Jelang Olimpiade 2024, Kualitas Air Sungai Seine Membaik

Sungai Seine siap digunakan di Olimpiade 2024

Jakarta, IDN Times - Presiden Komite Penyelenggara Olimpiade 2024 Paris, Tony Estanguet, memastikan kualitas air Sungai Seine baik enam hari jelang turnamen dimulai. Ada kenaikan kualitas air sungai sejak awal Juli 2024.

"Semua indikator terkait kondisi Sungai Seine menunjukkan perkembangan positif hingga hari ini (Senin (22/7/2024))," ujar Estanguet, dalam jumpa pers yang dilansir Inside The Games.

1. Upaya tanpa henti dari pemerintah Paris dan Prancis

Jelang Olimpiade 2024, Kualitas Air Sungai Seine MembaikSamsung Galaxy S24 Ultra juga akan dipasang di kompetisi cabang olahraga berlayar pada Olimpiade Paris 2024 di Sungai Seine (news.samsung.com)

Estanguet menyatakan pihaknya tak berhenti untuk memperbaiki kualitas air di Sungai Seine agar Olimpiade 2024 bisa digelar dengan aman. Sebab, tak cuma olahraga air yang akan diselenggarakan di sini, tapi juga pembukaan Olimpiade 2024 dengan defile dari 204 negara peserta.

"Kami telah menghabiskan banyak energi untuk upaya ini dalam beberapa bulan terakhir, dan tes terbaru menunjukkan semuanya positif. Kami memantau semuanya beberapa kali dalam sehari," ujar Estanguet.

Baca Juga: Kegugupan Rinov/Pitha Jelang Debut di Olimpiade 2024 Paris

2. Jadi warisan panpel Olimpiade 2024 Paris

Jelang Olimpiade 2024, Kualitas Air Sungai Seine Membaikpotret orang berenang di Sungai Seine, Paris (sorbonne-universite.fr)

Estanguet menyatakan bersihnya kualitas air Sungai Seine ini jadi warisan tersendiri dari panitia penyelenggara Olimpiade 2024 untuk Prancis. Kelak, orang-orang bisa berenang lagi di sungai ini tanpa rasa takut.

"Pada 2025, kami akan mewariskan Sungai Seine yang bersih dan orang-orang dapat berenang di beberapa bagiannya. Itu akan menjadi warisan," kata Estanguet.

3. Kualitas air Sungai Seine sempat jadi sorotan

Jelang Olimpiade 2024, Kualitas Air Sungai Seine MembaikOlimpiade Paris 2024 (olympics.com)

Kualitas air Sungai Seine ini sempat jadi sorotan. Sebab, air sungai begitu keruh, padahal diproyeksikan jadi tempat pembukaan Olimpiade 2024, sekaligus venue untuk beberapa cabang olahraga seperti renang marathon dan triathlon.

Selain kualitas air, polusi udara di Paris juga jadi perhatian khusus. Dengan tingkat polutan tinggi, ada kekhawatiran atlet bisa kesulitan menampilkan performa terbaiknya. Namun, pemerintah lokal menegaskan pihaknya bekerja keras demi bisa menetralisir kualitas udara.

Baca Juga: Defile Olimpiade 2024 Pakai Kapal, Indonesia Bareng India

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya