Ikuti Jejak FIFA, FIBA Resmikan Kantor di Indonesia

Indonesia dinilai punya potensi besar di olahraga basket

Jakarta, IDN Times - Federasi Basket Internasional (FIBA) mengikuti jejak FIFA. Mereka resmi membuka kantor di Indonesia, Selasa (17/9/2024). Kantor ini berlokasi di Lantai 3 Menara Danareksa, Jakarta Pusat.

Turut hadir dalam pembukaan ini Presiden Joko 'Jokowi' Widodo, Sekretaris Jenderal (Sekjen) FIBA Andreas Zagklis, serta FIBA Board Member Erick Thohir. Ada juga beberapa perwakilan atlet yang hadir seperti Brandon Jawato dan Dewa Ayu Made Sriartha.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, saya nyatakan Kantor FIBA di Indonesia, dibuka," kata Presiden Jokowi.

Zagklis mengaku, hadirnya kantor FIBA ini tak cuma soal warisan mereka di Indonesia selepas Piala Dunia Basket 2023. Lebih dari itu, kantor ini juga jadi sebuah kepercayaan dari FIBA ke Indonesia.

"Kantor ini bukan cuma soal warisan setelah Piala Dunia Basket 2023. Kantor ini merupakan bukti kepercayaan kami kepada Indoensia soal potensi besar yang dimiliki Indonesia di dunia basket," kata Zagklis dalam pidatonya.

Sebelumnya, soal akan dibukanya kantor FIBA di Indonesia ini sudah digemakan oleh Menpora Dito Ariotedjo pada Mei 2024 silam. Di Asia sendiri, sebelumnya FIBA telah membuka kantor di Tiongkok dan juga Singapura.

"Kami sangat senang bahwa FIBA, federasi internasional dari olahraga basket memiliki komitmen untuk berinvestasi pada ekosistem basket Indonesia dengan membuka kantor di Jakarta,” beber Dito.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya