Rizki Bawa Bendera Indonesia di Penutupan Olimpiade 2024

Rizki Juniansyah bawa bendera Merah Putih

Intinya Sih...

  • Rizki Juniansyah bawa bendera Merah Putih dalam penutupan Olimpiade 2024 di Stade de France.
  • Rizki menyumbang satu dari dua medali emas Indonesia, dan memecahkan rekor angkatan clean and jerk.
  • Selain Rizki, emas lain disumbangkan Veddriq Leonardo, menjaga tradisi emas Indonesia di Olimpiade.

Jakarta, IDN Times - Rizki Juniansyah mendapatkan sebuah kehormatan di upacara penutupan Olimpiade 2024. Lifter asal Banten itu jadi pembawa bendera Indonesia di acara tersebut.

Upacara penutupan Olimpiade 2024 dihelat di Stade de France, Senin (12/8/2024) dini hari WIB. Rizki bergabung bersama dengan atlet-atlet dari negara lain yang juga membawa bendera negara masing-masing.

1. Rizki memang ciamik di Olimpiade 2024

Rizki Bawa Bendera Indonesia di Penutupan Olimpiade 2024Atlet angkat besi Indonesia, Rizki Juniansyah meraih medali emas dari Olimpiade 2024 Paris (dok.NOC Indonesia/Naif Muhammad Al’as/Canon Indonesia)

Rizki jadi salah satu atlet Indonesia yang menonjol di Olimpiade 2024. Dia menyumbang satu dari dua medali emas yang didapatkan kontingen Merah Putih.

Emas itu didapat Rizki dari cabang olahraga (cabor) angkat besi kelas 73 kg. Dia mengalahkan Weeraphon Wichuma (Thailand) dan Bozhidar Andreev (Bulgaria).

Selain meraih emas, Rizki memecahkan rekor angkatan clean and jerk di Olimpiade 2024, usai mengangkat beban 199 kg. Dia juga jadi atlet angkat besi Indonesia pertama yang meraih emas di Olimpiade.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Emas Veddriq dan Rizki di Olimpiade 2024

2. Emas lainnya disumbangkan Veddriq Leonardo

Rizki Bawa Bendera Indonesia di Penutupan Olimpiade 2024Atlet panjat tebing putra Indonesia, Veddriq Leonardo di podium speed putra usai memenangkan medali emas di Olimpiade 2024 Paris (dok.NOC Indonesia/Naif Muhammad Al’as/Canon Indonesia)

Selain Rizki, satu emas Indonesia lain di Olimpiade 2024 ini disumbangkan Veddriq Leonardo. Pria kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat, itu mengalahkan wakil China, Wu Peng, di final cabang olahraga (cabor) panjat tebing nomor speed putra.

Sama seperti Rizki, Veddriq juga menorehkan rekor sebagai peraih emas pertama dari panjat tebing untuk Indonesia. Berkat mereka, tradisi emas Indonesia di Olimpiade terjaga.

"Closing ceremony ini menjadi sangat menegsankan karena pertama, atlet yang mendapatkan medali emas ikut satu defile. Ini spesial bagi mereka bisa tampil di defile dengan bermodalkan medali emas yang diraih di Olimpiade Paris 2024," kata Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia, Anindya Bakrie, dalam keterangannya.

3. Indonesia akhiri Olimpiade di peringkat 39

Rizki Bawa Bendera Indonesia di Penutupan Olimpiade 2024Kepulangan wakil Indonesia dari Olimpiade 2024. (Dok. Aice)

Indonesia mengakhiri Olimpiade 2024 di peringkat 39, dengan capaian dua emas dan satu perunggu. Untuk perunggu sendiri disumbangkan Gregoria Mariska Tunjung dari cabang olahraga (cabor) bulu tangkis.

Torehan ini jadi sebuah peningkatan tersendiri bagi Indonesia, setelah finis ke-55 d Tokyo 2020. Ini juga jadi kali pertama Merah Putih finis di peringkat 40 besar Olimpiade, setelah terakhir melakukannya di Beijing 2008.

Baca Juga: Amerika Serikat Juara Umum Olimpiade 2024, Indonesia di Mana?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya