Sirkuit SG 1973  Jadi Venue UCI MTB World Championship 2023

UCI MTB World Championship 2023 digelar di SG 1973

Jakarta, IDN Times - Palangka Raya memiliki trek sepeda yang baru. Trek itulah yang juga akan menjadi venue dari UCI MTB World Championship 2023. Nama treknya adalah Sirkuit SG 1973.

Peresmian sirkuit ini diadakan pada Sabtu (11/11/2023) sore WIB. Sirkuit ini berada tepat di depan Stadion Tuah Pahoe, yang merupakan markas dari klub Liga 2, Kalteng Putra.

"Saya mewakili Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan Sirkuit SG 1973, yang akan menjadi venue utama MTB World Championship 2023," kata Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo, Sabtu (11/11).

1. Dapat pujian dari UCI

Sirkuit SG 1973  Jadi Venue UCI MTB World Championship 2023CEO UCI bersama para pembalap yang mentas di MTB World Championship. (Dok. Istimewa)

Sirkuit ini rupanya juga menuai pujian dari CEO UCI sekaligus CEO City Mountain Bike, Kristof Bruyneel. Dia menyatakan sirkuit ini merupakan salah satu terbaik di dunia.

"Apresiasi kami untuk pihak yang membangun sirkuit ini. Agus (Tipan) yang kembali membangun sirkuit luar biasa untuk keduanya kalinya di sini dalam dua tahun terakhir. Timnya mampu merealisasikan keinginan kami soal sirkuit ini," ujar Bruyneel.

Baca Juga: Palangka Raya Sambut UCI MTB World Championship 2023

2. UCI senang bisa menggelar ajang besar lagi di Palangka Raya

Sirkuit SG 1973  Jadi Venue UCI MTB World Championship 2023Trek UCI MTB World Championship 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Bruyneel senang UCI bisa menggelar ajang besar lagi di Palangka Raya. Menurutnya, UCI MTB World Championship 2023 akan jadi ajang penting bagi dunia sepeda Palangka Raya, Kalimantan Tengah, bahkan Indonesia.

"Senang sekali bisa kembali ke sini untuk menggelar Piala Dunia, gelaran tahun ini benar-benar berbeda dengan yang lalu, gengsinya lebih besar. Ada sekitar 59 negara yang turut serta dalam ajang ini, dan tentu akan penting bagi Palangkaraya dan Kalimantan Tengah," ujar Bruyneel.

3. Optimistis UCI MTB World Championship 2023 berjalan sukses

Sirkuit SG 1973  Jadi Venue UCI MTB World Championship 2023Para peserta UCI MTB World Championship 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Edy optimistis UCI MTB World Championship 2023 berjalan sukses. Dia memprediksi turnamen ini bakal lebih seru ketimbang Piala Dunia tahun lalu, karena Sirkuit SG 1973 memiliki banyak rintangan dan hambatan tersendiri.

"Ini yang kedua kali dilaksanakan ya. UCI MTB World Championship 2023 bentuk kepercayaan dunia, memberikan kesempatan kepada Indonesia khususnya Provinsi Kalimantan Tengah menjadi tuan rumah untuk pertandingan balap sepeda gunung," ujar Edy.

UCI MTB World Championship sudah diselenggarakan di Palangka Raya pada 2022. Tahun lalu, pembalap Prancis, Quentin Schrotzenberger, menjadi pemenang dalam kategori Men Elite. Lalu kategori Women Elite berhasil menjadi yang tercepat adalah pembalap asal Jerman, Marion Fromberger.

Baca Juga: Bernard van Aet Kandas di Kualifikasi UCI Track Nations Cup 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya