Timnas Basket Terancam Tanpa Naturalisasi di Asian Games

Pemain naturalisasi Indonesia tak memenuhi syarat

Jakarta, IDN Times - Timnas Basket Indonesia terancam tanpa pemain naturalisasi di Asian Games 2022, Hangzhou. Hal itu seiring dengan Anthony Beane Junior yang tidak memenuhi syarat untuk tampil di ajang tersebut.

Timnas Basket sudah memanggil 20 pemain untuk melakoni pemusatan latihan jelang Asian Games 2022. Dari ke-20 nama itu, hanya Beane yang berstatus naturalisasi. Sisanya adalah pemain lokal.

Kini, dengan potensi absennya Beane, Timnas Basket berpeluang tampil penuh dengan pemain lokal saat Asian Games 2022 nanti. Bagaimana sikap tim terkait ini?

1. Konfirmasi ke LOC Asian Games

Timnas Basket Terancam Tanpa Naturalisasi di Asian GamesPemain Indonesia di Pertandingan Basket FIBA Asia Cup 2022 (IDN Times / Tata Firza)

Manajer Timnas Basket, Jeremy Santoso, menegaskan pihaknya akan menanyakan lebih lanjut ke panitia lokal soal pemain naturalisasi. Sebab, ada perbedaan antara aturan naturalisasi di SEA Games dan Asian Games.

Dalam Asian Games 2022, setiap tim hanya boleh menggunakan satu pemain naturalisasi. Tidak cuma itu, sang pemain juga harus memiliki paspor negara yang jadi tujuan naturalisasi minimal tiga tahun. Nah, Beane baru dapat paspor Indonesia pada Maret 2023.

"Kami sebenarnya sedang menanyakan aturan tersebut ke Hangzhou Asian Games Organizing Committee. Sebab, sebenarnya di technical handbook tidak tertulis. Aturan itu adanya di OCA," ujar Jeremy kepada awak media.

Baca Juga: Profil Stadion Lotus Hangzhou, Lokasi Pembukaan Asian Games 2022

2. Beane tetap diusahakan bisa main di Asian Games

Timnas Basket Terancam Tanpa Naturalisasi di Asian GamesTimnas Basket Indonesia di prakualifikasi Olimpiade 2024. (dok. Perbasi)

Terlepas dari adanya syarat yang tidak terpenuhi ini, Jeremy masih mengusahakan agar Beane bisa mentas di Asian Games 2022. Jika itu ditolak, dia memastikan Timnas Basket tanpa naturalisasi, sebab hanya Beane yang disiapkan.

"Jadi, rencananya kalau Beane tidak bisa main, kami akan mengganti roster saat technical meeting dengan siapa pun yang kami pilih. Kan ini belum pemilihan 12 pemain. Siapa pun yang dipilih akan berangkat langsung ke China," kata Jeremy.

3. Timnas Basket targetkan masuk delapan besar

Timnas Basket Terancam Tanpa Naturalisasi di Asian GamesTimnas Basket Indonesia di prakualifikasi Olimpiade 2024. (dok. Perbasi)

Timnas Basket mematok target yang tidak main-main di Asian Games 2022. Skuad asuhan Milos Pejic itu ditargetkan menembus perempat final. Namun, perjalanan mereka diprediksi tak akan berjalan mudah.

Sebab, Timnas Basket Indonesia satu grup dengan Jepang, Korea Selatan, dan Qatar, di Asian Games 2022 nanti. Namun, optimisme tetap diusung oleh Yudha Saputera dan kolega, berbekal hasil pada 2018 silam di ajang yang sama.

Baca Juga: Profil Hangzhou, Kota Tua China yang Jadi Tuan Rumah Asian Games 2022

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya