Aquabike Jetski World Championship, Bukti Indonesia Kian Dipercaya

Danau Toba dapat kehormatan gelar ajang jetski

Jakarta, IDN Times - Indonesia menjadi tuan rumah ajang balap Aquabike Jetski World Championship pada 22 sampai 26 November 2023 mendatang. Ajang ini rencananya akan dihelat di Danau Toba, Sumatra Utara.

Sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang memiliki kekayaan alam, budaya, hingga potensi sport tourism, pertama kalinya Danau Toba terpilih menjadi lokasi kejuaraan jetski dunia. 

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Septriana Tangkary, berharap momentum tersebut harus dimanfaatkan oleh berbagai pelaku usaha untuk meningkatkan perekonomian lokal di provinsi Sumatra Utara.

"Penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba ini diharapkan dapat memberi multiplier economy effect terhadap kawasan Danau Toba dan memajukan UMKM lokal. Masyarakat harus bisa mempromosikan produk seperti kopi bubuk, kain ulos, makanan ringan, hingga cendera mata," ujar Septriana.

Baca Juga: Balap Perahu Naga Ramaikan Aquabike Jetski World Championship 2023

1. Ajak masyarakat untuk tonton ajang ini

Aquabike Jetski World Championship, Bukti Indonesia Kian DipercayaTemu Aquabike Jetski World Championship 2023. (Dok. Istimewa)

Septriana juga mengajak masyarakat untuk ikut datang menyaksikan secara langsung dan berkontribusi dalam menyebarkan informasi. Khususnya para pembuat konten digital, blogger, dan influencer, untuk berbagi konten ke masyarakat luas.

"Mari suarakan bersama soal Danau Toba, karena semua orang akan melihat Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas Indonesia, maka buatlah narasi yang positif dan konten yang hebat lewat hashtag #UnitedSpiritOfLakeToba di media sosial," kata Septriana.

2. Mulai marak ajang olahraga internasional di Indonesia

Aquabike Jetski World Championship, Bukti Indonesia Kian DipercayaAquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba pada 22-26 November 2023 akan dimeriahkan dengan Pesta Rakyat. (Dok. InJourney)

Asisten Deputi Tenaga dan Organisasi Keolahragaan Kemenpora, Muhammad Aziz Ariyanto, menyampaikan banyak hal positif dari ajang olahraga internasional di Indonesia. Selain Aquabike Jetski World Championship 2023, ada juga Piala Dunia U-17 2023 yang tengah digelar.

"Olahraga banyak tujuannya seperti meningkatkan prestasi, lalu memperkenalkan wisata juga kepada dunia luar, dan memperlihatkan Indonesia mampu menjadi tuan rumah," ujar Aziz.

3. Aquabike Jetski World Championship udah digelar sejak 1984

Aquabike Jetski World Championship, Bukti Indonesia Kian DipercayaSerangkaian atraksi, pertunjukan budaya, festival kuliner akan dihadirkan bersamaan dengan perlombaan Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba. Aquabike World Championship 2023 akan diselenggarakan di empat kabupaten yakni Samosir, Karo, Dairi, dan Toba. (Dok. InJourney)

Aquabike Jetski World Championship merupakan kejuaraan dunia jetski yang telah diselenggarakan sejak 1984. Pada kejuaraan kali ini, ratusan pembalap dari lebih 20 negara akan beradu kecepatan di perairan Toba selama lima hari.

"Sebelumnya kejuaraan ini sudah dilakukan di 40 negara dan yang lalu berlangsung di Italia. Sekarang, saatnya untuk Danau Toba dan ini tentunya sangat membanggakan untuk Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan internasional," ujar Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono.

Selama lima hari, perlombaan akan dibagi menjadi dua kategori yakni Endurance World Championship (Endurance) dan Circuit World Championship (Circuit). Kategori Endurance diadakan pada hari pertama hingga ketiga dengan lokasi di Kabupaten Karo, Dairi, dan Samosir.

Sementara untuk kategori Circuit akan diselenggarakan pada hari keempat dan kelima di Balige, Toba. Tidak hanya kejuaraan, akan ada Pesta Rakyat Danau Toba di setiap titik perlombaan yang menghadirkan budaya dan kuliner Sumatra Utara.

Baca Juga: Jelang Event Aquabike di Danau Toba, InJourney Pastikan Logistik Aman

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya