PBSI Tidak Yakin Bulu Tangkis Dapat Emas di Olimpiade 2024

PBSI hanya bisa bersiap saja

Jakarta, IDN Times - Keraguan-raguan tampak dalam ucapan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBSI Fadil Imran saat mengumumkan target bulu tangkis Indonesia di Olimpiade 2024. Dia menyebut, Merah Putih siap meraih medali.

"Berbicara target tentu kita ingin berusaha sebaik-baiknya sesuai dengan harapan Indonesia. kalau anda tanya target pasti akan diusahakan yang terbaik. Intinya bagaimana kita dapat medali, tetapi tentu kita berupaya dapat emas," ujar Fadil di Cipayung, Kamis (11/7/2024).

Baca Juga: NOC Semangati PBSI: Ayo Bikin Negara Bangkrut di Olimpiade

1. PBSI sudah berikhtiar yang terbaik

PBSI Tidak Yakin Bulu Tangkis Dapat Emas di Olimpiade 2024Tim bulu tangkis Indonesia di Olimpiade 2024. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Fadil mengungkapkan, PBSI sudah berikhtiar agar para atlet bisa meraih medali di Olimpiade 2024, tak terkecuali medali emas. Kini, dia hanya berharap tradisi medali itu bisa dipertahankan.

"Ikhtiar sudah dilakukan, doa sudah dilakukan, saya berharap akan ada hasil yang sesuai harapan. Minimal tradisi mendapatkan medali bisa dipertahankan," ujar Fadil.

Baca Juga: PBSI Minta BWF Kaji Ulang Aturan Usai Insiden Zhang Zhi Jie

2. Tidak berharap penghargaan berlebih juga

PBSI Tidak Yakin Bulu Tangkis Dapat Emas di Olimpiade 2024PBSI gelar doa bersama jelang Olimpiade 2024. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Fadil menjelaskan atlet bulu tangkis Indonesia tidak berharap lebih untuk penghargaan. Paling penting, para atlet ini siap menjadi bagian dari sejarah bangsa Indonesia ke depannya.

"Kalau untuk penghargaan, tentunya anak-anak ini tidak berharap apa-apa. mereka ingin jadi pahlawan dan bagian dari sejarah bangsa ini. Itu sudah lebih dari apapun. Jadi kami tidak ingin materialistis," ujar Fadil.

Baca Juga: Menpora Dito Belum Berani Ungkap Target Olimpiade Paris 2024

3. Tradisi berat yang harus dipertahankan

PBSI Tidak Yakin Bulu Tangkis Dapat Emas di Olimpiade 2024Greysia Polii/Apriyani Rahayu (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Selama berlaga di Olimpiade sejak 1992, bulu tangkis Indonesia selalu menorehkan prestasi ciamik. Bahkan, tepok bulu Indonesia acap meraih emas di salah satu nomor yang dipertandingkan.

Total, Indonesia masuk peringkat dua setelah China, sebagai negara yang tim bulu tangkisnya paling sukses di Olimpiade dengan total raihan delapan medali. Akankah tradisi itu berlanjut di Olimpiade 2024 ini?

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya