Mencari Atlet Putri Potensial di Audisi Umum Djarum 2024

Atlet putri jadi pekerjaan rumah tersendiri

Jakarta, IDN Times - Audisi Umum Djarum 2024 menyajikan sebuah pekerjaan rumah tersendiri bagi para tim pencari bakat. Ada satu area yang benar-benar harus mereka perhatikan, yakni area atlet putri.

Hal itu diakui Koordinator Tim Pencari Bakat Atlet Putri, Yuni Kartika. Dia mengungkapkan, regenerasi atlet di sektor putri menjadi sesuatu yang cukup krusial untuk saat ini.

"Menjadi PR kita bersama untuk menemukan atlet putri potensial yang mampu mengharumkan namun bangsa di panggung dunia," kata Yuni dalam sesi jumpa pers pada Rabu (11/9/2024).

 

1. Atlet putri masih belum berbicara banyak

Mencari Atlet Putri Potensial di Audisi Umum Djarum 2024Gregoria Mariska Tunjung Meraih Medali Perunggu di Olimpiade Paris (x.com/tempodotco)

Yuni mengungkapkan, torehan prestasi atlet-atlet putri Indonesia di kancah bulu tangkis internasional saat ini belum maksimal. Alhasil, dalam Audisi Umum Djarum 2024 ini, dia berharap bisa menemukan bibit berkualitas yang bisa ditempa.

"Kami melihat di sektor putri ini jenjang kualitasnya harus dinaikkan di setiap kelompok umur di ajang nasional. Secara nasional sebenarnya PB Djarum lumayan bagus, tetapi secara internasional belum. Perlu ditingkatkan lagi," kata Yuni.

Baca Juga: Sebanyak 1.966 Atlet Ikuti Audisi Umum Djarum 2024 di Kudus

2. Tidak ada selisih jauh antara peserta putra dan putri

Mencari Atlet Putri Potensial di Audisi Umum Djarum 2024Jumpa pers Audisi Umum PB Djarum 2024. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Yuni mengungkapkan, saat ini tak ada selisih jauh antara peserta putra dan putri yang mengikuti Audisi Umum Djarum 2024. Hal ini patut disyukuri, sekaligus menandakan meningkatnya lagi minat di kategori atlet putri.

"Cuma di audisi ini lebih menggembirakan bagi putri. Karena tentu secara jumlah ini rekor, tetapi secara pembagian putra dan putri kali ini tidak jomplang sekali, tidak terlalu parah. Tidak sampai dua atau tiga kali lipatnya," kata Yuni.

3. Seperti apa kriteria atlet yang dicari?

Mencari Atlet Putri Potensial di Audisi Umum Djarum 2024Suasana Audisi Umum Djarum 2024. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Untuk kriteria sendiri, Yuni mengungkapkan ada beberapa aspek yang dia cari dari para peserta putri di audisi kali ini. Selain teknik, tim pencari bakat putri juga menilai mental dan juga bakat yang dimiliki oleh para peserta.

"Pada Audisi Umum Djarum 2024 kami menilai peserta berdasarkan bakat, footwork, pukulan, kecerdikan ketika bertanding hingga perjuangan mereka. Seluruh elemen tersebut menjadi paket komplit yang harus dimiliki,” beber Yuni.

Baca Juga: Banjir Prestasi, Kevin Sanjaya Masuk Hall of Fame PB Djarum

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya