Demi Olimpiade 2028, Kelas Rahmat dan Rizki Bakal Dipisahkan

Rizki dan Rahmat akan dibedakan kelasnya

Intinya Sih...

  • Pelatih tim angkat besi Indonesia, Muhammad Rusli, akan memisahkan kelas Rizki Juniansyah dan Rahmat Erwin Abdullah.
  • Rencananya, Rizki dan Rahmat akan dipisah di kelas 73 kg dan 81 kg untuk Olimpiade 2028.
  • Pemisahan ini dilakukan agar Merah Putih dapat lebih banyak emas di Olimpiade 2028.

Jakarta, IDN Times - Pelatih tim angkat besi Indonesia, Muhammad Rusli, berencana memisahkan kelas Rizki Juniansyah dan Rahmat Erwin Abdullah. Pemisahan ini dilakukan agar Merah Putih dapat lebih banyak emas di Olimpiade 2028.

"Untuk Olimpiade yang akan datang Insya Allah, enggak mungkin Rizki dan Rahmat jadi satu kelas lagi. Dan, kami belum tahu nih kelasnya untuk Olimpiade 2028 nanti," ujar Rusli di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (13/8/2024).

1. Kepastian nomor akan membantu pemetaan

Demi Olimpiade 2028, Kelas Rahmat dan Rizki Bakal DipisahkanAtlet angkat besi Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah di Olimpiade Tokyo 2020 (Dok. NOC Indonesia)

Rusli mengaku, pemisahan kelas Rizki dan Rahmat  tetap menunggu kepastian nomor yang akan dipertandingkan di Olimpiade 2028. Rencananya, Rizki dan Rahmat akan dipisah di kelas 73 kg dan 81 kg.

"Tapi, kalau ada kelas 81kg dan 73kg, Insya Allah dua-duanya itu harapan kita. Karena Rahmat juga dia juara dunia di kelas 81 kg. Ya, kami masih menunggu untuk jelasnya di Los Angeles nanti," ujar Rusli.

Baca Juga: Cerita Rizki Raih Emas Olimpiade 2024, Sempat Kena Usus Buntu

2. Kelas 81 kg putra tak ada di Paris 2024

Demi Olimpiade 2028, Kelas Rahmat dan Rizki Bakal DipisahkanTitiek Soeharto dan Rizki Juniansyah (instagram.com/titieksoeharto)

Sekadar pengingat, Olimpiade 2024 Paris tidak mempertandingkan kelas 81 kg putra. Kelas ini hanya dipertandingkan di kategori putri. Untuk kategori putra, dari 73 kglangsung loncat ke 89 kg.

"Memang masih jauh, dan nanti kita bicarakan kembali. Tapi, Insya Allah yang pasti mereka kami pisah. Kami enggak mau ada dua nahkoda dalam satu kapal. Mereka sama-sama, Alhamdulillah, juara dunia," beber Rusli.

3. Rizki dan Rahmat sempat bersaing ketat

Demi Olimpiade 2028, Kelas Rahmat dan Rizki Bakal DipisahkanRizki Juniansyah jadi pembawa bendera Indonesia dalam upacara penutupan Olimpiade 2024 Paris (dok.NOC Indonesia/Naif Muhammad Al’as/Canon Indonesia)

Rizki dan Rahmat memang sempat bersaing ketat jelang Olimpiade 2024. Tampil di kelas yang sama, mereka harus saling sikut untuk jadi wakil Indonesia di Olimpiade 2024.

Pada akhirnya, Rizki berhasil merebut tiket Olimpiade 2024 lewat total angkatan 365 kg di Piala Dunia IWF 2024 di Phuket, Thailand. Di ajang ini, dia berhasil mengejar ketertinggalan angkatan 11 kg dari Rahmat.

Baca Juga: Emas Olimpiade 2024 Tak Bikin Veddriq dan Rizki Puas

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya