6 Podium Pertama Lando Norris di Formula 1

Raih hasil sama di balapan yang sama dua tahun beruntun

Lando Norris adalah pembalap andalan McLaren di Formula 1 saat ini. Ia sudah membalap untuk tim Inggris tersebut sejak 2019.

Ia tampil cukup menjanjikan di papan tengah. Meski begitu, ternyata ia sudah pernah naik podium sebanyak enam kali, lho! Berikut ulasan pada balapan mana saja Lando Norris berhasil finis di atas podium.

1. GP Austria 2020

6 Podium Pertama Lando Norris di Formula 1Lando Norris mengangkat trofi juara ketiga dan botol champagne di GP Austria 2020. (twitter.com/McLaren)

Lando Norris menempati posisi start ke-4 pada sesi kualifikasi GP Austria 2020. Namun, ia memulai balapan dari posisi ke-3 karena Lewis Hamilton yang seharusnya start dari posisi ke-2 mendapat penalti.

Balapan GP Austria berjalan dengan beberapa insiden, mulai pembalap yang gagal finis hingga senggolan antar pembalap. Salah satunya adalah senggolan antara Lewis Hamilton dan Alex Albon. Akibatnya, Hamilton mendapatkan penalti lima detik.

Di akhir balapan, dua pembalap Mercedes, Bottas dan Hamilton, melalui garis finis lebih dulu yang diikuti oleh Charles Leclerc dan Lando Norris. Karena mendapat penalti lima detik, Hamilton mundur ke posisi ke-4 sehingga posisi finis Leclerc dan Norris maju satu posisi. Dengan demikian, Norris berhak untuk meraih podium pertamanya di Formula 1.

2. GP Emilia Romagna 2021

6 Podium Pertama Lando Norris di Formula 1Lando Norris mengangkat trofi juara ketiga di GP Emilia Romagna 2021. (formula1.com)

Lando Norris finis untuk kedua kalinya di atas podium Formula 1 di GP Emilia Romagna 2021. Sama seperti podium pertamanya, ia juga finis di podium ketiga di balapan yang berlangsung di Sirkuit Imola tersebut.

Pembalap McLaren ini yang start dari posisi ketujuh tampil cukup baik di tengah balapan yang agak menantang di atas lintasan yang basah dengan beberapa pembalap yang mengalami insiden. Ia sempat berada di posisi kedua sebelum disalip oleh Lewis Hamilton tidak lama sebelum finis.

3. GP Monako 2021

6 Podium Pertama Lando Norris di Formula 1Lando Norris mengambil swafoto sambil memegang trofi juara ketiga di GP Monako 2021. (twitter.com/McLaren)

Lando Norris menyelesaikan sesi kualifikasi GP Monako 2021 di posisi ke-5. Sesaat sebelum balapan mulai, peraih pole position, Charles Leclerc, mengalami masalah pada mobilnya sehingga harus keluar.

Namun, ia tetap start dari posisi ke-5. Sepanjang balapan, Norris praktis tidak mengalami banyak hambatan. Ia sukses finis di posisi ketiga di belakang Max Verstappen dan Carlos Sainz yang finis pertama dan kedua berturut-turut.

Baca Juga: McLaren atau Alpine, Siapa Raja Papan Tengah Formula 1 2022?

4. GP Austria 2021

6 Podium Pertama Lando Norris di Formula 1Lando Norris mengangkat trofi juara ketiga di GP Austria 2021. (fia.com)

Pada sesi kualifikasi GP Austria 2021, Lando Norris meraih posisi start ke-2 yang merupakan salah satu posisi start terbaiknya di Formula 1. Pada keesokan harinya, ia memulai balapan dengan mulus.

Namun, di tengah balapan, ia sempat membuat Sergio Perez keluar dari lintasan sehingga ia mendapat penalti lima detik. Meski begitu, ia masih tetap tampil prima dan menyelesaikan balapan di podium ketiga. Hasil ini sama dengan GP Austria 2020 ketika ia meraih podium Formula 1 pertamanya.

5. GP Italia 2021

6 Podium Pertama Lando Norris di Formula 1Lando Norris mengangkat trofi juara kedua di GP Italia 2021. (fia.com)

Dua pembalap McLaren, Daniel Ricciardo dan Lando Norris memulai GP Italia 2021 dari posisi ke-3 dan ke-4 berturut-turut. Hasil ini diraih setelah keduanya tampil impresif di sprint race satu hari sebelumnya.

Pada balapan di hari Minggu, keduanya juga tampil kompetitif. Nah, ada insiden antara Lewis Hamilton dan Max Verstappen yang bersenggolan dan tidak dapat melanjutkan lomba. McLaren tentunya mengambil keuntungan dari insiden tersebut dengan mengunci finis 1-2 dengan Norris berada di podium kedua, podium tertinggi yang diraih Norris di Formula 1 sejauh ini.

6. GP Emilia Romagna 2022

6 Podium Pertama Lando Norris di Formula 1Lando Norris mengangkat trofi juara ketiga di GP Emilia Romagna 2022. (formula1.com)

Meski mobil McLaren tahun 2022 tak sekompetitif tahun 2021, Norris masih sanggup meraih posisi start ketiga di GP Emilia Romagna 2022. Hasil ini adalah yang terbaik yang didapatkan McLaren tahun 2022.

Pada akhir balapan, ia mengulangi hasil GP Emilia Romagna tahun lalu yakni finis di podium ketiga. Sekadar informasi, Norris menjadi satu-satunya pembalap di luar Red Bull, Ferrari, dan Mercedes yang naik podium pada tahun 2022. Hasil ini juga merupakan hasil finis terbaik McLaren tahun ini dengan naik podium satu kali saja.

Lando Norris masih menjadi salah satu pembalap yang cukup menjanjikan musim depan. Bila McLaren mampu membangun mobil yang lebih kompetitif lagi, kita tampaknya akan melihat Norris lebih sering naik podium pada Formula 1 2023.

Baca Juga: Lando Norris Senang Membantu Ricciardo dalam Masa Sulit di McLaren

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya