Marquez Menangi MotoGP San Marino, Jorge Martin Blunder

Marquez kembali meraih kemenangan

Jakarta, IDN Times - MotoGP San Marino 2024 tuntas terlaksana pada Minggu (8/9/2024) malam WIB. Marc Marquez kembali keluar sebagai pemenang, mengungguli Francesco Bagnaia. Jorge Martin justru melakukan blunder.

Balapan yang berlangsung di Sirkuit Misano ini berlangsung panas sejak awal. Sempat tidak masuk tiga besar, Marquez mampu melesat dan mengungguli Bagnaia serta Martin.

1. Mulai bergerak saat lap ke-10

Marquez Menangi MotoGP San Marino, Jorge Martin BlunderFabio Quartararo berada di depan Franco Morbidelli saat sprint race GP Catalunya 2024. (yamahamotogp.com)

Pergerakan Marquez di MotoGP San Marino 2024 ini mulai terlihat pada lap ke-10. Manuvernya sangat ciamik dan dia mampu menyalip Bagnaia yang sempat memimpin balapan. Masuk lap ke-15, Marquez sudah unggul 0,05 detik atas Bagnaia.

Sejatinya, Bagnaia tidak tinggal diam dan sempat coba menyalip Marquez di tikungan ke-14. Namun, dia kalah cepat dari Marquez. Masuk lap ke-20, Marquez pun tak lagi terkejar dan berhasil mencatatkan jarak satu detik dengan Bagnaia.

Baca Juga: Bagnaia Raih Pole Position di MotoGP San Marino 2024

2. Blunder dari Jorge Martin

Marquez Menangi MotoGP San Marino, Jorge Martin BlunderJorge Martin berada di depan Francesco Bagnaia dan Marc Marquez saat sprint race GP Austria 2024. (motogp.com)

Di balapan kali ini, Jorge Martin sejatinya sempat membuntuti Bagnaia, bersama Franco Morbidelli. Usai Morbidelli terjatuh di lap ketujuh, Martin melakukan sebuah langkah yang akhirnya jadi blunder baginya.

Secara mengejutkan, pada lap ketujuh Martin masuk ke pit stop untuk mengganti motornya, karena gerimis sempat mengguyur Misano. Namun, keputusan ini berubah jadi kerugian karena tidak lama setelah dia mengganti motor, gerimis terhenti.

Martin pun jadi tertinggal jauh dari para pembalap lain yang tidak mengganti motor. Beruntung, dia tidak terjatuh dan masih bisa menyelesaikan balapan.

3. Klasemen sementara MotoGP 2024

Marquez Menangi MotoGP San Marino, Jorge Martin BlunderMarc Marquez saat menjalani pekan balap GP Austria 2024. (gresiniracing.com)

Buah dari hasil ini, Bagnaia berhasil mengurangi selisih poinnya dengan Martin menjadi tujuh saja. Bagnaia mengumpulkan 305 poin, hasil dari tambahan 20 poin menjadi runner-up di MotoGP San Marino ini.

Sementara itu, Marc Marquez tertahan di peringkat tiga dengan torehan 259 poin, di bawah Bagnaia dan Martin. Namun, kemenangan di MotoGP San Marino ini menandakan sosok asal Spanyol itu bisa jadi pesaing sengit di musim 2024 ini.

Baca Juga: Hasil Sprint Race MotoGP San Marino 2024: Jorge Martin Terdepan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya