Spanyol Lolos ke Babak Kedua Piala Dunia Basket 2023

Spanyol menang lawan Brasil

Jakarta, IDN Times - Spanyol meraih kemenangan dalam laga kedua fase grup Piala Dunia Basket 2023. Bersua Brasil di Indonesia Arena, Senin (28/8/2023) malam WIB, Juancho Hernangomez dan kolega menang dengan skor 96-78.

Buntut dari hasil ini, Spanyol pun memastikan langkah ke babak kedua Piala Dunia Basket 2023. Sedangkan Brasil, mereka harus mengadu nasib dengan Pantai Gading di laga pamungkas grup nanti.

1. Brasil dan Spanyol bersaing ketat di paruh pertama

Spanyol Lolos ke Babak Kedua Piala Dunia Basket 2023Brasil lawan Spanyol di Piala Dunia Basket 2023. (Dok. FIBA)

Sejak awal kuarter, Brasil dan Spanyol saling kejar-kejaran angka. Status keduanya sebagai unggulan Grup G menjadikan permainan berjalan ketat sejak awal laga. Brasil bahkan sempat mengejutkan Spanyol beberapa kali.

Performa apik dari Bruno Caboclo menopang Brasil di kuarter pertama. Namun, Spanyol tidak tinggal diam. Dengan permainan yang lebih kolektif, mereka berusaha mengatasi permainan Brasil. Kuarter pertama berakhir 22-21 untuk Brasil.

Memasuki kuarter kedua, Spanyol mulai menggeliat. Kolektivitas yang sudah terbentuk di akhir kuarter pertama mereka kuatkan lagi. Tim tidak bertumpu pada satu atau dua pemain. Hampir semua pemain Spanyol bisa mencetak poin.

Ditambah lagi, Spanyol mampu melakukan defense apik, disertai aliran bola yang lebih berjalan. Inside dan outside mereka begitu hidup, sehingga poin demi poin mereka dapat. Skor 50-42 untuk Spanyol menutup kuarter kedua.

Baca Juga: Latvia dan Kanada Lolos ke Babak Kedua Piala Dunia Basket 2023!

2. Paruh kedua yang masih panas

Spanyol Lolos ke Babak Kedua Piala Dunia Basket 2023Brasil lawan Spanyol di Piala Dunia Basket 2023. (Dok. FIBA)

Memasuki kuarter ketiga atau paruh kedua, laga masih berjalan panas. Kini, Brasil tidak cuma mengandalkan Caboclo semata untuk mencetak poin. Ada Yago Santos yang juga menjadi pendulang poin bagi Brasil.

Akan tetapi, Spanyol mampu merespons dengan baik. Meski sempat gagal mendapat poin karena beberapa pelanggaran, mereka akhirnya mampu mencetak poin-poin krusial di akhir kuarter ketiga. Skor 64-59 tertera untuk keunggulan Spanyol.

Memasuki kuarter pamungkas, Spanyol masih dominan. Mereka jadi lebih klinis dalam menyelesaikan peluang dibandingkan Brasil, yang agak terburu-buru. Willy Hernangomez dan Juan Nunez masih jadi penyumbang pundi-pundi poin.

Alhasil, di sisa kuarter keempat ini, keunggulan masih jadi milik Spanyol. Keunggulan itu pun bertahan sampai kuarter keempat tuntas, dengan skor 96-78.

3. Spanyol susul Kanada dan Latvia

Spanyol Lolos ke Babak Kedua Piala Dunia Basket 2023Brasil lawan Spanyol di Piala Dunia Basket 2023. (Dok. FIBA)

Buah dari kemenangan ini, Spanyol pun menyusul Latvia dan Kanada, yang sudah memastikan tempat di babak kedua Piala Dunia Basket 2023. Kini, Spanyol tinggal menanti siapa rekan mereka dari Grup G.

Spanyol sendiri masih akan melakoni laga fase grup terakhir Piala Dunia Basket 2023 pada Rabu (30/8/2023). Sudah ada Iran yang menanti mereka, tim yang telah dua kali kalah di ajang ini.

Baca Juga: Dillon Brooks: Fans di Indonesia Arena Kebanyakan Nonton NBA

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya