Satria Muda Menang Atas Pelita Jaya di Gim 1 Final IBL 2024

Satria Muda memiliki sosok Reynaldo Zamora

Jakarta, IDN Times - Satria Muda Jakarta meraih kemenangan dalam gim pertama laga final IBL 2024. Bersua Pelita Jaya Jakarta di Britama Arena, Kamis (1/8/2024) malam, Arki Wisnu dan kawan-kawan menang 84-71.

Di kuarter pertama, Pelita Jaya tampil lebih dominan. Mengakali Satria Muda yang memang kuat di bawah ring, dengan center-center tinggi yang mereka miliki, Pelita Jaya lebih banyak melesakkan tembakan tiga angka. Upaya ini membuahkan hasil.

Beberapa kali, Justin Brownlee mampu melepaskan tembakan-tembakan tiga poin tepat sasaran, ditopang juga performa apik dari Anthony Beane Jr., serta Agassi Goantara. Di sisi lain, Satria Muda kesulitan mengejar Pelita Jaya.

Serangan-serangan mereka acap terhenti oleh para pemain Pelita Jaya di bawah ring. Tidak cuma itu, tembakan-tembakan mereka juga acap tidak masuk keranjang, termasuk tembakan tiga angka. Kuarter pertama berakhir 21-15 untuk Pelita Jaya.

Memasuki kuarter kedua, Satria Muda coba tampil menggebrak. Mereka memperbaiki tembakan-tembakan mereka, dan berusaha untuk memenangi setiap pertarungan di bawah ring. Mereka mencoba menambah variasi serangan.

Usaha Satria Muda ini berhasil. Pelita Jaya agak sedikit tertekan dan mereka terpaksa untuk bertahan. Tidak cuma itu, Pelita Jaya juga mulai kesulitan menambah angka. Salah satu faktor kebangkitan Satria Muda ini adalah hadirnya Artem Pustovyi.

Dengan badannya yang menjulang tinggi, Pustovyi mampu memenangi setiap rebound, baik itu ofensif maupun defensif. Ditambah lagi, Satria Muda juga bermain dengan simpel dan taktis. Alhasil, kuarter kedua berakhir 39-38 untuk Satria Muda.

Masuk kuarter ketiga, laga semakin ketat. Satria Muda masih memeragakan permainan yang taktis. Mereka memang masih kerap kecurian poin oleh kemampuan individu Pelita Jaya, tetapi mereka solid dan efektif saat menyerang.

Satria Muda memiliki sosok Reynaldo Zamora yang terus memberi teror bagi lini pertahanan Pelita Jaya. Hingga kuarter ketiga ini, dia sudah mencetak 21 poin dan tujuh rebound. Dia ditopang oleh Pustovyi, Elgin Cook, dan Abraham Damar yang ciamik.

Alhasil, kuarter ketiga berakhir untuk keunggulan Satria Muda dengan skor 62-57. Pelita Jaya apik secara individu, tetapi mereka belum rapi sebagai tim. Itulah yang membedakan mereka dengan Satria Muda sejauh ini.

Memasuki kuarter keempat, Satria Muda semakin solid. Mereka hampir memenangi setiap aspek di laga ini, mulai dari tembakan dan rebound atas Pelita Jaya. Kuasa laga berada di tangan mereka di awal-awal, dan bertahan hingga pertengahan kuarter.

Benar-benar efektif permainan yang diperagakan Satria Muda. Zamora benar-benar jadi motor permainan Satria Muda di laga ini. Selain mencetak poin, dia juga menopang permainan tim lewat assist-assist-nya yang ciamik.

Situasi ini terus bertahan hingga kuarter keempat tuntas. Satria Muda pun menang 84-71 atas Pelita Jaya di gim pertama final IBL 2024 ini, sekaligus jadi awal yang bagus bagi tim asuhan Youbel Sondakh itu di final ini.

Baca Juga: Pelita Jaya Siap Akhiri Kutukan di Final IBL 2024

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya