akhirnya jebol di menit 92

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-24 tumbang dalam laga 16 besar Asian Games 2022. Melawan Uzbekistan di Shangcheng Sports Centre Stadium, Kamis (28/9/2023) sore WIB, skuad Garuda Muda kalah 0-2 lewat babak perpanjangan waktu.

Gol-gol di laga ini dicetak oleh Sherzod Esanov (92', 120+1') untuk Uzbekistan. Kekalahan ini membuat tradisi buruk Indonesia di Asian Games sejak 2014 tetap bertahan, yakni terhenti di babak 16 besar.

Di awal-awal babak pertama, Indonesia dan Uzbekistan sama-sama bermain hati-hati. Mereka tidak buru-buru melepaskan tekanan, meski beberapa kali Uzbekistan sempat menciptakan ancaman di lini pertahanan Indonesia.

Namun, seiring laga berjalan, Indonesia dilanda kesulitan. Uzbekistan menerapkan pressing yang ketat, bahkan sejak para pemain Garuda Muda menguasai bola di daerah sendiri. Hal itu membuat Indonesia sulit mengembangkan permainan.

Ketika akan mengalirkan bola ke depan, bola-bola Indonesia acap terpotong bahkan di area tengah. Sulitnya Indonesia membangun permainan ini diperburuk oleh pergerakan para pemain Garuda Muda yang pasif.

Beruntung bagi Indonesia, Uzbekistan juga tidak klinis-klinis amat. Meski mampu menerapkan pressing yang apik, penyelesaian peluang mereka tidak terlalu bagus. Kebanyakan, bola yang mereka lepaskan melebar dari gawang.

Indonesia sempat menghadirkan ancaman di menit-menit akhir babak pertama. Pergerakan aktif Ramadhan Sananta mulai direspons para pemain tengah dan winger. Sayang, hal ini belum terkoneksi dengan baik.

Situasi ini terus berlangsung di sisa waktu babak pertama. Alhasil, hingga babak pertama tuntas, skor 0-0 untuk kedua tim tidak berubah dan tetap bertahan.

Situasi tidak jauh berbeda terjadi di babak kedua. Uzbekistan masih dengan tekanan agresif mereka yang menyulitkan Indonesia. Akan tetapi, seiring berjalannya babak kedua, skuad Garuda Muda tidak lagi bermain pasif.

Merespons tekanan aktif Uzbekistan, mereka mulai berani menekan balik Uzbekistan. Hal itu membuat laga tampak lebih berimbang, kendati pada akhirnya, Uzbekistan pun memutuskan mengambil alih kendali bola. Indonesia lebih banyak bertahan.

Untuk meningkatkan intensitas permainan, Indonesia memasukkan Ananda Raehan dan Robi Darwis. Di sisi lain, Uzbekistan memasukkan Alisher Odilov agar sisi sayap menjadi lebih hidup.

Seiring babak kedua berjalan, Uzbekistan dibuat kelimpungan oleh kuatnya pertahanan Indonesia. Berbagai upaya mereka lakukan untuk membongkar pertahanan skuad Garuda Muda, tetapi semua usaha itu gagal membuahkan hasil.

Di sisi lain, Uzbekistan pun tidak kebobolan lantaran serangan-serangan balik Indonesia tidak sebegitu tajam. Jarang sekali pemain Indonesia memasuki kotak penalti. Alhasil, situasi laga pun tampak seperti berimbang.

Situasi ini terus berlangsung hingga akhir babak kedua. Skor 0-0 bertahan sampai babak kedua tuntas, dan membuat laga berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Di babak pertama perpanjangan waktu, gawang Indonesia akhirnya jebol. Pada menit 92, Sherzod Esanov yang baru masuk berhasil membobol gawang Indonesia lewat sontekannya. Skor berubah 1-0 dan bertahan sampai babak usai.

Di babak kedua perpanjangan waktu, Indonesia sempat menyamakan kedudukan lewat sundulan Sananta pada menit 110. Akan tetapi, gol dianulir karena Sananta berada dalam posisi offside. Situasi juga makin sulit tatkala Hugo dapat kartu merah.

Jelang laga tuntas, Esanov kembali membobol gawang Indonesia, tepatnya pada menit 120+1. Skor 2-0 untuk Uzbekistan tetap bertahan, sekaligus membuat langkah Timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2022 terhenti.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-24 Incar Podium di Asian Games 2022

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya