Bekuk Latvia, Kanada Puncaki Grup H Piala Dunia Basket 2023

Kanada sukses menumbangkan Latvia di laga terakhir grup

Jakarta, IDN Times - Latvia akhirnya tumbang dalam gelaran Piala Dunia Basket 2023. Bersua Kanada di Indonesia Arena, Selasa (29/8/2023) dalam laga pamungkas fase grup, Arturs Zagars dan kolega kalah dengan skor 101-75.

Ini jadi kekalahan perdana Latvia di Piala Dunia Basket 2023. Sedangkan bagi Kanada, kemenangan ini menyempurnakan capaian mereka di Grup H dengan tiga kemenangan dari tiga laga.

1. Paruh pertama, saksi kekuatan mental Kanada

Bekuk Latvia, Kanada Puncaki Grup H Piala Dunia Basket 2023Kanada lawan Latvia di Piala Dunia Basket 2023. (Dok. FIBA)

Di kuarter pertama, Latvia melakukan gebrakan apik. Berbeda dengan ketika lawan Prancis, mereka langsung melakukan tekanan. Alhasil, Kanada pun kelabakan. Mereka kaget dengan tekanan apik Latvia yang dimotori Kurucs bersaudara.

Alhasil, Latvia mengakhiri kuarter pertama dengan keunggulan 23-13. Memasuki kuarter kedua, laga berjalan sedikit lebih ketat. Kanada mulai bisa menyesuaikan diri dan menipiskan ketertinggalan. Pressing ketat pun membuahkan hasil.

Kanada membalikkan keadaan di akhir-akhir kuarter kedua, lewat performa apik dari RJ Barrett dan Nickell Alexander-Walker. Kuarter kedua berakhir dengan skor 43-42 untuk keunggulan Kanada.

Baca Juga: Sandiaga Uno Larut dalam Euforia Piala Dunia Basket 2023

2. Paruh kedua yang tetap berjalan ketat

Bekuk Latvia, Kanada Puncaki Grup H Piala Dunia Basket 2023Kanada lawan Latvia di Piala Dunia Basket 2023. (Dok. FIBA)

Memasuki kuarter ketiga, laga Latvia lawan Kanada ini masih berlangsung seru. Namun, Kanada semakin menguasai situasi. Variasi serangan yang mereka tunjukkan di laga lawan Lebanon kembali terlihat di kuarter ketiga ini.

Hasilnya, Kanada pun langsung menancapkan keunggulan di kuarter ketiga ini. Skor 67-57 untuk keunggulan Kanada menutup kuarter ketiga ini. Di kuarter pamungkas, situasi masih tidak berubah untuk Latvia.

Pola permainan Latvia sudah terbaca oleh Kanada. Ditambah lagi, situasi juga agak menguntungkan Kanada karena Latvia dinilai banyak melakukan pelanggaran. Permainan Kanada juga lebih efektif.

Alhasil, kuarter pamungkas berakhir dengan skor 101-75. Kanada pun sukses memenangi semua laga di fase grup.

3. Kanada menguasai Grup H

Bekuk Latvia, Kanada Puncaki Grup H Piala Dunia Basket 2023Kanada lawan Latvia di Piala Dunia Basket 2023. (Dok. FIBA)

Berkat kemenangan atas Latvia ini, Kanada pun resmi menguasai Grup H dengan torehan enam poin. Sedangkan Latvia, mereka harus puas berakhir sebagai runner-up Grup H dengan capaian lima poin.

Terlepas dari itu, baik itu Kanada ataupun Latvia tetap lolos ke babak kedua Piala Dunia Basket 2023. Di babak tersebut, sudah ada Spanyol dari Grup G yang menanti, ditambah satu slot lain yang masih diperebutkan tim-tim lain di Grup G.

Baca Juga: Piala Dunia Basket 2023 Rasa NBA, Atraktif bagi Para Fans

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya