Saat Warga Indonesia Ciptakan Anthem untuk Asian Para Games

Orang Indonesia itu bernama Natalia Tjahja

Jakarta, IDN Times - Ada yang berbeda dalam Asian Para Games 2022 di Hangzhou, China. Ternyata, ajang ini memiliki sebuah anthem yang diciptakan oleh warga Indonesia bernama Natalia Tjahja.

Sosok yang juga merupakan Founder Yayasan Maria Monique Foundation ini pun membagikan cerita di balik penciptaan anthem untuk Asian Para Games. Tidak cuma itu, anthem ini juga akhirnya diperuntukkan bagi Komite Paralimpiade Asia (APC).

Baca Juga: 3 Atlet Para-Panahan Indonesia Lolos ke Paralimpiade 2024 

1. Keinginan untuk meninggalkan warisan di Paralimpiade Asia

Saat Warga Indonesia Ciptakan Anthem untuk Asian Para GamesPodium blind judo nomor J1 women 48kg di Asian Para Games 2022 Hangzhou (dok. NPC Indonesia)

Natalia mengaku menciptakan anthem untuk APC dan Asian Para Games didorong keinginan meninggalkan warisan di dunia Paralimpiade Asia. Ia pun tak ingin mengambil royalti untuk lagu itu.

"Saya ingin membuat legacy (warisan) untuk Asian Paralympic, sesuai kehendak Tuhan. Tentunya tanpa dibayar, bahkan royalti-nya pun saya berikan kepada APC (Komite Paralimpiade Asia)," ujar Natalia kepada para awak media di China.

Baca Juga: Suparni Yati Sumbang Medali Perak di Asian Para Games 2022

2. Tak menyangka lagunya diputar saat pembukaan Asian Para Games 2022

Saat Warga Indonesia Ciptakan Anthem untuk Asian Para GamesKontingen Indonesia untuk Asian Para Games 2022 Hangzhou (dok. NPC Indonesia)

Natalia tidak menyangka, lagu ciptaan ini diputar di acara pembukaan Asian Para Games. Lagu yang dia gubah bersama musisi Indonesia Dwiki Dharmawan itu bahkan diputar bersama lagu nasional China dan lagu tema Asian Para Games 2022.

"Saya menyaksikan dengan mata saya sendiri, bagaimana lagu ini di-launching. Diiringi oleh para juara dunia China membawa bendera Asian Paralympic Comittee, hingga menaikkan bendera tersebut setinggi bendera China," ujar Natalia.

Baca Juga: Ujian Tim Panahan Indonesia di Asian Para Games 2023: Teror Angin

3. APC sambut apik anthem ini

Saat Warga Indonesia Ciptakan Anthem untuk Asian Para GamesKontingen Indonesia untuk Asian Para Games 2022 Hangzhou (dok. NPC Indonesia)

Presiden APC Majid Rashed mengatakan, senang akhirnya ada lagu baru yang bisa dipakai di setiap Asian Para Games. Dia merujuk pada lagu gubahan Natalia ini.

"Asian Para Games merupakan ajang para olahraga setelah Paralimpiade, dan sudah sepantasnya punya anthem tersendiri. Pembukaan Asian Para Games 2022 pun lebih emosional dengan adanya lagu baru ini," ujar Rashed.

Lebih lanjut, Natalia berharap lagu gubahannya ini bisa menjaga nilai persatuan dan kedamaian di Asia. Pencipta lagu 'The Greatest Love of ASPF' di ASEAN Para Games 2023 itu juga ingin, Asian Para Games 2022 jadi momen bahagia.

"Saya berharap, dengan lagu ciptaan saya ini, para atlet merasakan kebahagiaan dan rasa persaudaraan yang tinggi di Asian Para Games 2022 ini," kata Natalia.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya