Hajar Thailand, Timnas U-19 Jawara Piala AFF U-19 2024

Jens Raven jadi pahlawan kemenangan Timnas U-19

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-19 jadi jawara Piala AFF U-19 2024 usai menang lawan Thailand. Bertanding di Gelora Bung Tomo, Senin (29/7/2024) malam WIB, Timnas U-19 menang dengan skor 1-0.

Gol tunggal kemenangan Timnas U-19 di laga ini dicetak Jens Raven (18'). Mereka kembali merengkuh gelar Piala AFF U-19 untuk kedua kalinya.

Di awal-awal babak pertama, Indonesia selaku tuan rumah langsung menekan lini pertahanan Thailand. Mengandalkan kecepatan dari Arlyansyah Abdulmanan, Riski Afrisal, serta pergerakan aktif Jens Raven merepotkan pertahanan Thailand.

Namun, kesulitan sempat didapatkan Timnas U-19 dalam membongkar pertahanan Thailand. Ketatnya pertahanan mereka yang dikawal Pikanet Laohawiwat membuat para pemain Indonesia kesulitan membobol gawang.

Memasuki pertengahan babak pertama, Thailand mulai berani menyengat balik. Sadar ada celah di pertahanan Indonesia, mereka berusaha memanfaatkan hal tersebut. Beberapa kali, ancaman sukses mereka berikan ke gawang Indonesia.

Namun, pada akhirnya Timnas U-19 berhasil mencetak keunggulan atas Thailand. Bermula dari sepak pojok pada menit 18, Kadek Arel menyundul bola yang berubah jadi umpan untuk Jens Raven.

Pemain keturunan tersebut berhasil membelokkan bola ke gawang Thailand dengan sontekannya, dan membawa Timnas U-19 unggul 1-0 untuk sementara di laga ini. Situasi unggul menjadikan Thailand makin tersengat.

Di sisa waktu babak pertama, Thailand lebih berani menguasai bola. Berpadu dengan permutasi posisi pemain yang apik, mereka berbalik jadi lebih dominan atas Timnas U-19. Mereka memaksa para pemain Garuda Muda untuk lebih bertahan.

Sial bagi Indonesia, saat situasi sulit ini, Kafiatur harus keluar karena cedera, digantikan Toni Firmansyah. Meski begitu, Timnas U-19 tetap berusaha mencari gol kedua di tengah gempuran Thailand ini.

Sayangnya, sampai babak pertama tuntas, Timnas U-19 gagal menambah gol ke gawang Thailand. Di sisi lain, Thailand juga urung mencetak gol penyama. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia ini menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, Timnas U-19 memasukkan beberapa nama baru. Setelah memasukkan Toni di babak pertama, sekarang mereka memasukkan Figo Dennis, Meshaal Bashier, Arkhan Kaka, dan Mufdi Iskandar. Hal itu tak lepas dari beberapa nama yang cedera.

Hadirnya beberapa nama baru ini menjaga intensitas permainan Timnas U-19. Di tengah tekanan ketat yang masih dilancarkan para pemain Thailand, Indonesia tetap mampu memeragakan pertahanan baik, berpadu serangan-serangan balik ciamik.

Di pertengahan babak kedua, Thailand jadi tim yang lebih dominan. Beberapa penyegaran yang mereka lakukan sukses membuat mereka makin leluasa mengatur aliran bola. Tidak hanya itu, mereka juga lebih berani berduel.

Hal itu memberikan kesulitan tersendiri bagi pertahanan Indonesia. Selain harus membaca arah serangan Thailand, mereka juga dipusingkan dengan permainan fisik yang diperagakan para pemain Thailand.

Namun, perlu diakui pertahanan Indonesia kuat di sisa waktu babak kedua ini. Mirip seperti ketika melawan Malaysia, mereka mampu menutup ruang para pemain Thailand, sehingga mereka kesusahan mencetak peluang bersih.

Di akhir-akhir babak kedua, Thailand masih terus menekan Indonesia. Sialnya, serangan mereka kurang variatif dan hanya berpusat pada sepakan-sepakan jarak jauh. Alhasil, serangan-serangan ini mampu dinetralisir par apemain Timnas U-19.

Hingga babak kedua tuntas, skor 1-0 untuk keunggulan Timnas U-19 tetap bertahan. Mereka pun kembali mengunci gelar Piala AFF U-19 2024, kembali di tempat yang sama seperti 2013, yaitu Jawa Timur.

Baca Juga: Babak I: Timnas U-19 Unggul 1-0 Atas Thailand

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya