8 Pembalap Formula 1 2023 yang Pernah Naik Podium di GP Singapura

Pernah isi tiga podium bersama-sama

Setelah menyelesaikan balapan terakhir di Eropa pada 2023 ini, Formula 1 bergegas ke Asia. Mereka menuju Singapura yang berada di kawasan Asia Tenggara. Fans akan mengikuti GP Singapura 2023 ini di Sirkuit Marina Bay, Minggu (17/9/2023).

Dari seluruh pembalap musim ini, ternyata ada delapan yang pernah naik podium di balapan malam hari pertama di Formula 1 tersebut. Berikut ini adalah nama-nama pembalap Formula 1 2023 yang pernah naik podium di GP Singapura itu.

1. Fernando Alonso pernah meraih Grand Slam

8 Pembalap Formula 1 2023 yang Pernah Naik Podium di GP SingapuraFernando Alonso mengangkat trofi kemenangan GP Singapura 2008. (dok.youtube.com/Formula 1)

GP Singapura debut di kalender Formula 1 pada 2008. Fernando Alonso sukses mencatatkan namanya sebagai pembalap pertama yang memenangi balapan tersebut. Ia sendiri memulai balapan dari posisi start ke-15.

Cukup disayangkan, kemenangan ini diwarnai aksi kontroversial rekan satu timnya di Renault saat itu, Nelson Piquet Jr, yang sengaja menabrakkan mobilnya ke tembok untuk memicu keluarnya safety car. Itu memberi keuntungan kepada Alonso yang baru saja melakukan pit stop untuk mengambil alih pimpinan balapan. Sementara itu, para pembalap lainnya yang belum pit stop akhirnya memanfaatkan periode safety car itu untuk masuk pit stop.

Ketika berseragam Ferrari, Alonso juga memenangi GP Singapura 2010 setelah bertahan dari gempuran Sebastian Vettel hampir di sepanjang balapan. Tak hanya itu, ia mencetak satu-satunya Grand Slam di Formula 1 sejauh ini di sana. Alonso kembali menambah koleksi dua podium lagi di Singapura bersama Ferrari dengan finis ketiga pada 2012 dan finis kedua pada 2013. Secara total, Alonso baru 4 kali naik podium selama 12 kali mengikuti GP Singapura.

2. Lewis Hamilton sudah menang empat kali

8 Pembalap Formula 1 2023 yang Pernah Naik Podium di GP SingapuraLewis Hamilton menjuarai GP Singapura 2014. (fia.com)

Lewis Hamilton sudah 13 kali mengikuti GP Singapura dan 6 kali berhasil naik podium. Selain Alonso, Lewis Hamilton juga sukses naik podium di GP Singapura perdana pada 2008. Saat itu,  ia yang membela McLaren finis di podium ketiga. Satu musim berikutnya, pembalap Inggris ini meraih pole position dan sukses menjadi pemenang kedua di GP Singapura pada 2009.

Ketika bergabung dengan Mercedes, Hamilton menambah koleksi empat podium lagi. Tiga di antaranya adalah kemenangan pada 2014, 2017, dan 2018. Sedangkan, satu lagi adalah podium ketiga pada 2016. Dari 3 kemenangan tersebut, hanya kemenangan 2014 dan 2018 yang diraih dari pole position.

3. Daniel Ricciardo sudah empat kali naik podium

8 Pembalap Formula 1 2023 yang Pernah Naik Podium di GP SingapuraSebastian Vettel (tengah) menjadi pemenang GP Singapura 2015 didampingi Daniel Ricciardo (kiri) di podium kedua dan Kimi Raikkonen (kanan) di podium ketiga. (formula1.com)

Daniel Ricciardo sudah sepuluh kali membalap di GP Singapura. Pembalap Australia ini berhasil naik podium empat kali, sama dengan pencapaian Fernando Alonso. Perbedaannya adalah ia belum pernah meraih podium tertinggi di Singapura.

Rincian empat podium tersebut adalah podium ketiga pada 2014 dan podium kedua pada 2015, 2016, dan 2017. Semuanya diraih bersama satu tim, Red Bull. Cukup disayangkan, Ricciardo kemungkinan besar tidak dapat mengikuti GP Singapura 2023 karena masih dalam proses pemulihan usai kecelakaan pada sesi latihan bebas GP Belanda 2023.

4. Valtteri Bottas menemani rekannya yang menjadi pemenang

8 Pembalap Formula 1 2023 yang Pernah Naik Podium di GP SingapuraLewis Hamilton (kedua dari kanan) menjuarai GP Singapura 2017 didampingi Daniel Ricciardo (kiri) di podium kedua dan Valtteri Bottas (kanan) di podium ketiga. (twitter.com/Valtteri Bottas)

Yang keempat adalah Valtteri Bottas. Pembalap Finlandia ini sudah delapan kali mengikuti GP Singapura. Sayangnya, ia baru satu kali finis di atas podium di Sirkuit Marina Bay. Ia finis ketiga di GP Singapura 2017.

Meski begitu, raihan podium ketiga itu cukup berarti untuk Mercedes karena kedua pembalapnya berhasil naik podium di balapan yang saat itu dimenangi Lewis Hamilton. Dua posisi finis terbaik di luar podium adalah posisi keempat dan kelima. Secara spesifik, ia finis kelima pada 2015 bersama Williams serta finis keempat dan kelima pada 2018 dan 2019 berturut-turut bersama Mercedes.

Baca Juga: Mercedes Tak Anggap Remeh Semua Balapan di Formula 1 2023

5. Max Verstappen sudah dua kali podium, tetapi belum pernah menang

8 Pembalap Formula 1 2023 yang Pernah Naik Podium di GP SingapuraMax Verstappen mengangkat trofi juara kedua di GP Singapura 2018. (redbullracing.com)

Pembalap lain yang juga berhasil naik podium di GP Singapura bersama Red Bull adalah Max Verstappen. Pembalap Belanda ini baru enam kali mengikuti GP Singapura. Meski begitu, ia sukses naik podium dua kali dengan finis kedua pada 2018 dan finis ketiga pada 2019.

Ia gagal finis pada 2017 karena terlibat kecelakaan saat start yang dipicu senggolan antara mobil dirinya dan dua pembalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen. Di tiga balapan sisanya, ia selalu meraih poin dengan finis kedelapan pada 2015 bersama Toro Rosso. Verstappen juga finis keenam dan ketujuh pada 2016 dan 2022 bersama Red Bull.

6. Charles Leclerc finis kedua di dua GP Singapura terakhir

8 Pembalap Formula 1 2023 yang Pernah Naik Podium di GP SingapuraCharles Leclerc (kiri) mengangkat trofi juara kedua di GP Singapura 2019. (formula1.com)

Yang keenam adalah Charles Leclerc. Pembalap Monako ini baru tiga kali mengikuti GP Singapura. Menariknya, ia selalu finis dan meraih poin.

Pada musim debutnya di Formula 1, ia membela Sauber dan finis kesembilan di GP Singapura 2018. Lalu, di dua balapan selanjutnya pada 2019 dan 2022, ia finis di podium kedua bersama Ferrari. Menariknya, ia memulai kedua balapan itu dari pole position yang sayangnya belum bisa mengantarkannya ke podium tertinggi.

7. Sergio Perez baru sekali naik podium dan langsung menang

8 Pembalap Formula 1 2023 yang Pernah Naik Podium di GP SingapuraSergio Perez mengangkat trofi juara pertama di GP Singapura 2022. (twitter.com/Oracle Red Bull Racing)

Sergio Perez sudah sepuluh kali mengikuti GP Singapura. Seperti Valtteri Bottas, ia juga baru satu kali naik podium. Meski begitu, podium Perez lebih istimewa karena menjadi pemenang GP Singapura 2022.

Sebagai tambahan, pembalap Meksiko ini juga rutin meraih poin di GP Singapura selama 7 musim berturut-turut. Semuanya diawali dengan finis di posisi kesepuluh pada 2011 dan 2012 bersama Sauber serta finis kedelapan pada 2013 bersama McLaren. Lalu, ketika membela Force India, ia finis ketujuh pada 2014 dan 2015, finis kedelapan pada 2016, dan kelima pada 2017.

8. Carlos Sainz juga baru satu kali naik podium

8 Pembalap Formula 1 2023 yang Pernah Naik Podium di GP SingapuraCarlos Sainz mengangkat trofi juara ketiga di GP Singapura 2022. (ferrari.com)

Yang terakhir adalah Carlos Sainz. Pembalap Spanyol ini mengikuti jejak Valtteri Bottas dan Sergio Perez yang baru satu kali naik podium di GP Singapura. Ini terjadi pada 2022 ketika mengakhiri balapan di podium ketiga.

Carlos Sainz sudah 6 kali mengikuti GP Singapura dan sukses membawa pulang poin di 4 balapan. Sebelum membela Ferrari, ia mengoleksi poin di Singapura bersama dua tim berbeda. Ia finis kesembilan pada 2015 dan keempat pada 2017 bersama Toro Rosso, lalu finis kedelapan pada 2018 bersama Renault.

Ada satu pembalap berstatus juara dunia yang belum pernah menang di GP Singapura, yaitu Max Verstappen. Setelah memecahkan rekor sepuluh kemenangan beruntun di Formula 1 di GP Italia 2023, kemungkinan besar ia berambisi untuk memperpanjang rekor kemenangan beruntun itu di Singapura pada akhir pekan ini.

Baca Juga: Segudang Rekor Max Verstappen di Formula 1, Banyak!

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya