Para Jurnalis Jadi Fans Latvia di Piala Dunia Basket 2023

Latvia menggaet fans baru di Piala Dunia Basket 2023

Jakarta, IDN Times - Tim Latvia benar-benar sukses mencuri hati masyarakat Indonesia di Piala Dunia Basket 2023. Hal itu juga berlaku bagi para jurnalis asal tanah air yang meliput ajang ini.

Sesekali, setiap Latvia mentas di Indonesia Arena, kerap terdengar suara dukungan dari tribune media. Selain dari jurnalis asal Latvia, dukungan ini ternyata hadir dari para jurnalis asal Indonesia.

1. Kenapa akhirnya Latvia dicintai?

Para Jurnalis Jadi Fans Latvia di Piala Dunia Basket 2023Latvia di Piala Dunia Basket 2023. (Dok. FIBA)

Salah satu jurnalis asal Indonesia, Khoirul Huda, mengaku punya alasan tersendiri kenapa dia mendukung Latvia. Semua karena fans Latvia, yang pada akhirnya sukses menghidupkan atmosfer Indonesia Arena.

"Jadi saya terbawa suasana dan sangat senang melihat Latvia bermain. Untuk itu saya memilih untuk selalu menonton dan mendukung mereka ketika tampil di Indonesia Arena," ujar Huda saat ditemui IDN Times pada Jumat, 9 Agustus 2023.

Selain itu, Huda juga kepincut dengan permainan Latvia. Menurutnya, Davis Bertans dan kolega memiliki pertahanan yang apik. Hal itu jadi momok tersendiri bagi lawan-lawan Latvia.

"Permainan Latvia selalu bagus di babak pertama. Tapi kadang mereka lengah di awal kuarter ketiga. Tapi pertahanan mereka kuat banget dan itu dibuktikan saat lawan Spanyol. Saya paling suka lihat Davis Bertans, tembakan tiga angkanya keren," kata Huda.

Baca Juga: Perjalanan Epik Timnas Latvia di FIBA World Cup 2023

2. Luca Banchi senang dengan dukungan yang ada

Para Jurnalis Jadi Fans Latvia di Piala Dunia Basket 2023Latvia di Piala Dunia Basket 2023. (Dok. FIBA)

Pelatih Latvia, Luca Banchi, mengakui senang dengan dukungan yang diberikan oleh para fans Indonesia ini. Dengan dukungan yang lebih besar, hal itu jadi pemicu semangat bagi anak-anak asuhnya dalam melakoni setiap laga.

"Senang rasanya makin banyak orang mendukung kami. Saya juga senang akhirnya masyarakat Indonesia bisa menonton permainan basket level tinggi di Piala Dunia Basket 2023 ini. Semoga makin banyak orang mendukung kami," ujar Banchi.

3. Harapan Latvia tembus semifinal

Para Jurnalis Jadi Fans Latvia di Piala Dunia Basket 2023Latvia lawan Spanyol di Piala Dunia Basket 2023. (Dok. FIBA)

Latvia sendiri memulai babak kedua grup Piala Dunia Basket 2023 dengan hasil apik. Menghadapi Spanyol, mereka membukukan kemenangan dengan skor 74-69. Huda pun optimstis, Bertans dan kolega tembus perempat final, bahkan masuk semifinal.

"Saya pikir Latvia bisa masuk ke perempat final. Bukan tidak mungkin mereka bisa masuk ke semifinal karena mereka juga sudah mengalahkan tim-tim kuat seperti Prancis dan Spanyol sejauh ini di Piala Dunia Basket 2023," kata Huda.

Baca Juga: Latvia Bekuk Juara Bertahan Piala Dunia Basket

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya